Ide Kreatif Memangkas Biaya Pernikahan

41

Ide Kreatif Memangkas Biaya Pernikahan

        Suatu pernikahan merupakan momen penting dalam kehidupan seseorang. Hal ini merupakan suatu titik penting dalam sejarah kehidupan yang paling dinantikan. Pada kesempatan tersebut, hubungan yang diharapkan dapat memberi kebahagiaan di masa depan akhirnya dapat diresmikan. Akan tetapi banyak pula biaya pernikahan yang minim sering kali menjadi permasalahan bagi beberapa pasangan yang akan menggelar hari besar mereka tersebut. Tidak sedikit pula yang akhirnya memutuskan untuk berhutang atau pinjam bank untuk membiayai pesta pernikahan yang diinginkan. Berikut ini ide-ide kreatif yang dapat memangkas biaya pernikahan, sehingga dapat meringankan biaya pernikahan.

  1. Membuat Pos Pengeluaran

Ide Kreatif Memangkas Biaya Pernikahan_1

Sebelum kamu mengadakan pesta pernikahan, buatlah dahulu beberapa pos pengeluaran untuk mengalokasikan dana secara tepat. Hal ini bertujuan agar pengeluaranmu tidak melebihi budget yang telah kamu persiapkan. Biasanya pengeluaran terbesar adalah untuk keperluan hidangan (catering), karena hidangan merupakan fokus utama dari tamu undangan yang hadir. Dan yang kedua berikan kesan yang baik pada tamu undangan yang hadir dengan memberikan kesan mewah pada dekorasi.

  1. Cerdas Dalam Membagi Undangan

Ide Kreatif Memangkas Biaya Pernikahan_2

Untuk menghemat biaya pernikahan, ada baiknya kamu membagi para tamu menjadi 2 kategori yaitu penerima undangan fisik dan undangan online. Untuk tamu penerima undangan fisik yaitu orang-orang yang menjadi prioritas karena kedekatan denganmu ataupun keluarga, serta mereka yang tidak berselancar di media sosial. Pilihlah desain undangan yang tidak terlalu mahal namun tetap unik. Misalnya desain aplop dengan tema vintage, dsb. Jangan lupa manfaatkan media sosial seperti facebook, instagram, atau bahkan path untuk menyebar undangan pernikahanmu kepada teman-temanmu dengan men-tag calon tamu-tamumu. Dengan cara ini kamu bisa memangkas pengeluaran budget untuk undangan pernikahanmu karna kamu tak perlu mengeluarkan banyak uang untuk hal ini.

  1. Mencari Paket Gedung

Ide Kreatif Memangkas Biaya Pernikahan_3

Keperluan selanjutnya adalah persewaan gedung. Kamu dan pasangan perlu rajin-rajin mencari informasi harga di beberapa gedung pernikahan. Ada baiknya untuk menghemat anggaran jangan memilih sewa ballroom hotel bintang lima karena jelas akan menguras pengeluaran. Carilah gedung yang memang biasa untuk persewaan pernikahan, karena biasanya sudah sekalian persewaan sound system dan AC. Untuk menampilkan kesan mewah pada ruangan itu tergantung pada dekorasi meskipun bukan hotel bintang lima. Cara lainnya yaitu kamu bisa menggunakan halaman rumah/ kebun/ lapangan apabila memungkinkan dengan sedikit kreatifitas. Dengan pesta di luar ruangan ini, kamu bisa menghemat anggaran untuk sewa gedung. Untuk urusan dekor kamu dapat bekerjasama dengan anak jurusan seni ataupun teman-teman kamu yang hobi menghias kamar. Pesta diluar ruangan tak perlu dekor yang heboh, cukup properti yang unik. Dijamin tamu yang datang akan mengenangnya.

  1. Hidangan

Ide Kreatif Memangkas Biaya Pernikahan_4

Tidak dapat dipungkiri bahwa fokus para tamu undangan yang datang berada pada hidangannya. Mintalah referensi dari rekan dan keluarga pada beberapa nama catering. Pilihlah nama catering yang sudah terkenal akan kualitas rasa yang tidak mengecewakan. Rajin-rajinlah mencari dan survei pada beberapa catering untuk membandingkan rasa dan harga. Sesuaikan dengan budget anggaranmu dengan mendapatkan kesepakatan yang terbaik. Yang tidak kalah penting dalam hal makanan adalah perencanaan tamu undangan yang akan hadir. Bila kamu dapat memprediksikan banyaknya tamu undangan yang hadir, pesanlah minimal dua kali dari jumlah undangan yang tersebar.

  1. Gaun Pernikahan

Ide Kreatif Memangkas Biaya Pernikahan_5

Akali biaya pernikahan yang minim dengan menyewa gaun pernikahan atau menggunakan barang yang diwariskan dari keluarga. Menghemat anggaran memang harus dengan berbagai kreatifitas. Daripada mengeluarkan biaya untuk membeli gaun pengantin yang akan dipakai hanya sekali seumur hidup lebih baik menggunakan jasa persewaan gaun pengantin ataupun memakai baju pengantin yang diwariskan dari keluarga.

  1. Jasa Penghibur

Ide Kreatif Memangkas Biaya Pernikahan_6

Acara pernikahan akan terasa sepi dan kurang hidup tanpa adanya hiburan. Banyak pasangan yang menggunakan jasa penghibur dari luar. Daripada untuk membayar orang  dalam membawakan acara serta membangun suasana yang meriah, akan lebih baik anda menggunakan jasa teman ataupun keluarga. Mintalah teman-teman anda yang terkenal pandai berbicara dan ramah untuk membangun suasana menjadi lebih meriah. Selain dapat menyalurkan hobi mereka, juga dapat menghemat pengeluaran untuk keperluan hiburan.

TINGGALKAN KOMENTAR