7 Tips Menjadi Kutu Buku yang Berkompeten

37

    Membaca buku adalah salah satu hobi terbaik karena selain membantu anda melewatkan waktu, membaca juga dapat membantu anda meningkatkan pengetahuan anda secara signifikan. Semua kutu buku mengalami fase di mana mereka berhasil memadukan kebiasaan membaca dengan aktivitas lainnya. Di sini saya akan memberi anda beberapa tips yang bisa membantu anda menjadi kutu buku yang berkompeten, mari kita simak tips-tipsnya.

  1. Meminjam Buku

Meminjam buku adalah salah satu tips yang bisa anda gunakan dalam mengembangkan sifat kutu buku anda untuk lebih berkompeten. Hal Ini merupakan praktek yang sangat efektif, karena jika anda meminjam buku, tentunya akan ada batas waktu dan ini bisa menjadi motivasi yang hebat. Anda bisa menjaga batas waktu dalam pikiran dan akan menyelesaikan membaca buku tersebut dengan tepat waktu.

  1. Membaca Dimanapun

Simpan buku di tas anda dan bacalah di manapun anda pergi. Ini akan membantu anda melewatkan waktu anda dengan cara yang sangat produktif. Tidak masalah apakah anda bepergian atau sedang istirahat sejenak dalam aktivitas anda yang lain. Ketika anda selalu membawa buku, anda juga akan bisa membaca buku favorit anda dimasa saja. Hal ini memudahkan anda untuk selalu konsisten dalam membaca buku favorit anda sampai selesai.

  1. Bacakan Buku ke Anak Anda

Bagi anda yang sudah berkeluarga dan mempunyai anak, maka membacakan buku ke anak-anak anda merupakan cara yang efektif. Hal ini bisa dengan mudah digambarkan sebagai teknik membaca baru. Anda bisa membacakan buku-buku yang bertema menarik kepada anak anda dan ini akan meningkatkan pengetahuan dan pemahaman anak anda. Anak anda juga akan merasa senang dengan perhatian yang anda lakukan dalam membacakan buku kepadanya. Selain itu, waktu anda untuk membaca buku juga akan semakin bertambah.

  1. Pilih Buku Bacaan Anda dengan Cermat

Hidup ini terlalu singkat untuk membaca buku yang tidak bermanfaat untuk anda. Jadi, pilihlah buku bacaan anda dengan cermat agar bisa menikmati waktu dan menyelesaikan membaca buku anda secara efektif. Jika anda memilih buku yang bagus, maka buku tersebut akan mampu membuat anda menjadi pribadi yang lebih cerdas dari sebelumnya. Dengan bacaan buku yang baik, maka pengetahuan anda juga akan lebih banyak.

  1. Bergabung dengan Komunitas Buku

Komunitas ataupun kumpulan sosial yang bergelut di dunia buku merupakan komunitas yang bisa anda temukan di lingkungan sekitar anda. Komunitas buku ini bisa memberikan anda informasi-informasi mengenai berbagai macam buku yang menarik dan berguna bagi anda. Ketika anda join dengan komunitas pembaca buku ini, maka anda juga semakin bersemangat untuk membaca buku, karena komunitas ini juga akan melakukan aktivitas membaca dimanapun. Hal ini bisa membuat anda merasa lebih dekat dengan kebiasaan anda membaca buku setiap hari.

  1. Berikan Target Membaca Setidaknya 50 Halaman

Berikan target dan waktu setidaknya menghabiskan 50 halaman setiap kali anda mulai membaca. Adanya target ini, maka anda akan merasa lebih mudah untuk melanjutkan ke halaman-halaman berikutnya. Sehingga buku favorit anda juga akan lebih cepat terselesaikan dengan baik.

  1. Merencanakan Kesepakatan dengan Diri Sendiri

Anda juga bisa merencanakan dan membuat kesepakatan dengan diri anda sendiri, yaitu dengan menepati waktu target anda membaca yang anda janjikan terhadap diri sendiri. Hal ini berarti anda harus membuat tenggang waktu dan mencoba menepati janji terhadap diri anda sendiri, serta mampu bertanggung jawab atas apa yang anda targetkan.