5 Cara Menghindari Rasa Bosan Membaca

42

    Membaca adalah salah satu aktivitas ataupun hobi dalam kehidupan sehari-hari. Jika anda suka mengubur diri anda untuk membaca buku berjam-jam, terkadang muncul rasa kebosanan, gangguan dan kegelisahan. Hal ini dapat merusak inti dari membaca secara profesional. Untuk menjadi yang terbaik dalam membaca, anda harus siap dan menemukan cara untuk memastikan bahwa anda tetap konsisten dengan bacaan untuk mendapatkan hasil maksimal dari hobi anda. Dengan banyaknya buku yang tersedia dan alat seperti e-reader yang memungkinkan anda membaca buku favorit dari perangkat mobile anda, maka anda hanya perlu melakukan beberapa perbaikan untuk memastikan bahwa anda bisa mendapatkan hasil maksimal dari setiap sesi membaca buku anda. Adapun 5 cara untuk menghindari rasa bosan membaca, antara lain:

  1. Pilih Topik Menarik

Selalu ada genre yang sesuai untuk seseorang dan anda harus mencari tahu apa genre anda. Bila anda tahu topik apa yang paling menarik minat anda, maka anda akan memiliki waktu lebih mudah untuk memilih buku yang pasti akan anda minati membaca sampai akhir. Membaca buku-buku favorit yang sesuai dengan genre anda dapat menstabilkan mood dalam membaca.

  1. Baca Karena Anda Ingin Membaca

Aktivitas membaca bukan hanya dilakukan karena semua orang di sekitar anda sedang membaca. Pembaca yang baik adalah orang yang membaca untuk kesenangan mereka sendiri dan oleh karena itu anda harus pintar dalam memilih buku serta harus dipandu oleh preferensi pribadi anda sendiri. Jangan pernah membaca untuk mengesankan siapapun karena dengan begitu anda hanya akan membuang-buang waktu saja. Lakukan aktivitas membaca karena anda memang ingin membaca, bukan karna ada suatu keterpaksaan semata.

  1. Temukan Tempat Membaca yang Tepat

Adapun beberapa orang yang mampu membaca saat mereka melakukan perjalanan, bahkan saat mereka bepergian dengan bus yang bising. Namun, jika anda tipe orang yang mudah terganggu, maka anda harus bisa menemukan tempat yang cocok untuk membaca. Bagi anda yang termasuk mudah terganggu ketika sedang fokus membaca, maka anda dapat memilih tempat yang sepi dan nyaman sehingga anda bisa rileks dan berkonsentrasi pada buku yang sedang anda baca. Anda juga harus menemukan posisi membaca yang paling nyaman, seperti berbaring di sofa ataupun meluruskan kaki anda.

  1. Pastikan Anda Tidak Memiliki Tugas Lain yang Tertunda

Sebelum anda duduk untuk mulai membaca, pastikan bahwa semua prioritas lain sudah diurus dengan baik. Jika anda sedang memasak, maka tunggu sampai anda selesai menyiapkan masakannya sebelum anda duduk untuk membaca. Bila anda sudah tidak memiliki kegiatan lain untuk diprioritaskan, maka anda bisa memberikan waktu yang tepat untuk membaca agar tidak terganggu sampai benar-benar waktunya untuk istirahat. Duduklah untuk membaca hanya saat anda tahu bahwa anda dapat benar-benar menghemat banyak waktu untuk itu.

  1. Membaca Bukanlah Lari Maraton

Menargetkan untuk membaca buku dari lembar ke lembar dalam satu atau dua hari bisa sangat melelahkan. Alih-alih memilih gaya maraton namun hal ini tidak selalu menghasilkan banyak keuntungan, karna hanya akan membuat anda menjadi mudah bosan. Lebih baik anda memilih tipe santai, dengan ngemil snack, peregangan otot, istirahat tidur siang, mendengarkan music dan luangkan waktu untuk memikirkan alur dari apa yang sedang anda baca. Ini adalah cara yang baik untuk memastikan bahwa anda tetap nyaman dan siap secara mental untuk melanjutkan membaca.