7 Keuntungan Teater Bagi Kehidupan Anda

6

    Teater adalah bentuk seni yang telah membantu manusia dalam mengekspresikan, menemukan, dan memahami diri mereka sendiri. Selain itu teater juga memiliki hubungan dengan dunia selama jutaan tahun, bahkan di peradaban paling awal sekalipun. Saat ini, banyak masyarakat yang mengembangkan kesenian sebagai simbol pelestarian kebudayaan Indonesia. Teater dihadapkan pada tantangan luar biasa dalam masyarakat yang berkembang secara digital saat ini. Nilai hiburan film, televisi dan internet yang murah dan nyaman. Seperti YouTube sekarang bersaing dengan panggung untuk mendapatkan perhatian pemirsa penikmat kesenian. Oleh sebab itu, anda sebagai generasi masa kini harus lebih mengangkat kesenian budaya Indonesia untuk lebih diangkat dan dipublikasikan secara optimal.

     Lalu bagaimana teater bisa memberikan keuntungan bagi masyarakat, khususnya anda sendiri?. Apakah teater masih merupakan seni yang relevan untuk kehidupan masa kini?. Adakah jalan kehidupan dan perilaku yang bisa diterapkan melalui panggung teater ke dalam jalan kehidupan di dunia nyata?. Berikut adalah 7 keuntungan teater yang dapat meningkatkan kesejahteraan hidup anda.

  1. Pembentukan Karakter

Dengan menonton sebuah teater dapat membantu anak-anak dan orang dewasa belajar mengenai segi kehidupan. Selain itu, menonton sebuah teater dapat memasukkan semuanya ke dalam perspektif hidup serta mengekspresikan diri mereka dengan cara yang sehat. Selanjutnya, keterlibatan dalam teater juga telah terbukti dapat meningkatkan keterampilan mendengar dan komunikasi. Serta meningkatkan kepercayaan diri dan konsep diri, yang semuanya akan berkontribusi pada pemberdayaan diri anda.

  1. Berpikir Cepat

Jika anda merupakan pemain teater, maka anda harus siap dengan apa pun yang bisa terjadi saat anda berada di atas panggung teater. Hal ini termasuk salah satu cara agar otak anda selalu bekerja secara efisien dan cepat. Namun, jika anda adalah penonton teater, maka anda dapat berpartisipasi dalam pertunjukan panggung teater dan belajar bagaimana memusatkan perhatian. Selain itu anda juga akan berpikir cepat pada gerakan mereka untuk berimprovisasi pada semua situasi dan alur cerita teater.

  1. Meningkatkan Daya Pemahaman

Kinerja sebuah alur cerita dalam suatu teater dapat membantu anda dalam memahami pekerjaan secara lebih teliti. Teater juga dapat membantu anda dalam mengembangkan pemahaman bahasa dan ekspresi yang lebih baik secara umum. Selain itu, pentas seni ini dapat membantu anda untuk menjaga ketrampilan sosial dan bahasa komunikasi.

  1. Pikiran Menjadi Kreatif

Teater dapat mempromosikan pemikiran anda menjadi kreatif dan anda dapat mengembangkan imajinasi, serta memberi anda kekuatan untuk membuat atau membentuk dunia di sekitar anda. Hal ini dikarenakan bahwa seringkali orang yang kreatif akan menjadi seorang pemimpin atau pengusaha yang dapat berkontribusi untuk perkembangan kehidupan bermasyarakat.

  1. Terbukanya Potensi Diri

Potensi diri merupakan suatu hal yang perlu anda gali lebih dalam. Dengan adanya panggung teater ini anda dapat menggali potensi diri dengan cara melatih pengetahuan anda pada peristiwa sejarah, cerita tentang budaya dan tradisi lain yang memerlukan keberanian anda untuk menguji batas zona kenyamanan anda sendiri. Adanya kontribusi anda terhadap panggung teater, maka hal ini juga akan membangun tingkat rasa hormat anda terhadap berbagai pengalaman atau sudut pandang, karna pasti akan ada banyak perbedaan dalam setiap alur cerita.

  1. Mengetahui Ragam Kepribadian Manusia

Jika anda merupakan pemain teater yang baik, pasti tahu bahwa kunci penggambaran otentik adalah mengetahui karakter yang akan anda perankan. Adanya beragam peran yang anda mainkan, pasti akan ada suatu pengamatan terhadap kepribadian karakter yang anda perankan. Ragam karakter ini bisa anda telaah dan pelajari lebih dalam untuk mengetahui berbagai sifat manusia. Selain itu, anda juga akan memiliki keterampilan bagaimana cara melakukan hubungan sosial yang baik dengan banyak orang.

  1. Unsur Pemersatu

Kapan pun ada pertunjukan teater, maka akan ada banyak orang berkumpul di satu tempat selama beberapa jam untuk memainkan teater ataupun menonton panggung teater. Hal ini adalah aspek yang berharga di era masa kini dimana sebagian besar komunikasi anda hanya terpaku pada gadget meskipun berada dalam satu ruangan yang sama.