5 Kesalahan Memasak yang Harus Anda Hindari

28

    Kesalahan dalam memasak penting untuk diketahui bagi seseorang jika ingin belajar memperbaiki cara memasak dengan baik dan  benar. Membuat kesalahan dalam memasak dan menghidangkan makanan yang tidak enak dapat merubah menjadi kekecewaan besar. Anda tidak ingin hal ini terjadi bukan? Terutama jika anda akan melayani keluarga, teman atau saudara anda. Yang anda butuhkan adalah beberapa tips untuk mencegah kesalahan dalam proses memasak. Adapun ulasan mengenai 5 kesalahan memasak yang harus anda hindari, antara lain:

  1. Tidak Telitinya Membaca Resep

Membaca resep makanan sama pentingnya dengan membaca peta sebelum berangkat untuk bepergian. Hal ini berguna agar anda tidak kebingungan dan tersesat dalam melakukan proses memasak. Sebagian besar kesalahan memasak terjadi saat orang mengabaikan detail dalam resep makanan. Hal ini diindikasikan bahwa mereka tidak membaca resepnya dengan benar. Misalnya, menambahkan mentega dingin ke dalam adonan mungkin akan membuat adonan kue kering dan kental. Selain itu, penambahan telur yang berlebihan dan tidak sesuai dengan resep, juga membuat adonan menjadi tidak sempurna.

  1. Kurang Optimalisasi Waktu Dalam Memasak

Saat memasak, adapun aturan mengenai waktu penutupan pan tempat kita memasak. Jika anda menutup pan masakan terlalu lama atau terlalu cepat. Hal ini akan menjebak panasnya masakan dan mengakibatkan banyak uap di dalam pan. Untuk mencegah terkurasnya banyak waktu, yang perlu anda lakukan adalah menggunakan beberapa pan untuk memasak. Hal ini dapat mengefisienkan waktu anda dalam aktivitas sehari-hari.

  1. Tidak Memanaskan Pan

Permukaan pan harus cukup panas untuk membuat makanan lebih cepat matang dalam proses memasaknya. Makanan akan menempel pada pan jika tidak memanaskan pan terlebih dahulu. Karena itu, penting untuk memanaskan pan terlebih dahulu selama beberapa menit sebelum menuangkan minyak. Untuk memeriksa apakah pan cukup panas, anda bisa membuang beberapa tetes air ke dalam pan. Jika air menguap dengan cepat, hal itu berarti pan sudah panas.

  1. Menggunakan Terlalu Sedikit Air

Adapun beberapa bahan makanan yang cara pengolahannya menggunakan banyak air. Saat makanan dimasukkan ke dalam pan yang mendidih, maka suhu air akan menurun. Jika anda menaruh terlalu banyak bahan makanan ke dalam pan dan airnya cenderung sedikit, maka airnya tidak akan bisa melakukan proses pemasakan. Akibatnya, bahan makanan yang anda olah tidak akan matang dengan baik. Jadi, yang perlu anda lakukan adalah menggunakan banyak air dalam proses memasak. Dengan kata lain, bahan makanan yang ada di pan tersebut harus tercelup air. Pastikan juga air mendidih dengan sempurna.

  1. Menggunakan Minyak yang Tidak Cukup Panas

Apakah anda sering menggoreng bahan makanan? Pastikan suhu minyak 35 derajat F atau lebih. Jika suhu lebih rendah dari itu, maka makanan anda akan menjadi berminyak dan berat. Jadi, yang perlu anda lakukan adalah mencari suhu tertinggi minyak yang dipanaskan. Pastikan sudah cukup panas sebelum anda memasukkan bahan makanan ke dalamnya.

      Memasak merupakan aktivitas yang sering kita jalani, terutama bagi seorang wanita. Memasak dengan cara tepat dan benar juga akan berpengaruh baik terhadap tubuh kita. Faktor kebersihan pun juga ikut serta dalam proses memasak dengan baik. Oleh sebab itu, kita tidak boleh mengabaikan hal-hal yang penting dalam proses memasak. Upayakan menyajikan makanan yang layak untuk dimakan bersama, baik saudara, teman, ataupun tamu. Sehingga kita terbiasa melakukan proses memasak dengan baik dan benar.