6 Tips Membakar Semangat Ketika Terpuruk

17

     Pernahkah anda merasa sangat terpuruk ketika tertimpa masalah? Saya yakin semua orang pernah mengalaminya, karena semua orang pasti mempunyai masalah. Banyak dari kita yang seringkali merasa putus asa atas masalah yang kita hadapi, namun banyak juga yang bisa menyelesaikanya dengan baik. Semua itu tergantung dengan cara pandang kita terhadap suatu masalah. Jika kita memandang suatu masalah itu sebagai tantangan maka kita akan segera mencari solusinya, namun apabila kita menganggap masalah sebagai beban hidup yang berat maka seringkali kita akan mudah putus asa.

      Bagaimana sih caranya agar kita bisa bangkit ketita kita sedang tertimpa masalah lebih-lebih ketika kita sedang terpuruk. Untuk lebih jelasnya akan saya bahas satu persatu agar semangat kita bangkit lagi ketika down.

  1. Jangan Mudah Menyerah

Sikap tidak mudah menyerah adalah kemampuan seseorang untuk bangkit dari keterpurukan. Pantang menyerah seringkali dihubungkan dengan putus asa. Ketika anda berada di puncak keterpurukan hingga terus berusaha agar bisa bangkit, hal itulah yang dimaksud dengan pantang menyerah. Jangan mudah putus asa, ketika anda gagal jadikan kegagalanmu untuk motivasi agar anda semakin baik lagi. Ingatlah orang-orang yang menyayangimu seperti kedua orang tuamu, mereka sangat menginginkanmu agar bisa berhasil dikemudian hari. Menyerah hanya untuk orang yang sudah putus asa.

  1. Memotivasi Diri Agar Lebih Baik

Memotivasi diri adalah cara terbaik untuk menghadapi masalah dalam hidup. Sebab akan ada saat dimana kita akan terjebak dengan berbagai macam masalah yang mungkin tidak mengenakan dan bisa saja membuatmu down. Cara terbaik untuk memotivasi diri adalah menghargai diri sendiri. Apabila anda sedang terpuruk dan anda menyalahkan dirimu sendiri itu berarti anda tidak menghargai dirimu sendiri. Coba renungkan apa yang membuatmu jadi seperti ini, kemudian evaluasi dan bangkitlah untuk lebih baik lagi. Yakinlah bahwa anda kuat dan anda bisa menghadapinya.

  1. Semangat untuk Menjadi Lebih Baik

Semangat harus ditanamkan dalam hal-hal positif. Tidak ada usaha yang sia-sia, bahkan jika usahamu hari ini gagal. Setiap kendala pasti selalu ada solusi asalkan anda tetap semangat dan tidak berhenti ketika gagal. Lihatlah Thomas Alfa Edison, ia bahkan mengalami kegagalan sebanyak 999 kali dalam menciptakan bolam lampu namun setelah percobaan yang ke-1000 baru berhasil hingga ia telah mengubah dunia yang tadinya gelap di malam hari menjadi terang benderang seperti yang kita rasakan. Dia tak kenal menyerah dan tetap semangat sebelum berhasil, kegagalan yang ia alami dijadikan sebagai pelajaran.

  1. Berpikir Positif

Berpikir positif merupakan salah satu cara yang digunakan beberapa orang agar dapat menerima kenyataan. Jangan hanya pasrah, berfikirlah positif dan temukan solusi disetiap masalahmu, karena berpikir positif dianggap bisa membawa semangat hidup dan membantu kita berfikir dengan lebih jernih.

  1. Meminta Saran atau Motivasi dari Orang Lain

Anda perlu bercerita apabila masalahmu terlalu berat untuk anda tanggung sendiri agar beban dalam hidup berkurang. Ceritakan kepada orang-orang yang anda percayai dan mintalah saran serta motivasi kepadanya. Siapa tau dengan menceritakan masalahmu bebanmu menjadi berkurang dan anda bisa mendapatkan jalan keluarnya.

  1. Mendekatkan Diri Kepada Tuhan

Saat anda merasa terpuruk ingatlah bahwa selalu ada jalan keluar. Anda masih mempunyai Tuhan untuk bersandar, menceritakan semua keluh kesahmu dan meminta pertolongan-Nya. Percayalah, Tuhan akan selalu bersamamu dan menolongmu dengan cara yang di kehendaki-Nya. Dan yakinlah bahwa Tuhan tidak akan membebani seseorang di luar kemampuannya.

     Sebagai manusia kita harus senantiasa bersemangat dan tidak boleh putus asa. Jika gagal harus dicoba lagi sampai berhasil. Jangan terlalu pasrah dengan keadaan yang membuatmu terpuruk, mari bangkit dan buktikan bahwa anda bisa.