10 Tips Cara Ahli Dalam Mengatur Pemakaian Waktu

121

      10 Tips Cara Ahli Dalam Mengatur Pemakaian Waktu

       Waktu merupakan hal penting dalam kehidupan, melalui waktu segala rangkaian proses kehidupan dapat terjadi. Agar seseorang dapat mengatur waktu dengan baik, maka seorang individu perlu mengetahui hal-hal penting dalam memanfaatkan waktu yang dimilikinya. Pemanfaatan waktu terangkum dalam suatu manajemen waktu yang baik.

waktu-1

      Manajemen waktu adalah suatu cara untuk bisa menggunakan waktu se-efisien dan juga se-efektif mungkin sehingga mampu memperoleh hasil penggunaan waktu yang maksimal (Orr). Adapun tips agar seseorang ahli dalam pemakaian waktu (Ono Musfilar), antara lain :

  1. Berfikir dan lihat dengan perspektif panjang

Berfikir jangka panjang ini adalah memutuskan sesuatu setiap hari berdasarkan apa yang diinginkan dimasa depan. Bukan pada sebatas kenikmatan sekarang saja. Salah satu prinsip yang terkait dengan hal ini adalah “menunda kesenangan”. Kemampuan untuk menunda kesenangan, untuk masa depan yang lebih baik merupakan faktor kunci bagi kesuksesan.

  1. Disiplin untuk hal yang prioritas

Hal tersebut dapat dimisalkan jika pada setiap harinya seseorang memiliki 10 aktifitas, 1 atau 2 aktifitas diantara 10 tadi, mungkin lebih bernilai daripada 9 atau 8 aktifitas yang lain. Dari seluruh aktifitas selama seharian penuh, cuma 1 atau 2 yang betul-betul memberikan efek sangat besar bagi masa depan seseorang. Ini berarti 20% aktifitas seseorang, lebih bernilai daripada 80% yang lain. Kemampuan seseorang untuk menyeleksi aktifitas yang 20% tadi, merupakan langkah awal kesuksesan seseorang. Faktor kunci dari hal ini adalah kemampuan untuk mendisiplinkan diri, mengerjakan atau menuntaskan yang 20% tadi sebelum melangkah ke hal yang 80%.

  1. Lakukan lebih banyak hal penting

Orang sukses sudah pasti melakukan lebih banyak hal penting dalam hidupnya. Dalam menjalani hari, ada begitu banyak pilihan aktifitas. Entah itu belajar, menontong, jalan-jalan, bekerja, bersosialisasi, mengajar, diskusi, tidur, olahraga, dll. Tapi dari banyak pilihan aktifitas dalam kehidupan sehari-hari, hanya sebagian kecil yang benar-benar penting. Inilah yang disebut prioritas, untuk itu gunakan setiap menit waktu yang kita miliki untuk hal yang berharga. Jangan menjual waktu kita dengan sesuatu yang murah.

  1. Ciptakan masa depan anda sendiri

Dalam menciptakan masa depan, kita wajib menanamkan pada diri sendiri bahwa semuanya masih bisa berubah. Jika kita sudah bisa merubah kondisi sekarang, maka kita betul-betul dapat menciptakan masa depan diri kita sendiri. Sedangkan jutaan manusia yang telah sukses, cukup menjadi fakta nyata untuk menjadikan kita betul-betul yakin pada diri sendiri. Putuskanlah sekarang untuk merubah dan mengambil alih komando atas hidup diri sendiri. Arahkan hidup untuk mencapai hal-hal tinggi dan ciptakan hal-hal indah untuk hidup anda.

  1. Miliki harapan positif terhadap apapun

Semakin yakin seseorang mengharapkan sesuatu yang baik, semakin besar pula kemungkinan hal tersebut terjadi. Pada setiap peristiwa entah itu baik atau buruk, seseorang harus menanamkan dalam diri tentang ekspektasi (harapan) positif. Kemampuan seseorang melakukan ekspektasi positif atas semua kejadian menentukan hasil yang akan didapatkan. Dengan ekspektasi atau harapan positif, seseorang bisa memperoleh emas ditengah musibah yang menimpanya. Rahasianya adalah setiap ada musibah yang menimpa seseorang, maka yakini bahwa akan ada sesuatu yang baik dibalik musibah tersebut.

waktu-2

  1. Miliki kedisiplinan yang tinggi

Setiap individu harus menanamkan kedisiplinan dalam dirinya sendiri, yakni kemampuan untuk melakukan sesuatu yang memang betul-betul harus dikerjakan. Disiplin diri merupakan bagian dari penguasaan diri. Hal ini dikarenakan bahwa orang yang disiplin adalah orang yang mampu menguasai dirinya sendiri.

  1. Lakukan aktifitas yang bernilai tinggi

Setiap hari kita hanya diberikan waktu 24 jam, waktu tersebut pasti kita isi dengan banyak aktifitas. Kita tidak mungkin memperpanjang waktu, kita hanya bisa menghabiskannya. Hanya saja kita bisa menghabiskannya untuk sesuatu yang bernilai rendah atau bernilai tinggi. Oleh sebab itu, maka kita harus bisa memilih untuk menghabiskan waktu dengan hal-hal yang bernilai tinggi. Kita sebagai pemegang kendali dalam menghabiskan waktu, maka gunakanlah sebaik baiknya dan jangan sia-siakan hidup kita.

  1. Miliki goal yang jelas

Saat goal kita jelas, maka kita dapat memecahkan dengan mudah langkah-langkah pasti untuk mewujudkannya. Kita dapat memilih dengan mudah orang-orang yang dapat membantu kita, serta dapat mengatur penggunaan waktu dengan tepat. Semakin jelas goal yang kita miliki, maka semakin cepat pula goal kita terwujud.

  1. Tingkatkan kebiasaan hidup anda

Terus-menerus meningkatkan kebiasaan hidup adalah cara untuk menjadi lebih baik. Jika selama ini kita terbiasa melakukan hal yang kurang bermanfaat, maka naikkanlah kebiasaan hidup kita. Mulailah mengefektifkan waktu, jika kita sebelumnya suka bermalas-malasan, maka kita harus menaikkan standar kebiasaan hidup untuk menjadi pribadi yang lebih rajin.

  1. Hargai waktu anda

Satu hal menarik dari menunda suatu pekerjaan adalah bahwa pekerjaan tersebut tetap harus dilakukan, sementara waktunya semakin sedikit. Padahal kita tahu betul bahwa setiap detik itu sangat berharga. Disaat yang sama kita sering menyia-yiakan waktu yang kita miliki. Kita dapat mencapai hal yang luar biasa, jika kita dapat menghargai waktu serta betul-betul memaksimalkan setiap detik yang berlalu. Oleh sebab itu, kita harus mengisi waktu dengan hal yang bernilai tinggi dan meninggalkan aktifitas yang tidak bermanfaat. Selain itu, Jika kita memilih untuk menghargai waktu, maka keajaiban-keajaiban akan terjadi dalam hidup kita.

    Berdasarkan tips yang telah dijabarkan, mari kita koreksi diri sendiri apakah selama ini kita sudah ahli dalam mengelola waktu. Jika kita merasa belum ahli dalam memanfaatkan waktu, maka tips tersebut bisa kita praktekkan dalam diri pribadi. Hal ini dapat memberikan efek positif bagi kehidupan kita untuk terus berkembang dan terus maju dalam pencapaian kesuksesan hidup.

TINGGALKAN KOMENTAR