10 Langkah Cara Menanggapi Kesalahan di Tempat Kerja

658

         Kesalahan adalah dasar penting dalam membangun sebuah pertanggungjawaban. Kesalahan merupakan kondisi jiwa yang saling berhubungan antara pelaku perbuatan dengan perbuatannya. Kondisi jiwa ini mencakup kemampuan pertanggungjawaban atas perbuatan yang telah dilakukan, baik kesengajaan maupun alasan melakukan kesalahan.

10-langkah-menanggapi-kesalahan-di-tempat-kerja

      Kesalahan dapat terjadi pada ragam tindak seperti salah dalam mengambil keputusan, salah dalam melakukan pekerjaan, maupun kesalahan yang tanpa kita sadari. Kesalahan tersebut bukanlah sesuatu yang harus kita hindari ataupun dijadikan sebuah momok dalam mencapai kesuksesan. Kesalahan bukanlah aspek yang dijadikan sebagai permasalahan, melainkan sebagai bahan pembelajaran untuk perbaikan diri. Melalui kesalahan yang telah dilakukan, perlu adanya cara untuk menangani hal tersebut sehingga sosok kesalahan dapat dijadikan sebagai alat penggali kesuksesan. Dalam dunia kerja, kesalahan sering kali kita perbuat dalam keseharian bekerja. Kesalahan sering muncul bukanlah karna tindakan yang disengaja, lalu apa yang harus dilakukan?

  1. Hal pertama yang harus dilakukan adalah meminta maaf. Apapun dan bagaimanapun alasan anda ketika melakukan kesalahan, permintaan maaf adalah hal utama yang harus dilakukan.
  2. Langkah kedua adalah berilah penjelasan mengenai latar belakang kesalahan yang diperbuat. Berikan pernyataan dengan sejujur-jujurnya tentang apa yang menjadi kendala dan sebab anda melakukan kesalahan tersebut.
  3. Langkah ketiga adalah melakukan hal-hal untuk memperbaiki kesalahan atau mencari solusi perbaikan atas kesalahan yang diperbuat.
  4. Langkah keempat adalah hindari melakukan pembenaran diri jika lingkungan tempat kita bekerja tidak paham cara penyelesaian kesalahan. Apabila dalam kondisi tersebut pembenaran diri tetap dilakukan, maka kredibilitas diri di mata sesama rekan kerja dan atasan semakin jatuh. Tindakan yang tepat adalah menanyakan pada rekan kerja yang senior atau otoritas yang lebih tinggi untuk mencari tahu cara yang paling tepat dalam menangani kesalahan.
  5. Langkah kelima yaitu tidak perlu memusingkan dan memikirkan omongan orang lain di belakang. Ketika kita melakukan kesalahan, sangat dimungkinkan akan beredar omongan miring tentang isu atau gosip dari kesalahan yang kita perbuat. Untuk itu lebih baik fokuskan diri pada penanganan kesalahan secara bijak dan segera mencari solusi terbaik.
  6. Langkah keenam adalah harus lebih berhati-hati agar tidak terjadi pengulangan kesalahan yang sama. Jadikan kesalahan sebagai masukan dan pembelajaran pada diri sendiri. Oleh karena itu, perlu adanya kewaspadaan dan kecermatan dalam melakukan suatu pekerjaan.
  7. Langkah ketujuh yaitu jangan terlalu tenggelam memikirkan kesalahan yang telah lalu dan bekerjalah seperti biasa. Untuk kedepannya jangan mudah percaya pada kata-kata orang lain. Apabila terdapat sesuatu yang tidak meyakinkan atau mencurigakan, maka telaah dan cari informasinya terlebih dulu untuk mendapatkan kebenaran secara utuh.
  8. Langkah kedelapan adalah melakukan pembenahan diri, baik manajemen pekerjaan ataupun perbaikan pada diri pribadi. Selain itu, gali kemampuan teknis dan kemampuan lain yang mendukung pekerjaan anda, serta latih diri melalui penanganan tugas dengan sebaik-baiknya.
  9. Langkah kesembilan yaitu hindari stres berkepanjangan. Tidak dipungkiri lagi bahwa rutinitas pekerjaan dapat menyebabkan tingkat stres meningkat. Namun jangan memanjakan kondisi stres anda menjadi sebuah kebiasaan buruk yang justru akan meningkatkan potensi berbuat kesalahan. Oleh karena itu, redam stres dalam diri sendiri dengan cara mendengarkan lagu kesukaan, berbincang dan bersosialisasi dengan rekan kerja saat jam istirahat, serta perbanyak minum air putih untuk menjaga kondisi badan tetap prima.
  10. Langkah kesepuluh adalah tingkatkan konsentrasi dan fokus dalam bekerja. Hal ini dikarenakan bahwa kesalahan seringkali terjadi ketika seseorang sedang mengalami penurunan konsentrasi dan fokus saat bekerja. Untuk itu singkirkan jauh-jauh sesuatu yang dapat mengalihkan konsentrasi dan fokus anda.