Inilah Aspek Penting untuk Suatu Hubungan yang Harmonis

35

       Terkadang kita dibutakan oleh terlalu banyak cinta sehingga kita gagal menilai pilihan kita. Sering kali akhirnya kita menemukan pria/ wanita yang salah dalam hidup kita yang seharusnya bisa menemani untuk menghabiskan hidup bersama. Kadang kita menghabiskan terlalu banyak waktu dalam hubungan yang sia-sia sehingga ketika gagal, ini lebih menyakitkan daripada yang bisa kita bayangkan. Tidak ada istilah hubungan yang sempurna. Kita perlu menerima bahwa konflik dalam suatu hubungan itu normal. Ketidaksepakatan pasti akan terjadi. Kepercayaan dan komitmen semakin dalam saat anda melewati badai bersama dan mampu bertahan. Untuk mengatasi hal ini, kita perlu matang secara emosional.

       Kebahagiaan kita sebenarnya berada di dalam diri kita sendiri, bukan dalam hal hubungan, pekerjaan, atau keadaan lainnya. Ini adalah pilihan kita untuk bangun kebahagiaan setiap harinya, tidak peduli situasi yang kita hadapi bahkan setelah perpisahan yang menghancurkan. Jangan lagi menjalin hubungan sampai anda bisa belajar bahagia dengan diri anda terlebih dulu. Banyak hubungan yang berakhir dari sikap diam daripada keterbukaan. Sikap diam terkadang menyebabkan hubungan menjadi tak harmonis. Bahkan jika anda sudah terluka di dalam, anda masih berpura-pura bahwa semuanya baik-baik saja. Saya tidak mengatakan bahwa itu salah, tapi mengapa kita tidak memilih jalur yang terbuka, beranilah melakukan komunikasi mengenai keterbukaan apa yang sedang anda rasakan terhadap pasangan.

      Bila hubungan anda dalam masa kritis, wajarlah untuk mendengarkan apa kata hati anda. Hati anda tidak akan pernah mengecewakan anda, jadi belajarlah untuk mendengarkan dan merenungkan konsekuensi dari ketidaktegasan atau ketegasan anda sendiri. Sabar dan realistis jika anda bertujuan untuk hubungan jangka panjang, anda perlu berkomitmen terhadap kesejahteraan emosional pasangan anda, bahkan bila itu sulit. Hal ini akan melatih untuk saling berbagi kasih sayang dengan pasangan anda, melalui masa-masa baik dan buruk. Jadilah romantis karena hubungan asmara sangat penting untuk memiliki beberapa waktu berkualitas bersama. Suntikkan sedikit keromantisan terhadap beberapa hal yang anda lakukan dan beberapa tempat saat anda pergi dan menyelesaikan perselisihan dengan damai. Meminta maaf dan memaafkan kesalahan perlu dilakukan satu sama lain. Pelajarilah pembicaraan melalui ketidaksepakatan sampai masalah teratasi dan anda berdua merasa nyaman untuk terus maju.

       Setelah beberapa tahun menjalin hubungan, tetaplah melakukan kesetiaan dan kepercayaan terhadap pasangan. Hal ini berarti bahwa cinta anda telah matang. Tetapkan kepercayaan pada semua tingkatan aspek. Saling percaya didirikan berdasarkan rasa hormat dan kesetiaan satu sama lain. Berusahalah untuk mengerti dan menghargai apa pun perbedaan yang terjadi. Bagikan dan klarifikasi perspektif anda yang berbeda dan cobalah untuk berempati dengan sudut pandang masing-masing. Saling mendukung adalah kunci kebersamaan. Bisa bersama-sama melalui masa-masa baik, bahagia, sedih dan buruk sekalipun. Jadilah seseorang yang siap sedia saat pasangan anda membutuhkan bantuan anda.

       Ingatlah bahwa setiap orang, pasangan dan hubungan memiliki jalan yang berbeda. Jangan bandingkan hubungan anda dengan orang lain. Setiap pasangan membuat standar cinta mereka sendiri, kesepakatan cinta, kebiasaan cinta, rutinitas cinta dan sebagainya. Fokus saja terhadap sesuatu yang membuat hubungan anda semakin berkualitas. Berkomunikasilah secara efektif, hal ini penting untuk dilakukan dalam suatu hubungan. Lakukan upaya terus-menerus untuk menjaga hubungan anda. Bekerja keras untuk mempertahankannya secara positif, optimis dan sehat. Jangan saling mengeluhkan sikap pasangan kepada orang lain, hal ini hanya menimbulkan ketegangan antara anda dan kemungkinan besar akan menciptakan lebih banyak masalah daripada yang akan dipecahkan. Hal terbaik yang dilakukan adalah saling memberi kesempatan untuk berbicara. Dengan kata lain, anda mau mendengarkan apa yang pasangan anda katakan dan menanggapi dengan perasaan positif anda saat mendengarkannya.

       Selain itu, perlu adanya kebiasaan saling jujur terhadap pasangan. Jujurlah satu sama lain, karena suatu hubungan intim yang benar-benar baik juga membutuhkan komunikasi terbuka dan jujur. Jika anda tidak setuju dengan sesuatu karena mungkin ada pilihan lain, maka anda harus bisa jujur mengatakannya, sehingga dapat dicari solusi terbaik untuk mengatasi adanya perbedaan. Hubungan asmara ibaratnya seperti suatu pekerjaan yang sedang dikerjakan. Oleh sebab itu, anda juga harus mampu berbagi aspek emosional, mental, fisik dan spiritual dalam hidup anda.