Langkah Membangun Identitas Diri

18

Langkah Membangun Identitas Diri

     Sudah tahukah kamu mengenai identitas diri? Identitas diri merupakan cara untuk dapat membedakan kita dari orang lain. Dengan adanya identitas diri, maka akan membantu kamu lebih mudah cepat dikenal atau ditemukan diantara banyaknya orang yang ada. Lalu, apakah saat ini kamu sudah memiliki identitas diri yang baik? Bagaimana orang lain mengenal kamu? Kamu ingin dikenal menjadi pribadi yang seperti apa? Jika jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut sudah sesuai dengan yang kamu mau berarti identitas diri kamu sudah tepat.

     Di Indonesia fenomena memunculkan identitas diri masih jarang ditemukan. Banyak orang yang belum menyadari pentingnya identitas diri. Banyak orang yang bekerja bukan pada bidang yang diminati. Banyak orang yang kurang percaya diri dengan identitas diri mereka. Banyak orang yang lebih banyak mementingkan uang dan tidak terlalu menganggap penting ingin dikenal sebagai apa. Jika kamu ingin memulai untuk membangun identitas diri, dibawah ini bisa kamu terapkan.

        Untuk langkah awal adalah coba pahami dengan benar diri kamu. Bertanyalah pada dirimu sendiri, apa nilai utama dalam dirimu? Jika kamu merasa kesulitan menjawab, bukan berarti kamu tidak mengetahui. Cobalah memproyeksikan sepuluh (10) nilai yang kamu harapkan. Kemudian persempit menjadi lima (5) nilai besar dan simpulkan keseluruhan nilai tersebut menjadi sebuah motto yang kamu pegang teguh nantinya. Dengan kamu memiliki motto dalam hidupmu, maka kamu akan tahu apa yang ingin kamu ciptakan dan kamu bangun dalam pribadimu.

        Selain itu, cobalah untuk jadwalkan waktu untuk merefleksikan diri. Identitas diri merupakan sebuah refleksi diri kamu sendiri, bukan apa yang ingin dilihat orang lain. Kamu perlu sesekali meluangkan waktu untuk merefleksikan dirimu sendiri. Lakukan self check-in, apakah yang sudah kamu capai selama ini? Apakah tujuan yang ingin kamu tetapkan sudah terpenuhi? Langkah apa yang seharusnya kamu lakukan? Hal yang terpenting dalam membangun identitas diri ini yaitu memahami dan mengembangkan diri kamu sendiri. Beranilah untuk menjadi your true authentic self.

        Langkah selanjutnya yaitu menumbuhkan role-model, kamu membutuhkan sebuah role-model yang bisa menginspirasimu. Kamu bisa tahu apa yang mungkin bisa dilakukan dan jalan seperti apa yang harus kamu tempuh. Jika kamu masih belum punya role-model yang belum bisa kamu ikuti, carilah dan tiru kebiasaan baik maupun sifat positif mereka. Dengan memiliki role-model dapat memudahkan kamu untuk dapat melihat “The Big Picture” dari mimpi kita keseluruhan. Role-model merupakan kumpulan dari beberapa karakter orang sukses yang sesuai dengan pribadi kita dan yang ingin kita ikuti sebagai masa depan. Karakter tersebut merupakan puzzle yang jika digabung akan menjadi pribadi  yang ideal di masa datang.

   Langkah berikutnya adalah membuat portfolio dan produktifitas dari diri kamu. Kamu perlu memperkuat identitas dirimu dengan memberikan bukti portfolio mengenai identitas diri yang kamu bangun. Berikan karya-karyamu sesuai identitas diri yang kamu bangun. Kamu juga bisa memanfaatkan media sosial untuk mendapatkan link. Perkuatlah dengan knowledge, skill, dan experience. Tingkatkan pengetahuan, keterampilan dan pengalamanmu secara konsisten untuk dapat membangun dan menciptakan identitas dirimu. Langkah praktis yang bisa kamu lakukan untuk memperkuat identitas diri antara lain dengan membaca, menulis, sharing, berbicara, mengikuti event-event, bersosialisasi, masuk dalam komunitas, update profil dan bergaul dengan orang-orang yang memiliki kemiripan pribadi dengan kamu. Selamat mencoba ya!