Investasi Yang Tepat Untuk Keluarga Baru

44

     Memiliki sebuah keluarga merupakan impian bagi sebagian besar manusia. Banyak hal yang perlu dipersiapkan untuk membangun keluarga yang sejahtera. Terutama bagi keluarga baru, tentunya selalu ingin memulai dengan sesuatu yang baik. Salah satunya adalah pengelolaan finansial. Bersyukurlah apabila memulai fase kehidupan dari nol ataupun surplus, bukan berhutang. Banyak contoh keluarga baru yang memulai keuangan dengan kondisi minus akibat berhutang saat pernikahan. Kesalahan dalam managemen  finansial bisa jadi sebuah kesalahan besar  pula dalam membangun impian  dalam keluarga. Untuk itu perlu perencanaan yang matang serta eksekusi yang tepat.

      Lalu bagaimana cara berinvestasi bagi keluarga baru yang tepat? Pertama yang perlu dilakukan adalah memiliki rencana keuangan atau rencana investasi. Pada dasarnya sebuah investasi merupakan alat yang akan membantu dalam mewujudkan tujuan-tujuan keuangan. Investasi tidak dilakukan dengan gegabah. Kegiatan edukasi dapat dilakukan terlebih dulu, seperti membaca buku, artikel, mendatangi konsultan keuangan, dan lain sebagainya. Berikut ini beberapa hal yang perlu diketahui dalam menginvestasikan uang agar masa depan keluarga terjamin.

investasi-yang-tepat-untuk-keluarga-baru

  1. Mempertimbangkan kondisi keuangan pribadi dan keluarga

Perlu diketahui dengan pasti kesiapan dan kemampuan pribadi kerta kondisi keuangan keluarga. Jika telah memiliki kemampuan keuangan untuk berintestasi, pilihlah jenis investasi dengan tingkat resiko rendah. Uang yang berlebih bukan berarti uang dalam jumlah besar, tetapi uang yang tidak digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Sehingga apabila anda mengalami kerugian dalam berinvestasi, kebutuhan harian tidak akan mengalami kesulitan.

  1. Tentukan tujuan keuangan

Kamu harus tahu benar apa tujuan keuanganmu, kapan rentang waktunya dan berapa biaya yang dibutuhkan. Dengan ada rencana yang jelas, kamu akan lebih mudah memilih investasi yang sesuai dengan kebutuhanmu. Cara menyesuaikan investasi dan tujuan keuangan adalah dengan cara perencanaan keuangan atau  financial planning.

  1. Perencanaan

Sebelum kamu menentukan jenis investasi yang kamu pilih, kamu perlu memiliki rencana ke depan. Buatlah rencana keuangan yang dapat memandu mewujudkan tujuan keuanganmu. Contohnya tahun depan kamu memutuskan ingin memiliki buah hati, sehingga paling tidak kamu harus menyiapkan asuransi jiwa dan kesehatan terlebih dahulu. Dengan adanya perencanaan yang cermat dapat membantu meringankan finansial dalam keluarga.

  1. Pentingnya pendidikan anak

Sebagai orang tua salah satu hal terpenting yang dipikirkan bagi seorang anak adalah pendidikan mereka. Tidak dapat dipungkiri bahwa pendidikan erat kaitannya dengan masa depan. Pendidikan merupakan salah satu investasi yang tiada matinya. Apalagi pendidikan anak adalah nomor 1. Pada dasarnya asuransi pendidikan merupakan kombinasi produk asuransi jiwa berjangka dengan tabungan investasi. Dengan kata lain fungsi asuransi pendidikan adalah proteksi atau perlindungan sekaligus dana pendidikan. Tidak ada salahnya mengikuti asuransi pendidikan, sehingga masa depan anak akan lebih terjamin.

  1. Menentukan investasi yang menguntungkan

Setelah kita tahu apa tujuan keuangan dalam berinvestasi. Pilihlah investasi yang sesuai dengan kebutuhan. Pilihan yang cermat akan menentukan keuntungan dalam berinvestasi. hal yang tidak kalah penting yaitu kekompakan dengan pasangan. Anda dan pasangan perlu kompak dalam mengelola keuangan dan merencanakan keuangan untuk keluarga. Anda juga dapat menggunakan bantuan aplikasi finansial untuk membantu dalam mengelola serta merencanakan keuangan.

       Dari beberapa langkah perencanaan sebelum memilih investasi, kini tak perlu takut lagi dalam berinves. Saat ini, investasi sudah menjadi hak dan kebutuhan pokok seseorang. Justru semakin menunda investasi maka akan semakin berat keuangan yang harus ditanggung nantinya. Untuk itu segeralah berinvestasi dan jangan menundanya.