Keren! Wisata Bentang Lahan di Jogja Ini Satu-Satunya di Asia Tenggara

18

     Indonesia merupakan negara dengan ragam topografi yang tinggi. Bagaimana tidak? dari sepuluh klasifikasi bentuk lahan yang ada di dunia, semuanya ada di Indonesia. Bahkan 8 dari 10 bentuk lahan yang ada, berada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Yogyakarta sendiri, telah dinobatkan sebagai Provinsi dengan bentuk lahan terlengkap di dunia. Salah satu fenomena bentuk alam yang sangat langka dan menakjubkan di Yogyakarta, bahkan satu-satunya di Asia Tenggara adalah keberadaan Gumuk Pasir yang berada di Pesisir selatan Yogyakarta.

      Gumuk pasir merupakan tumpukan atau gundukan pasir dalam jumlah besar yang terbentuk oleh alam yaitu dipengaruhi angin. Gundukan pasir ini berasal dari hasil erupsi Gunung Merapi yang endapannya dibawa oleh sungai-sungai yang bermuara di Pantai Selatan, antara lain Sungai Opak dan Sungai Progo. Gumuk Pasir yang berada di Yogyakarta ini termasuk langka, hal ini dikarenakan tipenya barchan namun iklimnya tropika basah. Gumuk pasir ini seharusnya tidak terbentuk karena iklimnya yang tidak sesuai. Inilah yang membuat gumuk pasir di Yogyakarta menjadi istimewa dan langka. Bentukan gumuk pasir yang bisa di jumpai disini antara lain sabit (barchans), melintang (transverse), parabola (parabolic), bintang (stars) dan memanjang (longitudinal). Gumuk pasir di Yogyakarta memiliki suhu yang cukup ekstrim, dimana ketika siang hari suhunya sangat panas dan ketika malam hari akan berubah menjadi sangat dingin. Karakteristik gumuk pasir di Yogyakarta terbilang unik, karena memiliki karakteristik yang sama dengan gunun pasir yang berada di Meksiko.

       Secara global gumuk pasir ini merupakan bentukan dari proses angin. Gumuk pasir dapat terbentuk dengan baik apabila memiliki kriteria diantaranya tersedia material pasir halus hingga kasar dalam jumlah yang banyak, adanya periode kering yang panjang, adanya angin yang mampu mengangkut dan mengendapkan pasir, serta tidak terhalang oleh vegetasi maupun obyek lain.

        Selain dimanfaatkan sebagai tempat sandboarding, gumuk pasir di Yogyakarta juga sering digunakan menjadi lokasi pembuatan beberapa video klip dan pembuatan film. Banyak pula artis-artis ibukota yang memanfaatkan lokasi ini untuk pembuatan video klip lagu mereka. Berikut ini aktivitas-aktivitas yang dapat dilakukan di Gumuk Pasir Yogyakarta:

  1. Sandboarding

Sandboarding merupakan aktivitas yang digemari oleh kalangan muda baik dalam maupun luar Yogyakarta. Olahraga ini mirip dengan surfing dan skateboard, namun bedanya sandboarding ini medianya di atas pasir. Aktivitas ini tidak memerlukan keahlian khusus, cukup berdiri atau duduk diatas papan luncur dari ketinggian pasir dan condongkan badan kedepan lalu meluncur bebas.

  1. Trekking

Trekking di pegunungan mungkin sudah lazim dan kurang menantang. Untuk alternatif lain sebagai pengalaman lain bisa pula mencoba kawasan gumuk pasir di Yogyakarta untuk menguji dan melatih kekuatan fisik. Cukup dengan mengelilingi kawasan gumuk pasir Parangtritis ini dapat merasakan sensasi dan pengalaman yang berbeda dengan trekking di dataran tinggi. Lokasinya yang berdekatan dengan pantai membuat lokasi ini memiliki suhu udara panas dan kering, disamping itu butiran pasirnya akan membuat langkah kaki menjadi berat.

  1. Camping

Bila ingin merasakan camping seperti di gurun pasir, tak perlu jauh-jauh. Cukup mendirikan tenda dikawasan gumuk pasir ini akan merasakan sensari berada di gurun pasir. Saat siang, udara akan terasa panas membakar tubuh dan ketika matahari telah tenggelam suhu udara akan berubah drastis menjadi sangat dingin.

  1. Sesi Foto, Video Clip, Film, Pre Wedding

Obyeknya yang unik dan langka membuat kawasan ini menjadi favorit bagi fotografer dan videografer sehingga tidak sedikit yang memanfaatkan sebagai lokasi prewedding, video klip, bahkan film layar lebar.

  1. Off Road

Bagi pemilik motor trail maupun mobil off road, gundukan pasir di sini bisa dicoba. Dengan kontur dan karakter pasirnya, disini akan mendapatkan pengalaman seru ketika merayapi gundukan-gundukan pasir.

  1. Manasik

Gumuk Pasir Parangtritis juga dijadikan tempat untuk manasik. Manasik di gumuk pasir ini bertujuan agar para calon haji mendapatkan sedikit gambaran tentang gurun pasir yang ada di tanah suci.

TINGGALKAN KOMENTAR