Berbisnis Di Usia Muda, Kenapa Tidak?

114

Bisnis merupakan kegiatan usaha menjual barang atau jasa yang dilakukan individual, sekelompok orang atau organisasi tertentu, dengan tujuan utama memperoleh keuntungan (laba).  Ada 3 (tiga)  bentuk bisnis, yaitu:

  1. Mencari bahan mentah (acquiring raw material)
  2. Mengubah bahan mentah menjadi barang jadi (manufacturing raw material into product)
  3. Menyalurkan barang yang telah jadi ketangan konsumen (distributing product to consumers)

berbisnis-di-usia-muda

Tidak ada kata terlalu muda untuk memulai usaha. Apabila sudah memiliki niat dan kompetensi mengapa tidak memulai usaha. Banyak contoh pengusaha yang tergolong masih  muda yang sukses. Dari contoh tersebut, mengapa tidak memulai untuk membuat usaha, paling tidak sudah mencoba sejak dini. Terlebih pada zaman sekarang ini yang “sulit” mencari pekerjaan. Tidak ada salahnya kita membuat usaha dan menciptakan lapangan usaha bagi orang lain. Tidak perlu takut dan khawatir mengenai modal, karena kita bisa memulai bisnis dengan modal yang kecil. Meskipun demikian, usaha yang dijalankan dengan sungguh-sungguh akan menghasilkan untung yang lumayan. Dalam memulai usaha, perlu langkah-langkah  yang perlu diperhatikan antara lain:

  1. Lakukan yang anda sukai

Pilihlah usaha atau bisnis yang anda sukai. Dengan melakukan pekerjaan yang anda sukai, pekerjaan yang anda lakukan bukan sebagai beban. Disamping itu anda juga tidak akan cepat bosan dengan pekerjaan yang sedang anda tekuni karena anda menyukainya. Hal yang anda sukai bisa jadi hobi anda. Sudah banyak pula orang yang sukses dengan penghasilan besar berawal dari hoby.

  1. Berpikir lebih luas tentang bisnis

Setelah anda memilih usaha atau pekerjaan yang anda sukai. Pikirkan untuk mengembangkan bisnis tersebut. Langkah yang besar dimulai dari langkah kecil. Teruslah mencari informasi dan belajar untuk dapat mengembangkan usaha tersebut.

  1. Berpikir dan berkata positif

Biasakan untuk berpikir dan berkata positif. Berpikir dan berkata positif merupakan langkah awal baik untuk memulai usaha. Dengan demikian, kita dapat menghadapi masalah dan menyelesaikan dengan lebih bijak.

  1. Pandai mengambil peluang dan kesempatan didepan mata

Peluang adalah kesempatan baik dan menguntungkan sebuah bisnis. Perhatikan lingkungan sekitar, maka anda akan tau kebutuhan yang sedang dicari untuk pemenuhan kebutuhan seseorang. Apabila kita jeli melihat peluang pasti ada kebutuhan di lingkungan tersebut. Peluang sebenarnya ada dimana-mana bila kita mau berusaha untuk mengejar peluang itu sampai tercapai

  1. Bergaulah dengan orang yang berpengalaman

Ada baiknya bertemanlah dengan pengusaha disekitar kamu. Belajarlah tentang bisnis kepada mereka, dengan begitu anda tau bagaimana resiko dan tantangan dalam berbisnis.

  1. Pandailah memanfatkan sosial media pada dunia maya

Media sosial saat ini menjadi media terfavorit bagi sebagian besar orang. Dari kalangan bawah hingga atas sangat gemar menggunakannya. Untuk itu sangat disayangkan apabila tidak memanfaatkannya sebagai sarana produktifitas anda. Anda dapat membuat citra serta reputasi baik produk anda lewat media sosial. Hal yang dapat anda manfaatkan lewat media sosial antara lain:

  1. Sebagai sarana promosi produk anda
  2. Sebagai sarana promosi diri anda
  3. Sebagai sarana komunikasi kepada pengguna jejaring sosial lainnya
  1. Menjadi orang kreatif

Kreatifitas dalam bisnis sangat penting. Tidak lain adalah bagaimana kita mampu menampilkan sesuatu yang dapat menarik perhatian orang dan membuat sesuatu menjadi efisien serta sesuatu ide yang baru (fress).

  1. Keberanian diri

Keberanian diri atau keberanian nyali adalah masalah yang sering dihadapi oleh banyak pengusaha. Jangan pernah membandingkan diri sendiri dengan pengusaha lain yang telah lebih dulu sukses dan menghasilkan pemasukan jauh lebih banyak daripada anda. Hal tersebut dapat mempengaruhi nyali anda dan merasa rendah diri. Yang anda perlukan adalah percaya diri dengan kemampuan anda dan lakukan apa yang ada dapat lakukan pada hari ini. Jangan membuang waktu, dan mulailah.