Kerja Remote Sebagai Model Kerja Generasi Milenial

66

      Jika dulu bekerja identik dengan pola nine to five atau dari pukul 9 pagi hingga pukul 5 sore maka sekarang terjadi pergeseran pola kerja. Menjamurnya perusahaan start up dan IT perlahan mengubah konsep bekerja terutama terkait dengan dimensi ruang dan waktu. Kini, kamu bisa bekerja hanya dengan menggunakan celana pendek, bersantai menikmati sunset di tepi pantai atau sambil ditemani secangkir kopi di kedai kopi langganan. Kemeja rapi dan berdasi tidak lagi menjadi satu-satunya pilihan.

    Satu-satunya yang kamu butuhkan untuk bisa bekerja remote adalah internet. Tentu saja, komitmen, tanggung jawab dan skill merupakan syarat mutlak yang tidak bisa ditawar. Berikut rangkuman keuntungan yang bisa kamu peroleh melalui kerja remote :

  1. Memangkas Biaya Produksi yang Harus Dikeluarkan Perusahaan Pemberi Kerja

Biaya produksi yang murah tentu saja merupakan daya tarik bagi perusahaan. Dengan pola kerja remote, perusahaan dapat mempekerjakan orang di daerah dengan UMR yang jauh lebih murah. Sebagai contoh, sebuah start up yang berlokasi di Jakarta dapat mempekerjakan pegawai di daerah lain yang UMRnya lebih murah daripada Jakarta.

  1. Bebas Menentukan Jam Kerja Sesuai dengan Time Zone

Kamu tidak hanya dapat bekerja pada perusahaan yang berada di luar provinsimu, melainkan juga dapat bekerja pada perusahaan IT keren lainnya yang tersebar diseantero dunia. Kamu tidak perlu takut perbedaan zona waktu karena umumnya kalian dapat menyepakati jam kerja yang akan  digunakan. Namun, kamu juga harus siap, jika sesekali harus terlibat virtual meeting dengan perusahaan pemberi kerja dan mengikuti zona waktu mereka. Tak apa, jika sesekali kamu harus begadang untuk menyesuaikan waktu.

  1. Waktu yang Cukup dengan Keluarga

Tidak hanya memangkas jarak, kerja remote ternyata jauh lebih efektif dalam pemanfaatan waktu. Kamu tidak perlu menghabiskan waktu dan biaya transportasi perjalanan ke kantor, menghadapi kemacetan atau polusi. Kamu bisa memanfaatkan waktu itu dengan bersantai bersama keluarga.

  1. Produktivitas Kerja yang Lebih Tinggi

Karena kamu dapat bekerja dengan nyaman maka produktivitas pekerjaan kamu pun menjadi lebih baik. Kamu juga bisa menemukan tempat-tempat yang bisa memberikan kamu banyak inspirasi. Selain itu, saat ini sudah banyak pemerintah daerah yang menyediakan fasilitas co-working space untuk anak muda kreatif seperti kamu.

  1. Pemerataan Pendapatan

Seumpama sepotong roti gula yang awalnya hanya terletak di satu tempat dan mengundang banyak semut untuk mengerubunginya, kini roti gula tersebut di potong dan disebar ke seluruh arah. Setiap orang berkesempatan yang sama untuk mendapatkan pekerjaan. Tak ada lagi pekerjaan yang hanya terpusat di Ibu Kota sehingga pendapatan masyarakat pun merata dan urbanisasi besar-besaran ke kota besar dapat dihindari.

      Tapi tentu saja, bekerja remote bukan tanpa sisi minus. Komitmen untuk tidak terpengaruh dan terlarut akibat pola kerja yang cenderung santai. Kemampuan untuk mengendalikan diri dan menjaga konsentrasi sangat diperlukan agar pekerjaan dapat diselesaikan dengan tepat waktu. Oleh karenanya ada beberapa tips yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk bekerja remote.

  1. Jadwalkan waktu bekerja dan kegiatan lainnya dan laksanakan dengan disiplin. Kamu tidak bisa melaksanakan dua kegiatan dalam waktu yang bersamaan.
  2. Sediakan ruang kerja yang nyaman sehingga kamu lebih fokus dalam bekerja.
  3. Pikirkan beban kerja sebelum menerima banyak pekerjaan. Meski tawaran yang datang sering kali menggiurkan namun kamu harus tahu batas kemampuan dan waktu yang kamu miliki.

    Nah, itu tadi informasi seputar bekerja remote dan tips untuk menjalani bekerja remote. Tertarik untuk menjadi bagian dari bekerja remote?!