5 Tips Menyehatkan Bagi Para Pekerja Ekstra

5

     Kesehatan adalah salah satu nikmat yang sering kita lupakan. Memiliki badan yang sehat adalah salah satu hal yang patut kita syukuri. Badan sehat tidaklah terlepas dari makanan yang juga sehat untuk dikonsumsi tubuh kita. Pola makan yang kita lakukan juga harus seimbang dan teratur. Kita harus pintar-pintar dalam memilih makanan, namun tidak membatasi diri pada satu jenis makanan atau kelompok makanan tertentu. Hal ini berguna untuk selalu memberi bahan bakar pada tubuh dan otak anda secara teratur dengan makanan yang cukup untuk menjaga agar pikiran dan tubuh anda tetap kuat.

    Makanan sehat adalah pemecah masalah berbagai penyakit bagi tubuh kita. Kita harus selalu sadar dengan apa yang kita makan dan harus pintar dalam menilai sebuah makanan, apakah makanan itu baik bagi tubuh atau justru membahayakan bagi tubuh kita. Hal ini tidaklah terlepas tentang seberapa besar pengetahuan kita terhadap makanan yang kita konsumsi untuk mengetahui efeknya terhadap tubuh kita. Ketika anda tidak dapat mengendalikan makanan yang anda konsumsi, maka anda juga tidak dapat mengendalikan berat badan anda agar tetap ideal dan sehat. Terutama untuk para pekerja ekstra yang aktivitas kesehariannya adalah bekerja, apalagi jika sebagian besar waktu yang mereka punya dihabiskan untuk bekerja. Adapun 5 tips menyehatkan bagi para pekerja ekstra yang sering melakukan lembur.

  1. Jangan Bekerja dengan Perut Kosong

Jika Anda mendengar suara gemuruh di perut anda, itulah alarm bahwa perut anda mencoba memberi tahu anda untuk segara mengkonsumsi makanan. Seharusnya tanpa mendengarkan alarm dari perut, anda harus bisa memaksa tubuh anda untuk memiliki bahan bakar terlebih dulu. Bahan bakar tersebut yaitu dengan mengkonsumsi makanan secara teratur. Jika anda akan melakukan aktivitas olahraga atau melakukan aktivitas yang memerlukan fisik ekstra, upayakan selalu makan makanan ringan seperti apel terlebih dulu.

  1. Jangan Hanya Mengandalkan Suplemen Instan

Meskipun suplemen instan tersebut baik pula untuk dikonsumsi, namun alangkah lebih baik, anda mengkonsumsi makanan yang segar. Makanan yang segar seperti buah dan sayuran akan memberikan antioksidan untuk mencegah kanker. Makanan segar juga banyak mengandung vitamin, mineral, cairan, dan serat.

  1. Jangan Melewatkan Sarapan

Melewatkan sarapan bukanlah ide bagus, anda sebagai pekerja ekstra juga harus memulai hari dengan aktivitas penting seperti sarapan. Tubuh anda membutuhkan bahan bakar sesegera mungkin. Tanpa adanya bahan bakar, maka anda akan merasa lapar sepanjang hari atau bahkan tubuh cenderung lemas.

  1. Memperhatikan Kalori dalam Tubuh

Meskipun dalam menurunkan berat badan melibatkan kalori, namun kehilangan kalori yang terlalu cepat juga tidaklah baik. Selalu pastikan bahwa anda mendapatkan cukup kalori agar tubuh tetap sehat.

  1. Hindari Alkohol dan Soda

Air, susu, dan jus adalah yang terbaik untuk diminum bagi orang yang aktif, terutama para pekerja ekstra. Anda harus sering minum dan jangan sampai tubuh mengalami dehidrasi. Karena pada saat anda merasa haus dan tidak segera minum, maka daya konsentrasi tubuh anda akan menurun.

     Makan makanan yang sehat adalah cara hidup yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan tubuh atau gaya hidup anda untuk lebih sehat. Jika anda mampu berpikir apa yang bisa membuat tubuh anda menjadi lebih baik, maka anda akan menentukan makanan sehat. Makanan sehat tersebut sebagai pilihan terbaik yang patut anda konsumsi dalam menunjang aktivitas keseharian anda. Badan sehat yang anda miliki, dapat membuat hidup lebih bermanfaat bagi diri anda sendiri, orang-orang di sekitar anda dan bahkan keluarga anda.