6 Hal yang Perlu Kamu Miliki Ketika Menjadi Karyawan

71

   Menjalani kehidupan dunia kerja pasti akan berbeda dengan dunia perkuliahan. Untuk menempati posisi baru dalam perusahaan bukanlah suatu perkara mudah. Selain keahlian yang kamu miliki tentunya sikap kamu dalam menjalani pekerjaan juga akan menjadi tantangan tersendiri.

     Untuk itu sangat perlu memiliki kemampuan beradaptasi baik kemampuan maupun sikap. Jika tidak, bisa dipastikan kamu tidak akan bertahan lama bekerja dalam perusahaan. Berikut ini hal-hal yang perlu kamu miliki ketika menjadi karyawan.

  1. Interpersonal Skills (Keterampilan Pribadi)

Pekerja dengan personal yang baik sangat diidam-idamkan dalam sebuah perusahaan. Perusahaan lebih membutuhkan pada mereka yang mampu berkomunikasi dan berinteraksi sebaik mungkin dalam tim. Interpersonal skill sangat diuji ketika terjadi sebuah konflik.

  1. Open Minded and Creativity (Pikiran yang Terbuka dan Kreatif)

Kemampuan berpikir kreatif merupakan aset penting bagi sebuah perusahaan. Pola berpikir out of the box seringkali diperlukan untuk menemukan solusi terbaik yang menarik. Pemikiran kreatif akan menambah nilai. Pola pemikiran kreatif ini sangat dibutuhkan dalam menggambarkan masa depan perusahaan.

  1. Communication Skill (Kemampuan Komunikasi)

Berbeda dengan interpersonal, keterampilan komunikasi merupakan keterampilan untuk menyampaikan segala sesuatu. Baik berupa gagasan, solusi, maupun tanggapan yang seefektif mungkin. Dengan memiliki kemampuan komunikasi yang efektif kamu akan dapat mencapai tujuan dan memperoleh nilai lebih dari atasan. Mulailah berlatih dalam mendengar masukan dan ambillah tindakan untuk memperbaikinya. Memang benar tidak ada orang yang sempurna, akan tetapi dengan ketidaksempurnaan akan menjadi cambukan bagi pribadi untuk dapat menjadi lebih baik lagi.

  1. Empathy and Sympathy (Empati dan Simpati)

Dalam dunia kerja memiliki sikap empati dan simpati sangatlah penting. Terlebih untuk kamu yang berhubungan dengan konsumen atau customer. Sayangnya saat ini dijaman modern tidak semua memiliki kecakapan dalam berempati. Banyak orang yang mengedepankan materialisme. Jika kamu ingin sukses dalam keberhasilan karir, mulailah untuk peka terhadap lingkungan sekitarmu. Untuk dapat menjadi sukses kamu memerlukan dukungan dari berbagai pihak, tanpa mereka kamu akan mengalami kesulitan. Untuk itu cobalah membangun relasi sebanyak mungkin dengan baik. Latihlah dirimu agar mampu penuh perhatian dalam menghadapi orang lain.

  1. Adaptability Skills (Kemampuan Beradaptasi)

Untuk dapat bertahan, kamu memerlukan kemampuan dalam beradaptasi. Tidak hanya dalam lingkungan kerja, namun juga perlu kemampuan menyesuaikan diri dalam mengatasi masalah dan tantangan. Pada dunia kerja baru, tidak jarang nantinya kamu akan berhadapan dengan teman-teman yang kurang ramah, suasana kantor yang belum nyaman, atasan yang sulit diajak berkomunikasi, dan sebagainya. Kemampuan kamu dalam beradaptasi dengan lingkungan baru akan berpengaruh pada karirmu. Tidak jarang pula kita mendengar orang yang berpindah-pindah dalam bekerja dengan alasan tidak betah, tekanan kerja yang berat, dll. Sesungguhnya akar masalah dari semua itu adalah kurangnya kemampuan mereka dalam beradaptasi dengan pekerjaan. Padahal dimanapun kita berada, akan menjumpai karakter orang yang berbeda-beda serta peraturan yang berbeda. Jadi sebenarnya solusinya terletak dalam pribadi kamu sendiri. Salah satu faktor yang membuat seseorang mengalami kesulitan dalam beradaptasi adalah faktor ego yang terlalu kuat.

  1. Interest in Learning (Memiliki Minat Belajar)

Teruslah berkembang dan milikilah keinginan untuk terus belajar. Hal itu dapat sebagai faktor pendorong untuk kamu maju dan meraih kesuksesan. Dengan mempelajari hal-hal baru, pengetahuan dan keterampilan kamu semakin luas. Membiasakan diri untuk terus belajar mendorong karyawan untuk dapat menguasai keterampilan baru yang juga mendukung pekerjaan. Dengan begitu mereka sekaligus dapat beradaptasi terhadap tantangan dunia kerja.