4 Manfaat Reflexology untuk Ibu Hamil

86

    Wanita dengan berat badan yang meningkat drastis, perut membesar dan membawa calon bayi diperutnya adalah suatu perjuangan yang luar biasa berat. Maka dari Tuhan meletakkan surga ditelapak kakinya. Itu hanyalah satu gambaran kecil dari bayangan seorang wanita yang sedang dalam masa kehamilan. Hal ini dikarenakan sangat sulitnya menggambarkan seperti apa dan apa yang dirasakan seorang wanita saat sedang hamil, terutama bagi laki-laki ataupun bagi wanita yang belum pernah merasakan dan mengalami kehamilan. Yang akan saya bahas disini adalah tentang bagaimana cara memberikan kenyamanan yang tak seberapa namun manfaatnya luar biasa yaitu dengan reflexology khusus untuk Ibu hamil.

     Mengapa saya sebut reflexology khusus untuk ibu hamil? Apakah berbeda dengan reflexology pada umumnya? Ya, tentu saja berbeda karena titik syaraf pada kaki untuk ibu hamil tidak seperti pada umumnya reflexology, karena ada beberapa titik reflexi kaki yang tidak boleh ditekan. Mengapa tidak boleh ditekan? Pada intinya jika titik tersebut ditekan maka akan dapat menyebabkan terjadinya kontraksi pada perut, jadi memang sangat fatal bila seorang ibu hamil reflexi kaki pada orang yang tidak benar-benar paham tentang hal tersebut. Namun Saya rasa untuk saat ini sudah sangat banyak terapis yang sudah terlatih dan menguasai semua ilmu maupun tehnik reflexi. Jadi cara yang tepat adalah memilih tempat refleksi yang sudah terjamin kualitas dan lihatlah pengalaman terapis dari punggung jari telunjuknya, bila ada tanda hitam atau terdapat benjolan keras disana maka dia adalah terapis berpengalaman.

     Sekarang kita akan membahas mengenai manfaat yang didapatkan oleh ibu hamil ketika dia rutin reflexology, namun yang perlu diperhatikan lagi adalah tentang usia kehamilan. Jadi usia kehamilan harus diatas 3 bulan karena usia kehamilan dibawah 3 bulan masih rentan karena janin belum menempel sempurna pada dinding rahim. Nah setelah usia kehamilan 3 bulan ibu hamil bisa melakukan reflexology setiap 10 hari atau jika merasa butuh reflexology bisa langsung reflexology, manfaatnya antara lain :

  1. Mengurangi rasa pegal dikaki

Sudah pasti bahwa rata-rata ibu hamil akan mengalami pembengkakan pada kaki dan banyak yang mengeluh jika kakinya pegal atau terasa tidak nyaman, maka reflexology akan mengurangi bahkan membuat hilang rasa pegal yang sering menyerang.

  1. Peredaran darah lancar

Manfaat utama dari reflexology adalah melancarkan peredaran darah, orang dikatakan sehat adalah bila peredaran darahnya lancar, jadi bila ibu hamil rutin reflexology maka kesehatannya secara otomatis akan terjaga selalu.

  1. Nutrisi ke seluruh organ terpenuhi

Bila peredaran darah lancar maka nutrisi kesemua organ dalam akan terpenuhi karena semua hasil pencernaan dan oksigen serta air yang membawa dan mengangkut untuk diantar keseluruh tubuh adalah tugas darah. Jangan lupa jalan kaki setiap pagi untuk menyehatkan jantung karena yang memompa darah keseluruh tubuh adalah tugas jantung.

  1. Nutrisi ke calon bayi akan lebih maksimal

Alat angkut dan transportasi didalam tubuh adalah darah, secara otomatis bahwa nutrisi untuk calon bayi juga lewat darah dan jika peredaran darah lancar maka semua nutrisi untuk calon bayi tidak akan terlambat, sehingga perkembangan si calon buah hati akan lebih sempurna.

     Itulah beberapa manfaat reflexology untuk ibu hamil, semoga bermanfaat dan tetap jaga pola hidup sehat. Reflexology adalah investasi kesehatan jangka panjang. Selalu tersenyum dan sebarkan aura positif.