5 Elemen Kunci Meningkatkan Kualitas Kertas Penelitian Anda

24

      Penelitian merupakan suatu hasil karya ilmiah yang harus dikerjakan dengan baik dan maksimal. Anda harus mampu meneliti subjek anda secara profesional. Anda juga harus mampu memikirkan berbagai pemikiran anda untuk dituangkan dan menuliskannya di kertas penelitian anda. Anda harus unggul dalam tata bahasa, tanda baca, ejaan dan kemampuan komunikasi anda dalam menuliskan pemikiran ke dalam kertas penelitian anda.

     Dalam mengerjakan penelitian, anda harus memiliki waktu yang cukup untuk mencurahkan segala pemikiran dan proyeksi dari apa yang anda teliti dalam kertas penelitian anda. Adapun 5 elemen kunci untuk meningkatkan kualitas kertas penelitian anda, antara lain:

  1. Judul yang Tepat

Judul merupakan elemen utama dalam sebuah penelitian. Judul yang anda pilih harus relevan dengan isi kertas penelitian anda. Judul harus terlihat menarik dan meyakinkan sehingga dapat menciptakan ketertarikan pada isi kertas penelitian anda. Judulnya harus singkat dan jelas, tanpa ada kata yang ambigu di dalamnya. Judul juga harus benar secara tata bahasa maupun rangkaian katanya. Judul adalah penilaian kesan pertama seseorang untuk membaca isi kertas penelitian anda. Ada pepatah mengatakan bahwa anda tidak pernah mendapat kesempatan kedua setelah kesempatan di kesan pertama gagal? Dengan kata lain, anda tidak akan pernah mendapat kesempatan kedua untuk menyesali minat pembaca jika mereka tidak terkesan dan tertarik dengan judul penelitian anda, alhasil penelitian anda pun juga tidak akan dibuka untuk dibaca. Judul adalah elemen penting yang akan membuat pembaca bersedia meluangkan waktu untuk membaca isinya.

  1. Pernyataan Pembukaan yang Efektif

Paragraf pertama dari kertas penelitian anda adalah pernyataan pembuka. Anda harus memulai paragraf ini dengan kalimat yang menarik perhatian pembaca saat menjelaskan isi penelitian anda. Paragraf pembuka yang menarik dapat menyebabkan orang ingin membaca tulisan anda selanjutnya. Jika pernyataan di paragraf anda tidak menarik, maka hal ini dapat menyebabkan orang kehilangan minat sebelum mereka membaca lebih jauh kertas penelitian anda.

  1. Kalimat Topik Pada Awal Paragraf

Setiap paragraf yang anda tulis pada intinya akan memiliki topik spesifik yang dicakupnya. Untuk membantu pembaca mencerna materi penelitian anda, pastikan bahwa anda juga menulis kalimat topik sebagai pembukaan paragraf. Kalimat topik dapat menjelaskan apa yang pembaca harus pelajari dari isi paragraf tersebut. Kalimat topik juga membantu orang dalam menemukan inti sari dari isi paragraf dan mudah untuk dibagikan ke orang lain.

  1. Kutipan Kalimat Harus Diikuti dengan Penjelasan

Bila anda membuat kutipan dalam paragraf di kertas penelitian, maka anda juga harus memastikan bahwa pembaca memahami apa arti kutipan itu. Anda harus dapat secara efektif melakukan penambahan kalimat dengan menjelaskan keterangan lebih lanjut tepat setelah kalimat kutipan. Hal ini sangat penting untuk dilakukan karena kutipan tersebut dapat secara luas untuk diartikan.

  1. Kalimat Kesimpulan yang Kuat

Ketika anda membuat kesimpulan dalam sebuah kertas penelitian, anda harus bisa menekankan semua isi pada kalimat kesimpulan di akhir kertas penelitian anda. Hal ini penting untuk dilakukan karena pembaca tidak akan menemukan poin pertanyaan baru dalam kertas penelitian anda. Tentunya anda juga tidak ingin meninggalkan pembaca dengan pertanyaan yang tidak terjawab yang melayang di benak mereka bukan? Oleh sebab itu, buatlah kalimat kesimpulan yang kuat. Kalimat penutup atau kesimpulan merupakan elemen yang penting dalam sebuah kertas penelitian yang profesional. Kalimat kesimpulan harus mampu mengikat semua kandungan isi dengan rapi sehingga akan terlihat sempurna dan masuk akal bagi orang yang membacanya.

      Kertas penelitian anda akan lebih mengesankan jika kualitas penelitian yang anda lakukan berbobot. Untuk itu kerjaan dengan baik dan semaksimal mungkin demi hasil yang memuaskan. Jangan pernah meragukan kemampuan anda dalam mengerjakan suatu penelitian yang berbobot.