6 Aspek Penting Dalam Membaca Bagi Diri Sendiri

36

       Apakah anda sering membaca secara teratur? Jika ya, apa yang anda baca? Apakah itu surat kabar, majalah, sosial media atau berita online? Semua media tersebut sebaiknya dibaca secara teratur. Anda akan mendapatkan banyak manfaat yang ditawarkan oleh bahan bacaan. Adapun 6 aspek penting dalam membaca bagi diri sendiri, serta deskripsi beberapa manfaat yang bisa anda nikmati.

  1. Stimulasi Mental

Orang yang sering membaca akan dirangsang secara mental, serta mencegah terjadinya Alzheimer karena otak tetap aktif dan tidak kehilangan tenaga. Stimulasi mental ini bekerja seperti otot lain di tubuh anda. Sebenarnya, anda perlu melatih otak secara teratur agar kondisi otak berjalan dengan baik. Selain membaca, bermain game seperti catur juga bisa membantu meningkatkan stimulasi kognitif.

  1. Stres

Jika anda memiliki pekerjaan sehari-hari dengan rutinitas padat, maka tingkat stres juga akan meningkat. Karena adanya kondisi stres pada diri anda, maka dimungkinkan anda juga memiliki banyak masalah lain dalam hidup anda. Untuk itu anda perlu berupaya menghilangkan rasa stres dengan membaca, salah satunya novel. Novel yang bagus bisa membawa anda ke dunia baru. Selain novel, juga ada artikel-artikel yang dapat anda baca. Artikel yang ditulis dengan baik dan menarik adalah sarana untuk mengalihkan perhatian dari hal-hal yang dapat memberi anda tekanan. Sehingga ketika anda membacanya, maka pikiran ada bisa lebih rileks.

  1. Pengetahuan

Dengan membaca buku dan artikel, anda bisa memiliki banyak informasi. Anda tidak pernah tahu kapan anda akan memerlukan informasi ini. Jadi, memiliki banyak pengetahuan dapat membantu anda mengatasi tantangan yang mungkin anda alami dalam hidup anda. Selain itu, pengetahuan juga akan memberi keuntungan bagi anda dari segi kecerdasan. Mungkin anda bisa kehilangan pekerjaan, uang dan semua barang milik anda, tapi anda tidak bisa kehilangan pengetahuan anda. Karena pengetahuan yang anda miliki akan selalu melekat dalam pikiran anda.

  1. Kosakata

Kosakata adalah gudang kata-kata yang membantu anda menyampaikan pesan anda sebaik mungkin. Dalam profesi apa pun, mengartikulasikan berbagai kosakata bisa sangat membantu anda. Selain itu, kepercayaan diri anda juga akan meningkat karena anda mendapat dorongan, apalagi ketika anda berbicara dengan para senior anda dalam pekerjaan, maka anda bisa lebih percaya diri. Hal ini akan dapat membantu anda dalam karir, karena orang dengan kemampuan komunikasi yang lebih baik akan mendapatkan lebih banyak kesempatan promosi.

  1. Memori

Dengan membaca buku ataupun novel, anda bisa melatih pikiran untuk mengingat banyak karakter, sejarah, ambisi, latar belakang dan nuansa di balik karakter tersebut. Meski terlalu banyak mengingat, namun otak manusia dapat menampung banyak memori. Hal ini juga membuat memori jangka pendek anda lebih bertenaga sekaligus menstabilkan mood anda.

  1. Keterampilan Analisis

Jika anda bisa memecahkan misteri dalam novel, tanpa menghabiskan terlalu banyak waktu, ketahuilah bahwa anda memiliki kemampuan analisis yang kuat. Bagaimanapun membaca novel juga membutuhkan banyak energi mental untuk mengolah semua detail kecil dalam sebuah novel. Keterampilan analisis ini dapat membantu anda saat anda perlu mengkritik suatu permasalahan. Jika anda mendapat kesempatan untuk membicarakan suatu permasalahan dengan teman anda, maka anda dapat menyampaikan pendapat anda dengan kata-kata yang bermanfaat dan jelas.

       Inilah beberapa aspek penting dalam membaca bagi diri sendiri, serta manfaat terbesar yang dapat anda nikmati jika anda mampu membaca secara teratur.