Bangkitkan Semangat dengan Bahagia

69

Bangkitkan Semangat dengan Bahagia

     Semangat merupakan aspek yang mendorong kita untuk berperilaku lebih ekstra dari kondisi biasanya. Semangat memberikan nilai positif untuk kita dalam melakukan banyak tindakan yang bersifat membangun diri pribadi. Melalui semangat kita akan terus bergerak maju kedepan dan berupaya menjadikan masa depan yang lebih baik.

     Terkadang rasa semangat muncul seperti angin yang bisa datang dan pergi tanpa pernah kita ketahui sebelumnya. Kita akan memiliki perasaan semangat yang konsisten jika kita membuatnya seperti udara yang terus ada disetiap hembusan nafas kita. Semangat perlu dimunculkan dan dipertahankan secara terus menerus. Sehingga rasa semangat ini mampu menjadi energi positif dalam proses kita menjalani kehidupan ini. Kita dapat selalu menikmati dan memanfaatkan rasa semangat sebagai penunjang kita dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Tidak ada salahnya kita mengawali melakukan hal-hal yang kita senangi. Dari hal-hal yang kita senangi tersebut tentunya akan berdampak positif untuk meningkatkan semangat.

     Banyak orang bertanya dimanakah kebahagiaannya?! Sebenarnya mereka yang tidak sadar, bahwa kebahagiaan mereka berada dalam hati mereka sendiri. Bahagia itu diciptakan, bukan dicari. Mengapa kita sibuk mencari kebahagiaan, sedangkan kita sendirilah yang harus menciptakan kebahagiaan itu. Kebahagiaan muncul ketika kita mampu bersyukur atas apa yang telah kita miliki. Perasaan bahagia seakan terus menerus terpancar dalam kehidupan kita, karna kita mampu membuat hidup lebih berwarna. Warna warni hidup bukanlah melulu tentang rasa bahagia, namun juga rasa sedih. Tinggal bagaimana kita menyikapi bagaimana melewati rasa sedih sebagai sumber kebahagiaan. Kebahagiaan terwujud jika kita mampu berfikir bahwa rasa sedih merupakan sesuatu yang sementara. Setelah ada rasa sedih, pasti akan ada kebahagiaan. Hal ini terjadi karena kabahagiaan dan kesedihan merupakan satu paket.

     Semangat muncul ketika kita memiliki perasaan bahagia. Bahagia muncul ketika kita punya rasa syukur terhadap segala hal. Adanya kebahagiaan maka semangat diri juga akan muncul. Kebahagiaan memicu adanya rasa semangat yang tinggi, hal ini dapat dimanfaatkan ketika kita sedang melakukan rutinitas harian seperti padatnya pekerjaan. Melalui kebahagiaan, maka pekerjaan sebanyak apapun bisa dilalui dengan rasa semangat yang tinggi. Dalam hidup pastilah kita pernah merasakan posisi dimana kita ingin menyerah. Untuk itu, paksa diri untuk mengeluarkan semangat, lakukan hal-hal yang membuat diri merasakan kebahagiaan dalam arti positif. Jika pintu kebahagiaan satu tertutup, maka gali pintu kebahagiaan lainnya. Hal ini dapat kita lakukan jika kita mau memahami dan menikmati indahnya kebahagiaan.

      Bahagia adalah suatu pilihan. Bahagia bukanlah tentang bagaimana kondisi hidup kita saat ini, namun bahagia merupakan bentuk pilihan kita untuk tetap bahagia dalam kondisi apapun. Bahagia dapat memicu tingkat semangat, untuk itu kita harus menggali hal-hal yang membuat diri ini bangkit melalui kebahagiaan. Hal ini dapat dilakukan jika kita selalu fokus pada kebahagiaan, bukan fokus terhadap rasa kecewa ataupun hal yang membuat kita pesimis. Semangat ada pada keyakinan diri kita sendiri. Jika kita mampu meyakini bahwa semangat itu muncul atas diri pribadi kita yang menciptakan, maka dari situlah kita akan menyakini seberapa besar capaian kita dalam menaklukkan rasa pesimis.

   Bahagia merupakan bentuk rasa syukur yang sudah sepantasnya kita miliki dalam menanggapi kehidupan ini. Melalui rasa syukur, maka bukan kitalah yang akan mengejar kebahagiaan, tapi kebahagiaanlah yang akan mengejar kita. Ketika kita memiliki ratusan alasan untuk bersedih, tunjukkan bahwa kita juga memiliki ribuan alasan untuk selalu bahagia. Semangaaaat!!!