5 Tips Belanja Souvenir Pernikahan

308

    Pernikahan merupakan rangkaian acara istimewa bagi semua pasangan. Setelah meresmikan hubungan dengan akad nikah, biasanya mempelai akan menggelar rangkaian resepsi pernikahan. Salah satu hal penting dan pelengkap dalam acara resepsi yaitu souvenir/ cindera mata. Biasanya, pengantin akan menyiapkan souvenir pernikahan jauh-jauh hari agar tidak mendadak sehingga mereka bisa memilih barang sesuai dengan keinginannya.

      Tidak dapat dipungkiri, memilih souvenir pernikahan ini gampang-gampang susah karena biasanya akan terjadi perbedaan pendapat antar pasangan ataupun keluarga. Namun tidak perlu khawatir, dibawah ini kita dapat menyimak tips-tips dalam memilih souvenir untuk hari spesial kamu.

  1. Tentukan budget dan sesuaikan dengan jumlah undangan

Sebelum kamu memilih barang yang akan kamu jadikan souvenir dalam pernikahanmu, tentukan terlebih dahulu alokasi anggaranmu untuk souvenir. Perlu kamu rencanakan pula berapa jumlah souvenir yang hendak kamu pesan, sehingga kamu bisa mendapatkan perkiraan harga souvenir per-satuan barangnya. Jumlah souvenir yang harus kamu sediakan bergantung pada jumlah undanganmu. Ada baiknya pula souvenir yang kamu sediakan melebihi jumlah undangan. Namun, bisa juga kamu memilih alternatif bahwa yang mendapatkan souvenir hanya dari undangan yang perempuan sehingga kamu bisa memastikan berapa souvenir yang perlu kamu siapkan. Tidak terlalu banyak namun juga tidak kurang.

  1. Pilihlah souvenir yang kiranya bermanfaat

Setelah kamu mendapatkan perkiraan harga per satuan barang souvenir yang akan kamu cari, pilihlah barang yang kiranya bermanfaat. Bandingkan beberapa macam barang dengan harga yang hampir serupa (mengacu pada budget kamu). Ada baiknya kamu tidak memilih souvenir pernikahan yang sepulang dari acara pernikahan hanya untuk dipajang. Pilihlah barang yang berkesan dan bermanfaat, contohnya kipas, gelas, mangkuk, atau pouch. Jangan terjebak memilih barang karena murah. Pastikan harga dan kualitasnya seimbang dan seperti yang kamu inginkan. Jangan sampai kamu kecewa di belakang.

  1. Mintalah pendapat keluarga

Jangan lupa mintalah pendapat dan masukan dari keluarga mengenai review barang-barang dengan harga serupa. Bandingkan manfaatnya serta harganya. Dengan adanya bantuan masukan dari keluarga dapat memudahkan kita dalam memilih.

  1. Survey dan tanyakan detail ke berbagai tempat souvenir

Tiap tempat penjual souvenir, kamu akan mendapatkan informasi yang berbeda-beda dari barang yang kamu cari. Dari jenisnya, tambahan sablon nama, jumlah pemesanan barang, hingga packaging/ kemasan souvenir. Pilihlah dari beberapa tempat yang sekiranya paling pas di kantong. Jangan ragu untuk menawar harga juga, terlebih apabila kamu memesan dalam jumlah banyak. Mintalah potongan harga ataupun bonus dari pesananmu. Biasanya semakin banyak barang yang kamu pesan, maka negosiasi harga juga semakin mudah.

  1. Pesanlah jauh-jauh hari

Usahakan kamu memesan souvenir jauh-jauh hari, paling tidak 2-3 bulan sebelum hari H. Terlebih apabila jumlah souvenir yang kamu pesan cukup banyak. Hal itu akan membutuhkan cukup banyak waktu pengerjaannya. Para pengrajin juga pada umumnya akan menolak menerima orderan souvenir pernikahan apabila sudah mepet dengan hari H pernikahan. Biasanya mereka juga berusaha menjaga kualitas ataupun pengerjaan order dari customer lainnya. Namun, berbeda dengan souvenir pernikahan yang sudah ready stock. Pada umumnya souvenir yang bersifat ready stock adalah souvenir import dari cina serta bikinan pabrik. Namun ada kelemahan pula bahwa kamu tidak bisa merubah desain untuk barang yang sifatnya ready stock. Selain itu jangan lupa pula memastikan kapan souvenir itu jadi/ siap sebelum hari H.