5 Karakteristik Manfaat Plastik Acrylic

34

    Plastik acrylic merupakan jenis plastik yang berguna untuk berbagai alternatif bagus dalam hal meminimalisir biaya tinggi dan daya tahan pemakaiannya. Bahan ini tidak mudah pecah dan tangguh, bahkan ketika digunakan di menara senapan, kanopi dan periskop untuk kegiatan latihan militer. Plastik acrylic biasa digunakan dalam berbagai fungsi misalnya dijadikan sebagai perabotan, stand display, hiasan, patung, bingkai foto, hiasan & lain sebagainya. Berikut adalah 5 karakteristik manfaat dari plastik acrylic.

  1. Plastik Acrylic Mudah untuk Dibentuk

Plastik acrylic adalah bahan yang mudah dibentuk dan dijadikan untuk berbagai karya seperti figura, bingkai foto, tabung atau botol. Plastik acrylic mudah lentur ketika mencapai suhu 100 derajat celsius. Bahkan saat bahan mulai mendingin, plastik acrylic mampu mempertahankan kelenturan dan dapat diolah bentuknya sesuai dengan apa yang kita inginkan. Manfaat lain dari kelenturan plastik acrylic adalah kemampuan mengerjakan proyek besar seperti skylight dan bow-front aquariums. Plastik acrylic juga bisa digergaji, dibor oleh mesin, jadi sifatnya seperti logam lunak dan kayu. Cara agar lebih hemat biaya dalam membentuk plastik acrylic adalah dengan menggunakan cetakan dalam plastik atau kayu.

  1. Plastik Acrylic Tahan Terhadap Cuaca

Sifat plastik acrylic yang tangguh terhadap cuaca, maka plastik acrylic ini menjadi pilihan yang tepat untuk lensa pada lampu depan mobil dan jendela rumah. Plastik acrylic juga bisa digunakan untuk bahan pembuatan kanopi rumah (tenda outdoor) karna memiliki kemampuan dalam mempertahankan tampilan dan warna yang tahan lama untuk jangka panjang. Selain itu, cat yang dicampur dengan bahan plastik acrylic juga akan melindungi dari paparan cahaya matahari yang berlebihan dan mampu mempertahankan warna dari cat tersebut.

  1. Plastik Acrylic Memiliki Sifat yang Ringan

Plastik acrylic memiliki sifat dan bahan yang ringan serta hampir 50 persen lebih rendah tingkat keringanannya dari produk lainnya. Plastik acrylic sangat mudah untuk ditangani dalam proses penggunaannya. Popularitas plastik acrylic sebagian besar terkait dengan tingkat keringanannya dan tidak memberikan banyak beban terhadap barang-barang ataupun produk hasil bentukan plastik acrylic.

  1. Plastik Acrylic Tahan Terhadap Benturan

Plastik acrylic memiliki bahan yang dirancang dengan ketahanan benturan tinggi, yaitu hampir 17 kali lebih kuat terhadap benturan daripada bahan lainnya. Kekuatan tariknya mencapai 8.000 lbs per inci persegi. Jika terjadi kerusakan akibat benturan, plastik acrylic tidak akan pecah menjadi potongan kecil. Jika rusak, plastik acrylic malah akan patah menjadi potongan yang besar-besar. Aspek keselamatan ini diapresiasi untuk pintu keamanan, pintu kaca geser, maupun pintu kamar mandi. Plastik acrylic bahkan digunakan di arena hoki sebagai tempat berlindung.

  1. Plastik Acrylic Sangat Transparan

Plastik acrylic memiliki sifat yang jelas dan tembus pandang, serta tidak akan mudah berwarna kuning atau berubah warna dari waktu ke waktu. Plastik acrylic yang bersifat transparan, dapat dimanfaatkan untuk berbagai jenis design interior ruangan rumah. Penggunaan plastik acrylic yang transparan ini bisa sangat menarik untuk dipakai dalam dunia arsitek interior bangunan, yaitu dengan berbagai ide kreatif design interior masa kini. Plastik acrylic cocok untuk design rumah yang bertema green house, karna dengan sifatnya yang transparan, maka akan meminimalisir penggunaan cahaya lampu yang berlebihan. Hal ini menjadikan plastik acrylic sebagai pilihan yang sangat menarik untuk jendela etalase, skylight dan rumah kaca. Plastik acrylic juga merupakan bahan yang tahan terhadap sinar UV.