Inilah Manfaat Bermain Outdoor untuk Anak-Anak

3

     Tumbuh kembang anak dapat didasari atas aktivitas yang dilakukannya. Apakah anda khawatir dengan anak kesayangan anda dan takut jika anak anda mengalami kemunduran daripada anak-anak lain dalam proses belajar? Anak-anak harus memiliki pelajaran khusus dalam keterampilan komunikasi, interaksi sosial dan pembelajaran kognitif. Meskipun belum memiliki beberapa keterampilan yang jelas, mereka dapat memanfaatkan aktivitas di luar ruangan sampai batas tertentu.

   Selain memberikan manfaat fisik, bermain di luar rumah sangat bermanfaat untuk meningkatkan keterampilan sosial dan mental anak-anak. Dalam artikel ini, saya akan menjelaskan lebih lanjut mengenai manfaat bermain outdoor untuk anak-anak, mari kita simak penjelasannya.

  1. Manfaat Fisik

Manfaat paling nyata yang didapat anak-anak saat melangkah di luar rumah untuk bermain adalah asupan Vitamin D dari sinar matahari. Sejumlah peneliti telah menunjukkan betapa pentingnya bagi anak-anak untuk mengekspos diri mereka ke sinar matahari selama beberapa menit setiap hari. Terlebih lagi, bermain di luar ruangan meningkatkan keterampilan motorik, menyeimbangkan otak dan juga meningkatkan kekuatan otot, fleksibilitas, serta koordinasi. Selain itu, bermain outdoor juga meningkatkan kesehatan kardiovaskular (berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah) yang akan meningkatkan harapan hidup.

  1. Manfaat Mental

Anak-anak memiliki rasa minder dan malu yang besar, dengan bermain di luar rumah membantu meningkatkan harga diri mereka dengan mengatasi rintangan dan tantangan bertemu dengan banyak orang. Bahkan dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri anak-anak, karena mereka merasa bangga bisa menyelesaikan sesuatu yang menurut mereka tidak dapat mereka lakukan. Selain itu, meningkatkan keterampilan dalam beraktivitas secara mental, karena berinteraksi secara langsung bersama alam terbuka. Terlebih lagi, untuk anak-anak yang sering menderita kegelisahan, stres dan depresi, waktu bermain outdoor dapat membantu mengatasi masalah psikologis semacam itu.

  1. Keterampilan Sosial

Sering kali anak-anak mengalami ketidakmampuan atau lemah dalam berinteraksi secara efektif dengan orang lain, oleh sebab itu dibutuhkan waktu bermasin outdoor. Bermain di luar rumah (outdoor) itu seperti kerja tim, hal ini dapat memberikan anak-anak kesempatan untuk memiliki teman baru dan berinteraksi dengan mereka. Interaksi ini dapat berupa macam-macam gagasan dan melatih mendengarkan orang lain ataupun menghadapi konflik yang muncul saat bermain. Proses mengatasi tantangan dalam sebuah kelompok bermain outdoor sangat membantu dalam meningkatkan keterampilan sosial anak-anak. Anak-anak dapat melakukan hal ini di lingkungan sekitar rumah, sehingga mereka dapat bersenang-senang melakukannya. Sehingga anak-anak mampu menjaga hubungan yang sehat dengan teman sebayanya, karena adanya peningkatan rasa percaya diri, ketahanan dan keberanian diri.

    Sekarang, pertanyaannya adalah kemana saja anda harus mengajak anak-anak bermain? Sejujurnya, itu bisa di mana saja, tapi kemanapun anda membawanya, pastikan tempat tersebut cukup aman untuk dijadikan tempat bermain. Ada berbagai jenis struktur taman bermain yang terlihat menakjubkan namun tidak seaman bermain di luar ruangan sebagaimana mestinya. Karena itu, pertama periksa taman bermain yang akan anda pilih untuk anak-anak anda. Ada beberapa taman bermain yang menawarkan area bermain eksklusif untuk anak-anak, seperti di area khusus bermain. Namun, jika anda bisa menemukan taman bermain di dekat rumah anda, maka akan sangat bermanfaat bila membawa mereka ke sana. Jika anda tidak bisa, maka jangan mengambil risiko untuk membebaskan anak yang masih kecil untuk bermain sendirian. Anda bisa membuat taman bermain kecil di halaman rumah anda dan mengumpulkan anak-anak lingkungan sekitar rumah untuk bermain bersama dengan anak anda.