Daya Kreatifitas yang Terstruktur dan Kuat

3

         Bagi anda yang setelah sekian lama tidak aktif dalam berbagai pekerjaan, maka diperlukan kembali daya kreatif yang sempat terhenti. Hal ini didapat dengan mendapatkan kembali kendali atas kehidupan kreatif anda, seperti menghasilkan beberapa konten hasil karya anda. Selain itu, di masa sekarang sangatlah mudah untuk membagikan karya hasil kreatifitas anda, seperti kekuatan media sosial, youTube dan akses lainnya. Tentu, hal ini bisa menjadi sumber inspirasi yang hebat dalam mengembangkan daya kreatif anda. Solusi terbaik dari semua hal itu adalah menghidupkan kembali cinta kita terhadap pekerjaan.

           Selama anda tidak aktif dalam pekerjaan, pastinya anda akan merasakan gejala hidup tanpa tujuan, kurang fokus, cemas karena tidak tahu apa yang akan dilakukan, merasa tidak berguna dan bingung. Sebenarnya setiap orang memiliki strategi dalam hidupnya, hanya saja kurang untuk digali. Proses berkembang, menilai dan mengenal diri kita sendiri harus terus berlanjut. Di situlah letak kebenaran pemberdayaan diri kita. Ketika pemberdayaan diri kita asah dengan baik, maka muncullah struktur kreatifitas. Struktur kreatifitas kita akan terbentuk sepanjang hari, minggu, bulan dan tahun. Intinya adalah untuk memanfaatkan kekuatan kreatifitas diri. Hal ini tidaklah terjadi secara kebetulan, tapi memerlukan proses membangun, merobohkan, dan membangun kembali jenis daya kreatif dan kekuatan yang kita inginkan. Adapun beberapa kunci kuat untuk membuka daya kreatifitas anda:

  1. Kekuatan tujuan: memiliki niat yang jelas sesuai dengan kebutuhan hidup dan hari anda, serta memiliki target untuk berkomitmen dan bekerja.
  2. Kekuatan kemajuan: menetapkan tujuan ukuran target sehari-hari yang bisa dicapai untuk diri sendiri dan melacak tujuan tersebut. Hal ini akan meningkatkan kepercayaan diri anda dan tetap menjaga kualitas diri.
  3. Kekuatan pengetahuan: memiliki ukuran kendali atas hari anda, baik dalam bentuk rutinitas sederhana maupun komplek. Hal ini berfungsi untuk menjaga rasa kontrol anda atas beberapa aspek kehidupan anda. Kekuatan ini juga membuka pintu menuju pengetahuan diri yang lebih besar yaitu melalui evaluasi ulang terhadap kemajuan dan tujuan kita.
  4. Kekuatan satu hari: anda harus memikirkan kembali kerangka waktu 24 jam yang anda miliki, yaitu dengan manajemen waktu secara bijak.

       Mulailah menulis jam kerja dan tugas yang harus dilakukan pada setiap harinya. Susun jadwal untuk jam-jam yang paling produktif dalam aktivitas anda, seperti menulis atau belajar sesuatu yang baru. Kreatifitas seseorang akan terlihat jika dia yakin terhadap kekuatan diri sendiri. Dengan meluangkan waktu untuk melakukan pemberdayaan diri, mengembangkan jadwal dan melakukan penilaian anda sendiri, maka anda akan memperoleh hasil secara maksimal dalam mengembangkan daya kreatifitas yang dimiliki. Setiap harinya anda akan menemukan cara baru untuk mengenal diri anda anda, apa tujuan anda, serta apa yang memberi makna pada hidup anda.

       Ketika hari-hari anda sudah dipenuhi dengan pekerjaan dan rutinitas jadwal yang anda punya, maka terbentuklah suatu tanggung jawab yang muncul dari dalam diri anda. Anda akan memiliki kontrol dan wewenang atas tanggung jawab yang anda miliki. Selain itu, anda juga akan memiliki kendali penuh atas diri anda. Saat anda mulai bisa mengatur kembali ritme kerja dan berhasil menyelesaikan tujuan anda, maka kreatifitas hidup anda akan terus meningkat. Kepercayaan diri anda pun juga semakin baik dalam manajemen waktu sehari-hari. Hal terpenting yang tidak boleh ketinggalan adalah tetap bersyukur dan tetap semangat.