7 Trik Cerdas dalam Berbelanja

29

7 Trik Cerdas dalam Berbelanja

Belanja adalah suatu kegiatan untuk mendapatkan/ memperoleh suatu barang atau jasa yang dihargai dengan uang. Belanja biasanya identik dengan kaum perempuan, bahkan banyak perempuan yang memiliki hobi berbelanja. Hal tersebut juga tidak luput dari kodratnya sebagai perempuan yang bertugas mengatur kebutuhan dalam rumah tangga. Minimal dalam sebulan kita akan pergi untuk berbelanja bulanan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Selain itu tidak jarang pula banyak wanita yang sulit untuk mengendalikan diri dalam berbelanja, apalagi dengan banyaknya sale yang ditawarkan oleh tempat perbelanjaan.

Untuk itu kita perlu cerdas dalam berbelanja, sehingga kita tidak larut dalam jebakan sale-sale yang menggoda hati wanita. Berikut ini dapat disimak trik cerdas dalam berbelanja, antara lain:

  1. Buat Daftar Belanja

Sebelum melakukan kegiatan belanja, kamu perlu mencatat secara detail apa saja yang perlu dibeli. Buatlah daftar dengan urutan paling terpenting dulu, kemudian disusul oleh barang-barang kebutuhan lainnya. hal ini sangat bermanfaat untuk dapat menahan diri kita untuk membeli barang-barang di luar kebutuhan. Ada baiknya sebelum berbelanja, kamu membuat daftar menu dalam hari-hari berikutnya, sehingga kamu dapat membuat menu yang akan dimasak pada hari-hari kedepan. Cek juga perlengkapan lainnya seperti perlengkapan mandi, make up, stok barang yang ada di rumah, dsbapakah sudah habis dan perlu ada yang dibeli atau tidak.

  1. Membandingkan Harga

Sebagai ibu rumah tangga yang cerdas, kita perlu membandingkan harga di satu toko dengan toko yang lain. Hal ini bertujuan agar kita bisa mendapatkan barang yang harganya murah.  Rajin-rajinlah membandingkan harga di tukang sayur, minimarket, toko grosir atau supermarket. Bandingkan harga di tempat langganan kamu apakah lebih mudah dengan tempat laim. Apabila lebih murah, janganlah senang dahulu, perhatikan detail kualitasnya. Apakah sesuai dengan harapan atau tidak. Jangan mengorbankan kualitas dengan harga yang sedikit lebih murah.

  1. Memperhatikan Waktu Belanja

Hal ini banyak  dilupakan oleh masyarakat. Memperhatikan waktu yang tepat yang dimaksud yaitu jangan berbelanja ketika sedang lapar. Ketika perut dalam keadaan lapar, maka kita akan mudah tergoda membeli makanan yang disajikan di rak. Pilihlah waktu berbelanja ketika hari minggu, karna banyak penawaran diskon yang menyediakan pada hari minggu. Selain itu dapat juga berbelanja ketika anak-anak sekolah. Hal ini mengurangi kemungkinan membeli segala macam yang mereka inginkan.

  1. Membawa Uang Sesuai dengan Kebutuhan

Setelah kita mencatat barang-barang kebutuhan yang akan dibeli, maka kita akan mengetahui berapa perkiraan biaya yang akan dikeluarkan saat belanja. Maka dari itu bawalah uang secukupnya saja agar kita tidak tergoda untuk berbelanja diluar dari yang kita butuhkan. Bawalah tambahan uang belanja sekitar 10% dari perkiraan jumlah belanjaan.

  1. Mencatat Pengeluaran Belanja

Setiap selesai berbelanja, mintalah struk belanjaan kepada kasir atau menjual tempat berbelanja. Catatlah pengeluaran rutin pengeluaran ketika setelah selesai berbelanja. Dari hal tersebut, kita bisa memperkirakan biaya belanja bulanan berikutnya sekaligus celah untuk melakukan penghematan.

  1. Langsung Pulang Setelah Berbelanja

Jika kamu sudah selesai berbelanja, ada baiknya jangan mampir untuk jalan-jalan atau cuci mata dulu. Sebaiknya kamu langsung pulang, karena dengan berkeliling nantinya kamu malah tertarik dengan barang lain yang seharusnya tidak dibeli.

  1. Disiplin

Jika kamu masih gagal dalam berhemat saat berbelanja padahal sudah membuat daftar belanjaan, hal penting yang perlu kamu ingat adalah disiplin dengan daftar belanjaan. Boleh saja kamu membeli barang diluar daftar belanjaan, akan tetapi pastikan dahulu barang-barang di daftar belanjaan sudah berhasil kamu beli semua dan jika uang belanja masih tersisa.

        Itulah tips-tips cerdas dalam berbelanja. Mungkin sering dari kita menyepelekan hal ini, akan tetapi hal ini akan berpengaruh bagi kondisi keuangan dalam rumah tangga kita. Maka dari itu selamat mencoba trik-trik diatas, cedaslah dalam berbelanja.