Buah Naga Merah Sebagai Pilihan Pemenuhan Nutrisi Tubuh

65

Buah Naga Merah Sebagai Pilihan Pemenuhan Nutrisi Tubuh

        Siapa yang tidak mengenal buah naga. Tampilan yang sangat unik dengan kulit berwarna merah serta menyerupai bentuk api menyala. Rasa yang manis, kandungan air yang menyegarkan dan memiliki kenikmatan saat dijadikan bahan campuran minuman dingin. Selain itu buah naga juga memiliki banyak kandungan manfaat untuk kesehatan.

Buah Naga Merah

    Dilihat dari latar belakangnya, buah naga ini pertama kali ditemukan di Amerika Tengah, Kota Meksiko. Tanaman ini berkerabat dengan jenis tanaman kaktus dari marga selenicereus dan hylocereus. Saat ini buah naga telah banyak dibudidayakan diberbagai negara seperti Indonesia, Australia, Malaysia, Filipina, Vietnam, dan Tiongkok. Nama naga atau “dragon” diambil dari kepercayaan oarang vietnam yang menganggap buah ini sangat diberkahi dan meletakkan buah ini diantara dua patung naga.

     Buah naga sangat baik dikonsumsi secara rutin oleh semua kalangan usia. Berbagai nutrisi yang dikandung buah ini bagus untuk kesehatan bayi, balita, anak-anak, hingga orang dewasa dan orang tua. Kandungan di dalamnya terbukti mampu memperkuat sistem imunitas tubuh. Buah naga juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Lebih detailnya berikut ini pembahasan mengenai macam-macam manfaat buah naga bagi tubuh:

  1. Menjaga Kesehatan dan Stamina Tubuh

Buah naga memiliki kandungan antioksidan dan vitamin sehingga dapat memberikan manfaat dalam menjaga stamina tubuh. Hal ini penting guna menangkal radikal bebas dan lebih tahan terhadap penyakit.

  1. Menstabilkan Tekanan Darah Tinggi

Buah naga memiliki kandungan vitamin B3. Kandungan ini sangat baik untuk dikonsumsi bagi penderita darah tinggi. Banyak dokter yang menyarankan untuk memperbanyak mengkonsumsi buah ini bagi penderita penyakit tersebut.

  1. Membantu Penyembuhan Diabetes

Buah naga memiliki rasa manis yang tidak berasal dari glukosa, sehingga aman untuk penderita penyakit diabetes. Kandungan serat selama ini lebih dikenal untuk melancarkan pencernaan, padahal terdapat fungsi lainnya sebagai pengatur dan mengontrol kadar gula darah. Kandungan vitamin B3 yang cukup banyak dapat membantu mengatasi penyakit diabetes, terutama tipe 1 dan 2 yang merupakan tipe diabetes paling sering terjadi.

  1. Membantu Mengurangi Berat Badan

Dengan rutin mengkonsumsi buah ini yang kaya akan serat dan rendah kalori, dapat menjadi upaya dalam menurunkan berat badan (diet). Buah naga dapat menjadi alternatif pilihan yang baik bagi anda yang sedang menjalani program diet.

  1. Melancarkan Pencernakan

Buah naga memiliki kandungan air dan serat yang cukup tinggi di dalamnya, sehingga membantu dalam melancarkan pencernakan.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh

Kandungan B3 dalam buah naga merah membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Kolesterol seperti yang kita ketahui apabila dibiarkan tinggi sangat berbahaya, dapat menimbulkan penyakit-penyakit lainnya seperti jantung koroner dan stroke.

  1. Membantu Penyembuhan Penyakit Kanker

Kandungan vitamin kompleksnya sangat bermanfaat bagi proses terapi penyembuhan kanker. Banyak ahli yang merekomendasikan untuk mengkonsumsi buah ini.

  1. Meredakan Penyakit Asma

Kandungan B3 di dalamnya mampu meredakan penyakit asma. Bagi penderita asma sangat dianjurkan mengkonsumsi buah ini.

  1. Mencegah Osteoporosis

Buah naga mengandung kalsium organik yang baik untuk tulang. Mengkonsumsi buah naga merah sangat baik untuk mencegah penyakit pengeroposan tulang.

  1. Perawatan Tubuh

Kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada buah naga merah mampun menjaga kesehatan tubuh terutama kulit. Saat ini banyak yang memanfaatkan sebagai bahan dasar perawatan tubuh seperti diolah kembali menjadi krim lulur dan lain sebagainya. Buah naga merupakan pilihan tepat untuk pemenuhan kebutuhan tubuh akan nutrisi. Untuk itu jangan segan-segan untuk mengkonsumsi buah naga merah yang ternyata memiliki banyak khasiat dan manfaat bagi tubuh.