5 Tips Cara Berkomunikasi Secara Profesional

38

          Komunikasi adalah hal yang penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Adanya komunikasi, kita dapat melakukan interaksi terhadap orang lain. Sehingga aktivitas sosial juga akan tercipta dalam suatu lingkungan bermasyarakat. Berkomunikasi secara baik dan efektif adalah keterampilan yang sangat berharga untuk dimiliki. Hal ini dapat membantu meningkatkan kehidupan pribadi dan profesional anda secara luar biasa. Tidak cukup hanya mengirim pesan ke orang lain, namun proses komunikasi juga harus dikemas secara baik sehingga maksud dan tujuan dapat tersampaikan.

       Komunikasi merupakan proses dua arah dengan tujuan dapat dimengerti satu dengan lainnya. Namun, kebanyakan orang tidak sadar bagaimana berkomunikasi dengan baik karena berbagai alasan. Jika anda tertarik untuk mencari tahu bagaimana berkomunikasi secara profesional, maka tips berikut akan sangat berguna bagi anda:

  1. Berikan perhatian yang cukup saat anda berkomunikasi dengan orang lain. Dengan kata lain, cobalah untuk fokus pada setiap percakapan sehingga anda bisa memberikan maksud dan tujuan yang benar. Hal ini juga akan menghindarkan anda dari percakapan diluar konteks maksud dan tujuan. Maksud dan tujuan harus bisa sesuai dengan apa yang anda komunikasikan terhadap orang lain. Adanya perhatian yang cukup kepada lawan bicara adalah cara yang baik dalam menjalin komunikasi dengan baik.
  2. Carilah petunjuk tambahan yang akan membantu anda membaca maksud dan tujuan lawan komunikasi. Anda perlu memperhatikan point apa saja yang dibicarakan, sehingga anda paham dengan apa yang dibahas oleh lawan komunikasi anda. Selain itu, percakapan melalui tatap muka dan menatap ke mata lawan bicara adalah suatu hal yang menunjukkan suatu ketertarikan dalam proses komunikasi.
  3. Mengatasi kesalahan komunikasi dengan lawan bicara. Anda harus menghindari kesalahan-kesalahan kata saat berkomunikasi dengan orang lain karena bisa menimbulkan kesalahpahaman dan menyakiti perasaan. Hal ini sangat penting dalam proses komunikasi, begitu terjadi kesalahan maka lawan bicara juga akan enggan untuk memperhatikan apa yang sedang kita komunikasikan terhadapnya. Jangan takut meminta lawan bicara untuk mengklarifikasi atau menawarkan klarifikasi guna menghindari kesalahan yang besar.
  4. Memperkuat isi maksud dan tujuan. Hal ini dapat dilakukan dengan mengulanginya atau dengan menggunakan sarana komunikasi lain, misalnya dengan alat bantu untuk menjelaskan topik yang anda maksud. Jika anda berkomunikasi melalui telepon dengan topik penting, misalnya sesuatu yang mencakup nama, tanggal atau harga, sebaiknya anda juga perlu mengirimkan pesan teks atau email dengan rincian yang telah anda komunikasikan sehingga tidak ada ruang lingkup keraguan.
  5. Ajukan pertanyaan jika anda merasa belum mengerti tentang topik diskusi yang dikomunikasikan dari orang lain. Kebanyakan orang akan dengan senang hati menjawab anda secara rinci karena ini menunjukkan bahwa anda sangat tertarik dengan apa yang mereka bicarakan. Mulailah membiasakan diri untuk mengajukan beberapa pertanyaan yang menurut anda hal itu penting untuk ditanyakan kembali. Sehingga anda juga akan paham dan mengerti dengan jelas apa yang dikomunikasikan orang lain.

       Komunikasi yang baik akan berguna bagi kehidupan bermasyarakat, anda akan merasa sangat mudah bergaul dengan orang-orang begitu anda belajar memperbaiki komunikasi dengan mereka. Sebenarnya, anda juga akan menyadari bahwa orang lebih cenderung membantu dan mengakomodasi jika anda mampu mengkomunikasikan kebutuhan anda dengan benar. Memperbaiki komunikasi dengan orang lain dan memiliki keterampilan dalam berkomunikasi dengan baik, maka akan sangat membantu anda dalam kehidupan pribadi dan profesional anda. Mari bersemangat untuk memiliki tingkat komunikasi yang baik, demi kebaikan diri kita sendiri.