Berat Badan Ideal? Harus Punya Dong

19

     Pada artikel kali ini saya akan berbagi tentang bagaimana cara membentuk berat badan secara ideal atau dengan kata lain menurunkan berat badan. Seseorang yang memiliki berat badan tidak ideal sangatlah mengganggu aktivitas dan bahkan ada yang merasa tidak percaya diri walaupun badan gemuk itu jg tidak jelek. Tapi disini saya hanya mengajak kawan-kawan yang sedang menjalani diet atau memiliki program menurunkan berat badan untuk sama-sama hidup lebih sehat. Hal ini tidak bisa dipungkiri bahwa kelebihan berat badan akan mempengaruhi kesehatan badan kita. Adapun beberapa hal yang perlu dilakukan dalam program penurunan berat badan, antara lain:

1. Atur Pola Makan

Contohnya adalah jika anda biasa makan sehari 5x sehari, lakukan perubahan pola makan anda menjadi 3x sehari. Kalau saat ini anda sudah 3x sehari tetapi tetap overweight maka rubah menjadi 2x sehari tanpa makan malam. Namun jika anda saat ini sudah makan 2x sehari dan masih gemuk maka anda perlu mengurangi karbohidrat yang ada pada makanan anda setiap porsinya, gantilah karbohidrat itu dengan buah atau tambahan sayuran dalam hitungan detail kandungan gizi atau kebutuhan gizi kita harian. Jika anda ingin mengetahuinya bisa konsultasi dengan dokter yang ahli dibidang gizi.

  1. Perbanyak Minum Air Putih

Air putih merupakan air yang wajib dikonsumsi setiap orang sepanjang hidupnya. Air putih merupakan kebutuhan pokok manusia dalam kehidupan sehari-hari. Kebutuhan akan air putih dalam tubuh seseorang tidak bisa terlepas begitu saja, karena tubuh memerlukan asupan air putih dalam metabolismenya. Oleh sebab itu, perbanyaklah minum air putih, minimal 8 gelas sehari untuk menjaga agar tubuh tidak kekurangan cairan dan berat badan pun tetap ideal.

  1. Jangan Makan Gorengan

Gorengan merupakan cemilan yang enak untuk dikonsumsi, apalagi kalau disajikan dalam keadaan panas (setelah digoreng). Namun gorengan merupakan makanan yang tinggi akan kolesterol. Untuk itu dalam menjaga berat badan agar tetap ideal, kurangilah makan gorengan.

  1. Lakukan Olahraga Rutin

Olahraga yang saya anjurkan adalah Jogging dan renang, Saya akan membuatkan jadwal yang bisa anda lakukan. Dalam satu minggu anda bisa memilih hari untuk istirahat tanpa olahraga berat 2 hari, jadi anda bisa mengacak jadwal yang saya berikan sesuai waktu luang anda. Saya akan memberikan contoh jadwal olahraga dengan libur hari Senin dan Jum’at.

Minggu : Jogging pagi selama 30-60 menit, lalu lakukan pemanasan ringan seperti olahraga pada umumnya, selanjutnya lakukan push up dan sit up;

Senin : (libur);

Selasa : Jogging siang hari (minimal 2 jam) pukul 13:00-15:00 pakai jaket parasit fungsinya untuk membakar lemak, jangan lupa bawa minuman agar tidak dehidrasi;

Rabu : Jogging sekitar 60 menit, setelah itu pemanasan lalu renang;

Kamis : Jogging sore dari pukul 15:00-17:00 jangan lupa pemanasan terlebih dahulu;

Jum’at : (libur); Sabtu : Jogging siang dari pukul 13:00-15:00 (minimal 2 jam).

Kira-kira seperti inilah jadwal yang dapat dilakukan untuk menjaga berat badan dan kemampuan fisik tetap prima, selain berat badan berkurang dengan alami, jadwal diatas akan membuat jantung anda lebih sehat dan kuat.

  1. Refleksi

Refleksi merupakan kegiatan yang menguntungkan dan bermanfaat bagi tubuh disaat-saat anda merasakan capek akibat aktiviatas harian. Dengan kegiatan anda yang padat maka anda juga harus menjaga tubuh anda agar tetap bugar dengan rutin refleksi paling lama 1x dalam sebulan.

  1. Ikuti Acara Run Marathon yang Sering Diadakan di Kota-Kota Besar untuk Selingan

Tidak ada salahnya mengikuti kegiatan run marathon yang biasa diadakan di kota-kota besar di Indonesia. Selain untuk mengisi kekosongan waktu luang anda, hal ini juga bermanfaat bagi tubuh untuk memperoleh berat badan yang ideal.

  1. Sewa Personal Trainer Martial Arts

Personal trainer dapat kita butuhkan ketika kita ingin melakukan latihan secara pribadi dan lebih fokus. Hal ini difungsikan agar lebih bervariasi dan menghindari kebosanan, atau anda bisa mengikuti latihan di sasana atau tempat latihan silat.

     Bagi anda yang sedang menjalani diet, disarankan untuk konsultasi kepada pakar gizi agar tidak membahayakan diri anda.