11 Tanda Bahwa Anda Mulai Depresi

6

        Depresi adalah keadaan turunnya suasana hati dan keengganan untuk beraktivitas yang dapat mempengaruhi perilaku seseorang, perasaan dan rasa kesejahteraan. Ini menyebabkan gejala parah yang mempengaruhi perasaan anda dalam berpikir dan menangani aktivitas sehari-hari. Kebanyakan orang yang sedang depresi kadang-kadang dikarenakan oleh situasi dalam kehidupan mereka sendiri. Namun, keadaan depresi yang terus-menerus dapat menyebabkan kondisi semakin parah. Anda tidak perlu menggunakan obat kimia untuk mengatasi depresi. Adapun beberapa hal berikut yang dapat mengindikasikan seseorang mulai depresi:

  1. Kehilangan Minat dalam Aktivitas Sehari-Hari

Anda tidak lagi peduli dengan aktivitas sosial, hobi dan hampir semua hal yang menyangkut hidup anda. Tidak ada yang membawa kesenangan atau kegembiraan bagi anda.

  1. Merasa Tak Berdaya dan Putus Asa

Merasa tidak berdaya dan putus asa terhadap apapun. Anda merasa tidak bisa menjadi lebih baik dan semua harapan terasa hilang. Situasi mengerikan seperti ada di benak anda dan tidak ada yang bisa anda lakukan untuk memperbaiki situasi.

  1. Membenci Diri Sendiri

Anda terus-menerus mengkritik diri sendiri karena kesalahan yang dirasakan dan kesalahan sebelumnya. Anda tidak memiliki nilai atas diri sendiri dan anda hanya menyalahkan situasi yang terjadi.

  1. Kehilangan Energi

Ketika anda mengerjakan tugas sekecil apapun terbukti melelahkan. Anda merasa lelah dan sebagian besar fisik terkuras waktu, hal ini dapat menunjukkan tingkat depresi anda. Aktivitas sehari-hari yang anda lakukan sekarang membutuhkan waktu lebih lama untuk menyelesaikannya karena anda merasa kelelahan.

  1. Masalah dalam Berkonsentrasi

Fokus dan keterlibatan lingkungan anda mulai menjadi masalah. Hal ini pada akhirnya menyebabkan masalah dalam membuat suatu keputusan. Anda semakin memiliki ketidakmampuan berkonsentrasi.

  1. Perubahan dalam Tidur

Depresi akan melibatkan perubahan drastis dalam pola tidur anda atau insomnia. Anda memiliki masalah tidur atau tidur yang tidak nyenyak sama sekali. Terjadi perubahan pola tidur, jadi anda akan merasa mengantuk saat anda biasanya terjaga di waktu itu. Gejala ini menyebabkan kelelahan yang bisa memperburuk gejala depresi tambahan.

  1. Kecemasan

Kecemasan adalah perasaan malapetaka yang akan terjadi, bahkan bila tidak ada alasan yang dapat dibenarkan. Depresi menyebabkan kegelisahan serta menjadi tegang tanpa alasan yang jelas.

  1. Mudah Tersinggung

Mudah tersinggung atau marah, bahkan karena masalah kecil atau tidak signifikan. Ketika anda merasa marah pada hari ini, anda juga bisa seketika menangis pada hari berikutnya.

  1. Mengurung Diri

Beberapa ada yang mengunci diri di kamar atau rumah mereka dan memotong kontak fisik dengan keluarga dan teman.

  1. Pikiran untuk Bunuh Diri

Memiliki pikiran untuk bunuh diri adalah pertanda serius bahwa depresi anda telah meningkat. Hal ini harus segera diatasi, carilah perawat medis seperti psikolog, agar anda mendapatkan perawatan kesehatan mental. Anggota keluarga dan teman harus segera bertindak jika orang yang dicintai menunjukkan tanda-tanda menyakiti diri mereka sendiri. Mereka bisa melakukan ini dengan tinggal bersama orang tersebut.

  1. Sakit Fisik

Peningkatan keluhan dari gejala fisik seperti sakit punggung, masalah pencernaan dan sering sakit kepala. Sakit fisik ini terjadi karena rasa depresi yang cenderung meningkat, sehingga akan berpengaruh terhadap kesehatan fisik.

       Pengetahuan tentang depresi dan berbagai cara untuk mengatasinya adalah langkah pertama untuk melewati atau bahkan mencegahnya agar tidak semakin parah. Memahami gejala depresi dan memiliki kemauan untuk mengatasinya adalah kemenangan yang pasti.