5 Cara Efektif Berbagi Pengalaman Pribadi Anda

24

      Pengalaman pribadi merupakan suatu hal yang pasti akan anda ingat di kemudian hari. Setiap orang pasti akan memiliki pengalaman menarik ataupun mengesankan dalam hidupnya. Pengalaman pribadi dapat dibagikan ke semua orang karena dapat memberikan efek positif terhadap pembaca ataupun pendengar. Tentu saja dengan catatan jika anda mampu mengulas pengalaman pribadi anda dengan baik. Adapun 5 cara efektif dalam berbagi pengalaman pribadi anda yang menarik dan mengesankan, antara lain:

  1. Tulis Buku Tentang Pengalaman Pribadi Anda

Kumpulan pengalaman atau memori bisa menjadi sesuatu yang sangat berharga selama bertahun-tahun di masa yang akan datang. Siapa pun yang tertarik dengan pengalaman hidup anda dan bahkan mereka yang tidak mengenal anda dengan baik, akan tertarik untuk mengetahui seperti apa pengalaman hidup anda di masa lalu. Pengalaman anda akan berfungsi sebagai jendela pada waktu tertentu dan ini bisa memberi banyak wawasan kepada generasi masa depan. Anda bisa menyewa penulis untuk mencatat ingatan, mengatur dan menulis tentang pengalaman anda dengan gaya menulis mereka yang anda sewa. Selain itu anda bisa menulis pengalaman anda sendiri dengan gaya bahasa yang anda miliki. Tulislah pengalaman anda dan jangan mudah menyerah dengan apa yang sedang anda kerjaan terhadap proses pembuatan buku mengenai pengalaman hidup anda sendiri. Menulis buku membutuhkan banyak kerja keras dan dedikasi, sehingga produk dan hasil akhirnya akan menjadi sesuatu yang bisa sangat anda banggakan.

  1. Buat Halaman Web Tentang Pengalaman Pribadi Anda

Di masa sekarang ini, banyak orang beralih ke internet untuk mencari tahu informasi. Jika anda memposting pengalaman anda melalui blog atau membuat halaman web tentang hal itu, banyak orang akan dapat langsung mengakses cerita dan pesan penting anda. Jika anda belum bisa membuat halaman web, anda bisa menghubungi seseorang yang profesional dan mengerti bagaimana membuat halaman web.

  1. Posting Foto Pengalaman Spesial Anda

Foto-foto merupakan sesuatu yang tak ternilai harganya karena foto dapat menceritakan kembali kisah dan cerita menarik di masa lalu. Jangan hanya menyembunyikan pengalaman berharga anda untuk anda sendiri. Hal ini dikarenakan pengalaman merupakan suatu hal yang dapat berpengaruh positif terhadap orang lain. Anda bisa menampilkan foto favorit anda dalam bingkai postingan media sosial anda. Misalnya anda memposting pengalaman hidup sehat anda dengan ragam foto yang dapat dibagikan untuk dilihat semua orang.

  1. Bagikan Pengalaman Pribadi Anda Kepada Anggota Keluarga

Anggota keluarga merupakan orang-orang yang dapat mewariskan cerita pengalaman pribadi anda. Jika anda memiliki anak atau cucu, penting untuk membicarakan pengalaman pribadi anda untuk dijadikan pembelajaran positif dalam hidup. Saat anak-anak dan cucu anda tumbuh, mereka mungkin ingin tahu lebih banyak tentang hidup anda. Berbicara tentang pengalaman, hal itu bisa memicu minat anak-anak dan cucu anda untuk menjadi seseorang yang lebih baik di masa depan.

  1. Tulislah Kejadian Hidup Anda yang Baru Saja Terjadi Melalui Jurnal Sementara

Hal ini sangat penting untuk dilakukan karena kejadian yang anda alami saat ini bisa anda ulas melalui tulisan di masa mendatang sebagai bahan cerita pengalaman pribadi anda. Tepat setelah kejadian tertentu terjadi, anda bisa menulis tentang kejadian tersebut di jurnal sementara sehingga apa yang anda tulis merupakan cerita yang masih segar dalam pikiran anda. Nantinya anda akan dengan mudah mengupas semua pengalaman yang telah terjadi di hidup anda yaitu dengan membuka jurnal sementara untuk menuliskannya kembali di postingan masa depan.