Inilah Tips dan Trik Memulai Sebuah Usaha

15

  Dalam memulai suatu usaha biasanya persepsi setiap orang adalah takut tidak memiliki uang untuk modal. Sebenarnya modal berupa uang itu bukanlah hal utama dalam memulai usaha, modal rencana dan niat pun bisa menjadi suatu usaha.

    Disini akan dikupas mengenai bagaimana memulai usaha dan jangan pernah menggantungkan modal sebagai langkah awal memulai usaha. Berikut tips dan trik dalam memulai usaha:

  1. Adanya Ide

Jadi langkah awal untuk memulai sebuah usaha adalah adanya ide yang akan membawa kita untuk menjalankan usaha apa. Setelah ide muncul cobalah untuk merealisasikannya sedikit demi sedikit. Dalam memulai suatu usaha, yakinlah bahwa usaha yang akan anda jalankan adalah usaha yang paling anda senangi, sesuai dengan ketrampilan anda. Agar anda mencintai usaha anda dan tidak mudah menyerah ataupun putus asa nantinya.

  1. Tetapkan Tujuan

Hal lain yang harus anda pikirkan dalam memulai suatu usaha adalah apa sih tujuan yang hendak anda inginkan, mengapa memilih usaha itu, apa saja sasaran dari usaha tersebut dan bagaimana peluang di pasar tentang usaha yang akan anda jalankan itu. Jangan sampai anda memulai usaha namun anda tidak tahu sebenarnya apa tujuannya. Hal itu dapat membuat anda menyerah jika ada suatu hal yang tidak direncanakan terjadi.

  1. Lihat Persaingan

Cobalah sedikit melakukan sebuah observasi kecil-kecilan, untuk sedikit mengetahui harga barang milik pesaing. Agar anda dapat membandingkan dan dapat memberikan gambaran laku atau tidaknya barang yang anda jual.

  1. Lokasi Usaha

Hal pokok yang juga perlu kamu lakukan adalah pemilihan tempat usaha. Pilihlah tempat-tempat yang strategis, misal di dekat kos mahasiswa anda dapat memulai usaha dengan warung makan yang murah, laundry ataupun jasa fotocopy.

  1. Relasi

Adanya relasi juga sangat membantu anda dalam memasarkan barang usaha anda, mereka akan membeli barang dari anda dan nantinya akan dikenalkan kepada teman-temannya, sehingga produk anda menjadi di kenal banyak orang.

  1. Tunjukan Keunikan

Buat usaha anda berbeda dari yang lain, walaupun dari material yang sama, usahakan ada perbedaan di dalamnya. Selain itu anda harus mencari keunikan yang ada pada produk anda. Sehingga hal tersebut akan menambah minat seseorang untuk memiliki produk yang anda buat.

  1. Promosi

Dalam menjalankan suatu usaha promosi juga menjadi hal yang penting. Jika kita hanya sekedar membuat produk namun tidak bisa melakukan bagaimana mempromosikannya, lalu bagaimana produk akan laku terjual. Oleh sebab itu, maksimalkan dalam melakukan promosi. Di jaman sekarang ini banyak media yang dapat digunakan untuk melakukan promosi. Hal ini bukan hanya sekedar dari mulut ke mulut tapi kita bisa melakukan promosi lewat media sosial seperti whatshapp, facebook, instagram, ataupun media sosial lainnya. Dari salah satu media sosial yang anda gunakan tersebut akan membuat orang lain tahu produk anda. Jadi bukan hanya orang-orang terdekat yang mengenal ataupun melihat produk anda.

  1. Hadapi dan Terima Kegagalan

Dalam memulai usaha tidak mungkin akan berjalan mulus, melainkan akan ada tantangan ataupun hal lain yang membuat anda rugi. Namun tanamkan dalam diri anda bahwa anda akan tetap menggeluti usaha tersebut. Jadikan kegagalan sebagai ajang anda untuk mengoreksi adakah yang salah dari usaha anda. Hadapi dan terima kegagalan, jadikan hal itu sebagai cambuk semangat untuk selalu berinovasi hal-hal yang baru. Seorang wirausaha adalah orang yang berani memulai usaha apapun risikonya dan tidak mudah putus asa.

     Begitulah sekelumit tips dalam memulai usaha, selamat mencoba semoga berhasil….