5 Persiapan Dasar Untuk Kamu yang Berniat Mendaftar PNS

151

5 Persiapan Dasar Untuk Kamu yang Berniat Mendaftar PNS

Gelombang Kedua pendaftaran CPNS Tahun ini kembali di gelar. Berbeda dengan gelombang pertama yang hanya diperuntukkan oleh Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia, penerimaan CPNS kali ini diikuti oleh 60 Kementrian / Lembaga / Badan dan 1 provinsi yaitu Provinsi Kalimantan Utara.

Jaminan karir dan masa tua, serta kesempatan untuk mendapatkan pendidikan yang jauh lebih tinggi nyatanya masih menjadi magnet kuat bagi para lulusan pendidikan tinggi saat ini untuk bergabung menjadi abdi negara. Tidak tanggung-tanggung, sebanyak 17.928 formasi ditawarkan kepada putra/ putri terbaik bangsa.

Kamukah salah satu calon pendaftar? Bersaing bersama puluhan ribu orang lain tentu bukan perkara gampang, namun juga bukan perkara sulit jika kamu mengetahui tips dan triknya.

  1. Pilih posisi yang kamu inginkan

Memilih posisi merupakan hal pertama yang harus kamu perhatikan. Pastikan posisi yang kamu tuju memiliki persyaratan yang memang sesuai dengan kualifikasi kamu, pendidikan misalnya. Pertimbangkan juga calon pesaing yang mungkin kamu temui selama tes nanti. Pada seleksi penerimaan kali ini, tidak dibenarkan bagi satu akun untuk melamar dua posisi yang berbeda, kecuali bagi kamu yang memang telah mendaftar pada seleksi gelombang pertama di Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia yang diperbolehkan mendaftar satu formasi lagi pada seleksi gelombang kedua ini. Perhatikan juga lokasi penempatan posisi yang kamu pilih, jangan sampai setelah lulus nanti, kamu mundur dari CPNS kamu karena lokasi penempatan yang tidak sesuai dengan yang diharapkan.

  1. Bookmark situs BKN dan SCCN

Jangan sampai kamu ketinggalan berbagai informasi resmi terkait penyelenggaraan seleksi CPNS. Bookmark situs-situs penting seperti https://sscn.bkn.go.id/ atau https://www.menpan.go.id/  Ketimbang percaya pada informasi HOAX yang banyak bertebaran didunia maya, kamu cukup membaca informasi yang dirilis dua situs ini, atau situs langsung kementerian terkait yang kamu daftar.

  1. Perbanyak latihan soal CPNS

Belajar. Ini adalah hal yang wajib dan penting untuk kamu lakukan. Tidak ada trik dan tips lainnya selain belajar karena didunia nyata seperti ini, kamu tidak bisa membakar buku persiapan CPNS lalu meminum air abunya. Percayalah. Kamu bisa dapatkan buku latihan persiapan CPNS di berbagai toko buku, lengkap dengan CD simulasi tes CAT nanti. Ganti agenda bersama pasanganmu dengan adu cepat menjawab soal hitungan pada buku latihan persiapan CPNS. Selain itu, kamu juga bisa mengganti playlist lagu kesukaan dengan video mengenai Pancasila atau Undang-undang.

  1. Persiapkan persyaratan administratif

Sambil menunggu waktu pengumpulan berkas persyaratan administratif, kumpulkan terlebih dahulu persyaratan apa saja yang dibutuhkan. Persiapkan juga TOEFL kamu, karena disebagian besar formasi mensyaratkan sejumlah angka TOEFL tertentu. Cek kembali dan buat list daftar persyaratan administrasi yang harus kamu penuhi, seperti Foto, KTP, Akte Kelahiran, Ijazah dan lain sebagainya. Kumpulkan semuanya dalam satu map sesuai dengan ketentuan agar nanti tidak ada yang ketinggalan.

  1. Doa restu dari orang tua dan keluarga

Nah, jika semua persiapan sudah kamu lakukan datangi atau hubungi orang tua untuk meminta doa dan restunya agar kamu dimudahkan dalam proses seleksi nanti. Beritahu keluarga atau pasangan tentang rencana kamu untuk mendaftar slekesi CPNS. Jangan sampai keputusanmu untuk mendaftar malah bertolak belakang dengan rencana kamu semula.

Terakhir, pastikan kembali niat kamu untuk mendaftar CPNS. Jika kamu berniat untuk menjadi jutawan melalui profesi PNS maka alangkah lebih baiknya jika kamu mundur dari sekarang. Namun, jika kamu  berharap untuk mendapatkan jenjang karir yang jelas, peluang untuk mendapatkan pendidikan yang lebih tinggi, serta ingin mengabdi pada Nusa dan Bangsa, maka tetap jaga semangat kamu ya. Semoga Berhasil!