5 Tips Menjadi Orang Tua yang Berkompeten

24

        Menjadi ibu atau ayah yang berkompeten adalah salah satu peran penting dan memuaskan yang akan anda alami dalam hidup anda. Tidak ada liburan atau akhir pekan saat anda menjadi orang tua, ini adalah pekerjaan setiap saat dan setiap waktu dalam kehidupan keluarga. Selain semua tanggung jawab dan tahap awal seorang anak terletak pada orang tua, namun satu hal yang pasti anda akan senang ketika sudah menjadi orang tua. Jadi, penting bagi orang tua untuk menetapkan sasaran cara pengasuhan anak untuk membantu perkembangan anak-anak anda. Mari kita bahas tips menjadi orang tua yang berkompeten bagi anak.

  1. Komunikasi Dua Arah

Selain melakukan aktivitas bekerja, sebagai orang tua juga harus melakukan pekerjaan rumah tangga. Hal ini dikarenakan bahwa orang tua memiliki peran penting dalam kehidupan berkeluarga. Anda seharusnya tidak membatasi anak-anak anda dalam hal berbagi suatu pendapat dengan anda. Fokus anda adalah membangun hubungan dengan anak-anak anda agar mereka merasa nyaman mendiskusikan segala hal dengan anda. Inilah saatnya bagaimana sikap anda dalam membantu anak anda untuk terbuka tentang perasaan dan pikiran batin mereka kepada anda. Semua perilaku ini akan memungkinkan adanya komunikasi dua arah yang efektif dengan anak-anak anda.

  1. Merangsang Kemandirian

Membiarkan anak-anak anda untuk sedikit keluar dari kontrol anda adalah salah satu hal tersulit yang harus dilakukan orang tua. Tapi, saat anda mengajarkan anak anda tentang melakukan sesuatu tanpa bergantung pada siapa pun, inilah cara anda untuk membuat mereka belajar bagaimana bertahan dengan hidupnya sendiri, terutama bila anda tidak berada di dekat mereka. Anda dapat menanamkan kemandirian pada anak-anak anda dengan meminta mereka menetapkan tujuan untuk diri mereka sendiri. Mereka perlu menargetkan untuk menemukan keterampilan baru yang mereka sukai dan lebih fokus untuk mengembangkannya. Hal ini tidak hanya membantu anak-anak anda dalam menguji kemandirian mereka, tetapi juga akan bermanfaat dalam membawa anak-anak anda keluar dari area yang lebih produktif. Mereka akan mengembangkan harga diri mereka secara besar-besaran dengan mengikuti keahlian mereka sendiri.

  1. Mengajarkan Tingkah Laku dan Keterampilan Sosial

Tingkah laku adalah cerminan perilaku setiap individu dan sikap mereka terhadap kehidupan. Dalam dunia pendidikan saat ini, hal itu sangatlah penting untuk dipelajari oleh anak-anak dari kecil. Menjadi orang tua harus bisa memberikan contoh baik bagi anak-anak anda untuk belajar dan menanamkan perilaku yang baik. Anda juga perlu mengajarkan anak-anak anda untuk tidak mendiskriminasikan orang berdasarkan warna, kasta dan kepercayaan. Sebagai orang tua, penting juga bagi anda untuk mengajari anak-anak anda bagaimana berperilaku di depan umum dan dalam sebuah pertemuan, yaitu mengenai sopan santun terhadap orang lain.

  1. Mengembangkan Hubungan Baik dengan Tutor

Ketika anak-anak kecil mulai bersekolah, mereka akhirnya menghabiskan lebih banyak waktu untuk berinteraksi dengan guru mereka. Orang tua harus berusaha menjangkau pendidik mereka sehingga mereka bisa mendapatkan umpan balik yang benar mengenai kinerja anak-anak di kelas dan keseluruhan perilaku anak-anak anda. Hal ini akan membantu orang tua dalam membangun hubungan baik dengan para guru. Semua ini akan membantu anda untuk mengetahui perilaku anak-anak anda dengan baik saat berada di kelas, baik dengan guru maupun siswa lainnya. Wawasan ini akan membantu anda dalam membimbing anak-anak anda dalam membentuk kepribadian anak-anak anda untuk masa depan.

  1. Merawat Kesehatan

Pepatah mengatakan bahwa kekayaan terbesar adalah kesehatan. Oleh sebab itu, ajarilah anak-anak anda untuk mengerti tentang pentingnya menjalani gaya hidup sehat. Apa yang anda ajarkan kepada anak-anak anda di masa kecil, maka mereka juga akan terbiasa melakukan hal positif yang anda ajarkan sampai mereka berada di masa dewasa. Anda dapat mengajarkan mereka dengan terlebih dahulu membiasakan diri anda dengan cara hidup sehat seperti olahraga teratur, tidur tepat waktu, mengkonsumsi makanan sehat, dan sebagainya. Dengan cara ini anak-anak akan perlahan dan secara bertahap menirukan kebiasaan anda dalam kehidupan mereka.