Inilah 5 Manfaat Kesenian untuk Kehidupan

29

       Kesenian merupakan sesuatu yan menarik untuk kita ketahui. Efek seni dapat mendalam pada pikiran dan tubuh. Kita sering bertanya-tanya apa tujuan seni itu, mengapa ada orang yang ingin menghabiskan uang mereka dengan susah payah di museum? Pasti ada beberapa alasan mengapa seseorang berevolusi untuk menghargai seni. Hal ini menunjukkan bahwa kesenian memiliki dampak secara aktif menjadi kreatif. Selain itu kesenian memiliki sejumlah manfaat kesehatan serta secara keseluruhan meningkatkan kualitas hidup seseorang. Sebenarnya bukti ini menunjukkan bahwa komunitas terkuat adalah komunitas yang mendukung seniman lokal. Seniman lokal terlibat dalam seni, entah itu seni visual, musik, tarian, atau seni lainnya. Hal ini juga sangat penting bagi kesejahteraan masyarakat lokal. Inilah 5 manfaat positif kesenian terhadap kehidupan kita sehari-hari.

  1. Mengurangi Stres

Kadang kita merasakan stres akibat aktivitas kita sehari-hari yang padat. Penting bagi kita untuk beristirahat sejenak dan meminimalisir jadwal yang padat yang menjadikan kita mudah mengalami stres serta dapat memberika dampak negatif pada kesehatan kita. Cara terbaik untuk memecah rutinitas pada kita adalah dengan berinteraksi terhadap beberapa jenis kesenian ke dalam hari-hari kita. Banyak studi yang menunjukkan bahwa istirahat sejenak selama sepuluh menit setelah beberapa jam kita bekerja dapat mengurangi tingkat stres yang berlebihan. Adanya kesenian yang menarik, dapat membawa kita ke dunia seni yang bermanfaat untuk mengurangi rasa jenuh dan stres. Melihat, membuat, mengamati, ataupun menciptakan kesenian dapat membuat pikiran kita menjadi lebih kreatif dan tenang. Karena kita akan teralihkan sejenak untuk beristirahat dari padatnya rutinitas.

  1. Memperbaiki Fungsi Kognitif/ Mencegah Alzheimer

Daya kerja otak telah meningkat secara eksponensial untuk masa sekarang. Satu hal yang perlu diketahui adalah konsep neuroplastisitas yaitu kemampuan otak untuk membentuk kembali dirinya sendiri dan membentuk koneksi neuron baru saat kita menyerap informasi baru. Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan neuroplastisitas adalah dengan berpikir kreatif dan menggunakan berbagai cara berfikir yang lebih baik untuk melakukannya, seperti berlatih instrumen, melukis gambar, atau belajar gerakan tarian baru. Neuroplastisitas telah terbukti secara aktif mencegah degenerasi sel otak yang menyebabkan alzheimer, demensia, dan penyakit kognitif lainnya. Oleh sebab itu, bentuk kesenian-kesenian tersebut perlu dimanfaatkan dan dilakukan untuk membentuk otak kita agar lebih aktif.

  1. Meningkatkan Mood

Kita semua pasti akan merasa bangga terhadap sesuatu yang berhasil kita kerjakan atau ciptakan sendiri, misalnya membuat suatu kerajinan sederhana yang tergolong sebagai karya seni. Melalui kesenian, kita dapat mengolah karya seni yang kita miliki untuk menghasilkan nuansa kesenian yang unik. Banyak dari kita yang sering mengalami penurunan mood karna aktivitas pekerjaan yang cenderung monoton dan padat. Untuk mengembalikan dan meningkatkan mood, manfaat kesenian bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi kita. Terapi seni telah menunjukkan hasil yang luar biasa dalam meningkatkan mood dan perilaku.

  1. Rehabilitasi Fisik

Banyak profesional mulai melihat manfaat kesenian di bidang medis. Padahal sebelumnya, kesenian dipandang sebagai obat alternatif, kini orang menyadari bukti ilmiah dan nyata di baliknya dan terbukti bahwa kesenian berhasil membantu merehabilitasi fisik seseorang. Secara keseluruhan, ketika kesenian ditambahkan ke dalam program rehabilitasi untuk para pecandu obat terlarang dan pemulihan fisik, para dokter menggunakan kesenian untuk melakukan program pemulihan terhadap gejala sakit mental, kegelisahan dan ketidaknyamanan.

  1. Tingkatkan Pengobatan Kanker

Terapi kesenian dapat menunjukkan manfaat positif yaitu secara signifikan dapat mengurangi tekanan dan meningkatkan kinerja pengobatan pada pasien kanker. Kesenian juga berfungsi sebagai salah satu obat depresi dan kelelahan untuk para pasien kanker selama kemoterapi. Adanya terapi kesenian, terutama dalam kelompok penderita kanker, kesenian dapat memiliki dampak besar pada kualitas hidup pasien, serta dapat membuat pasien lebih nyaman dalam melakukan proses pengobatan.

      Kesenian memiliki dampak nyata dan terukur terhadap kehidupan masyarakat. Memasukkannya ke dalam perawatan dan terapi adalah cara yang bagus untuk mengurangi gejala sakit mental dan fisik untuk mendapatkan hasil yang positif. Kesenian juga bermanfaat untuk pemecah rutinitas sehari-hari yang terlalu monoton dalam kehidupan kita dan akan meningkatkan kebahagiaan kita dengan berkurangnya rasa stres yang timbul dari diri kita.