Kebiasaan Baik Sebagai Pondasi Finansial

121

     Kebiasaan baik merupakan modal awal untuk mendukung berbagai aktivas membanggakan lainnya. Berawal dari kebiasaan baik, maka seseorang dapat berusaha bahkan mencapai sesuatu yang selayaknya dia dapatkan. Keuntungan seseorang memiliki kebiasaan baik salah satunya terhadap sektor finansial. Oleh sebab itu, kebiasaan baik merupakan suatu pondasi finansial yang memberikan keuntungan bagi seseorang yang mampu melakukannya.

      Jika kita melihat orang sukses, maka kita akan melihat hari mereka penuh dengan kebiasaan konsisten yang menghemat waktu, memiliki fokus yang baik dan sudah mampu menyelesaikan lebih banyak masalah setiap harinya. Hal ini disebabkan karena orang sukses sudah melewati masa-masa keterpurukan dan mampu berdiri atas apa yang mereka perjuangkan. Adapun kebiasaan baik yang perlu kita lakukan dalam mendukung kekuatan finansial, antara lain :

  1. Bangun pagi

Bangun pagi merupakan awal baik yang harus dilakukan setiap orang jika ingin memiliki kehidupan yang lebih baik. Buat dua jam pertama pada setiap harinya untuk hal yang paling penting dan bisa kita lakukan secara terus-menerus. Hal ini tidak hanya akan mengatur kestabilan kegiatan pada hari itu tapi juga akan memberi kita ide, gagasan, maupun rencana untuk hal lain yang mengikutinya. Dua jam ini dapat digunakan untuk aktivitas yang kita nikmati seperti latihan, meditasi atau penyelesaian proyek atau aktivitas dari hari sebelumnya. Pagi hari merupakan waktu bebas dari gangguan yang memungkinkan kita untuk melakukan sesuatu lebih dari apapun.

  1. Sediakan waktu 20 menit setiap hari untuk belajar

Dalam aspek pekerjaan ataupun berbisnis, sangatlah penting untuk mengetahui apa yang terjadi setiap saat. Mencoba menguasai setiap aspek pekerjaan ataupun berbisnis mungkin tampak mengintimidasi. Namun terdapat solusi terbaik untuk hal ini yaitu jika kita mampu meluangkan waktu untuk belajar setiap harinya. Terlepas dari seberapa sibuknya kita, kita harus bisa memeras 20 menit belajar ke dalam rutinitas harian yang kita jalani.

  1. Buat daftar dan tetapkan sasaran

Kesuksesan seringkali lebih mudah jika kita merencanakan dengan tepat apa yang perlu dilakukan. Sebelum tidur kita harus merencanakan keesokan harinya. Tangani tugas terberat terlebih dahulu dan kita harus bisa menyelesaikannya. Merencanakan tujuan yang kita miliki tidak hanya membuat kita efisien namun akan memberikan kita arah dan tujuan yang jelas. Dari kesekian daftar rencana, kita harus memiliki prioritas rencana untuk menetapkan sasaran sebagai bahan dalam implementasinya.

  1. Lacak kemajuan

Pada akhir pekerjaan yang kita lakukan setiap harinya, ada hal yang harus kita tanam dalam diri kita yaitu harus meluangkan waktu untuk mengevaluasi apa yang kita lakukan untuk membangun ataupun melacak kemajuan diri kita. Jika kita dirasa gagal dalam melakukan pekerjaan hari ini, maka kita perlu bertanya pada diri sendiri mengapa kita bisa gagal? Apa kekurangan kita? Lacak semua hal tentang diri kita yang menyebabkan kegagalan dalam menyelesaikan pekerjaan hari ini. Kemudian atur strategi dan kembangkan rencana baru untuk tetap berada di jalur yang benar.

   Dalam suatu perjalanan hidup ini, diri sendirilah yang sangat berperan penuh terhadap perkembangan dan kemajuan diri. Mengubah kebiasaan memanglah tidak mudah, namun dengan adanya perubahan yang lebih baik dari kebiasaan kita sehari-hari, maka kita juga akan menerima hasil secara baik juga. Selamat memulai kebiasaan baik untuk mencapai kekuatan finansial yang baik pula. Semangat !!