Konsep Pembangunan Arsitektur Alamiah

206

        Alamiah dalam konsep arsitektur merupakan keterkaitan dan kesatuan yang terpadu secara alam. Kata alamiah berarti kesatuan, keterpaduan atau keseluruhan pandangan yang bersifat natural. Istilah arsitektur alamiah menggunakan variasi pendekatan dan ekspresi arsitektural yang terbangun atas dasar inspirasi, prinsip kehidupan alam dan konsep kehidupan yang alami. Arsitektur alamiah seringkali mengarah pada bentuk-bentuk yang ekspresif dan bebas. Bentuk ekspresif arsitektur alamiah ini bukanlah termasuk dalam alam buatan, namun ekspresif alam yang dapat mendukung manusia sebagai makhluk yang hidup dan kreatif.

konsep-arsitektur-alamiah

      Arsitektur alamiah adalah konsep yang mempelajari ilmu arsitektur bangunan yang menyatakan bahwa bangunan tersebut merupakan bagian dari lingkungan. Sehingga bangunan yang terwujud harus berinteraksi dan menyatu dengan lingkungannya. Dalam pergerakan konsepnya, arsitektur alamiah tidak hanya dilihat sebagai ekspresi kebudayaan masyarakat, namun dapat dipandang sebagai sesuatu yang dapat mempengaruhi sisi kehidupan manusia. Hal ini dapat diutarakan melalui segi psikologi, segi entitas fisik dan segi spiritual yang berhubungan erat dengan lingkungan sekitarnya. Selain itu, arsitektur alamiah dapat dilihat dalam relasi antar pendekatan konsep yang menghasilkan totalitas yang komperehensif. Adapun ciri-ciri arsitektur alamiah berdasarkan pada gerakan konsepnya, antara lain :

  • Pengenalan arsitektur alamiah secara spesifik mengamati tentang alam dan disimpulkan bahwa bentuk arsitektur alamiah selalu mengikuti fungsi dan prinsip yang menjadi pedoman bagi desain arsitektural.
  • Perluasan gaya arsitektur alamiah dalam banyak arah menjelaskan hubungan antara bangunan dan lingkungan, hal ini mengacu ke dalam konsep kontinuitas dari ruang internal dan eksternal serta penggunaan material bangunan yang bersifat alamiah.
  • Arsitektur alamiah merupakan salah satu konsep arsitek yang mengekspresikan diri dalam bentuk-bentuk spiritual. Bentuk-bentuk spiritual ini seringkali diaplikasikan pada media konstruksi bangunan.
  • Arsitektur alamiah mampu mengekspresikan proses pengembangan yang berkaitan dengan aspek budaya, aspek alam dan aspek kesadaran manusia yang berkorelasi dengan kemampuan berpikir dalam proses pembangunan.

     Tema-tema arsitektur alamiah yang berkonsep ekologi seperti bangunan sustainable (berkelanjutan) dan bangunan sehat merupakan hasil partisipasi pengguna dan identitas budaya yang diterapkan dalam unsur-unsur arsitektur alamiah. Unsur-unsur arsitektur alamiah mengandung elemen-elemen khusus seperti komponen warna, komponen bentuk, komponen air, komponen material dan komponen cahaya yang menawarkan kesan natural. Seiring perkembangan pembangunan yang baik, maka pelaksanaan pembangunan juga akan memerlukan aspek pencapaian sebuah pembangunan yang ekologis dan sustainable. Konsep arsitektur alamiah akan mempengaruhi aspek pembangunan yang dapat mengekspresikan kesadaran akan lingkungan, sebagai korelasi antara proses kehidupan dengan unsur ekologisnya. Arsitektur alamiah akan membangun lingkungan yang menawarkan kondisi yang natural dan elegan dalam kealamiannya. Kealamiannya ini dapat memperkaya kehidupan, memiliki efek formatif dan mencerminkan nilai-nilai kultural bagi konstitusi terkait. Berbagai instalasi konsep arsitektur alamiah menawarkan dampak positif mengenai hubungan diri sendiri terhadap lingkungan terbangun.

       Konsep arsitektur alamiah jika dilihat secara fungsi dan penampilannya, maka konsep tersebut dapat ditentukan oleh situasi ekonomi. Hal ini dipengaruhi oleh adanya pendekatan penyediaan dimensi budaya tambahan, pendekatan terintegrasi pada bangunan, serta pendekatan spiritualitas dan memperkaya jiwa. Oleh sebab itu, peningkatan arsitektur alamiah dalam skala dan spesialisasinya didasari oleh proses arsitektural yang telah dibangun secara teoritis ekologi. Selain itu setiap individualisasi yang tumbuh dalam banyak orang, dapat memunculkan sebuah keinginan untuk memiliki kecenderungan mempengaruhi dan melibatkan diri dalam desain pembangunannya. Individualisasi dalam konsep arsitektur alamiah ini dapat memunculkan suatu kebutuhan akan cara-cara baru dalam pembangunan yang sustainable.

TINGGALKAN KOMENTAR