Lemari Kaca Penambah Keserasian Ruang Tamu

48

Lemari Kaca Penambah Keserasian Ruang Tamu

   Lemari kaca merupakan lemari yang terbuat dari kaca bening tembus pandang sebagai salah satu furniture yang artistik di ruang tamu karena dapat digunakan sebagai media display benda atau koleksi kesayangan yang dimiliki. Selain aspek artistik tersebut, dengan adanya lemari kaca maka dapat menambah keserasian dengan furniture lainnya yang ada di ruang tamu.

   Dalam memilih atau meletakkan lemari kaca di ruang tamu yang pertama adalah memperhatikan ukuran atau luas tempat yang akan diletakkan sebuah lemari kaca. Hal ini berkaitan dengan ukuran lemari kaca yang akan diletakkan di ruang tamu tersebut. Ukuran lemari kaca juga berpengaruh terhadap banyaknya koleksi benda yang akan ditaruh di dalamnya. Perlu diperhatikan juga sudut pandang yang bagus untuk meletakkan lemari kaca tersebut. Sehingga kita dapat mengukur seberapa besar lemari kaca yang cocok untuk diletakkan di tempat itu. Hal ini dapat dimisalkan pada ruang tamu yang bersifat minimalis atau luas ruangannya tidak terlalu luas, maka diperlukan lemari kaca yang memiliki ukuran agak kecil juga. Sehingga lemari kaca tersebut nampak serasi dan sesuai dengan luasan ruang tamu. Jika menginginkan ruangan agar terlihat lebih luas, maka dapat dapat diakali dengan meletakkan lemari kaca di sudut ruangan dengan memperhatikan intensitas cahaya. Intensitas cahaya perlu diperhatikan karena ketika pantulan cahaya mengenai lemari kaca, maka ruang tamu juga akan terlihat lebih luas dan terang.

   Adapun hal lain yang perlu diperhatikan juga adalah penyesuaian antara ukuran lemari kaca dengan benda-benda koleksi yang akan diletakkan di dalam lemari kaca tersebut. Sebagai contoh, apabila ruangan sempit dan ukuran lemari juga kecil, namun benda-benda koleksi yang dimiliki cukup banyak, maka pilihlah lemari kaca yang memanjang keatas serta memiliki berbagai sekat pembatas. Lain halnya jika memiliki ruangan yang luas, maka ukuran lemari kaca tidak menjadi persoalan dalam meletakkan benda-benda koleksi yang cukup banyak. Warna lemari kaca ada beragam pilihan. Pilihlah warna-warna yang memunculkan sifat elegan dan cerah. Warna lemari kaca juga diserasikan dengan warna dinding dan furniture lainnya yang terdapat dalam ruang tamu tersebut. Ketika warna lemari kaca, dinding dan furniture lainnya menyatu, maka akan tercipta suatu kolaborasi yang anggun dan indah.

   Selain itu, dalam pemilihan bahan lemari kaca sebaiknya memilih bahan yang memberikan kesan klasik dan eksotik. Kebanyakan lemari kaca terbuat dari bahan kayu, maka pilihlah yang memiliki desain sederhana namun elegan sehingga nuansa keserasian ruang tamu dapat menonjol. Pemilihan bahan lemari kaca juga perlu menyesuaikan berat benda koleksi yang akan diletakkan di dalamnya. Hal ini difungsikan agar lemari kaca dapat menopang seluruh beban benda-benda koleksi tersebut. Benda-benda koleksi yang akan dipajang seperti piring keramik atau guci, maka bahan kayu dengan sekat kayulah yang dapat menjadi pilihan karena dapat menopang beban yang ada. Apabila benda-benda koleksi cenderung ringan seperti mobil-mobilan, boneka, pernak-pernik yang berukuran kecil, maka kita bisa memilih lemari yang berbahan kaca dengan sekat kaca sebagai alternatif yang cocok.

   Dalam hal perawatan lemari kaca, pastikan dalam meletakkan lemari kaca tidak terlalu melekat dengan dinding untuk meminimalisir munculnya jamur pada lemari kaca hanya karena dinding yang lembab. Lakukan pembersihan secara rutin agar keindahan dan kualitas lemari kaca selalu terjaga. Bersihkan lemari kaca dari debu secara berkala dan bersihkan lemari kaca dalam keadaan kering, sehingga tidak merusak lemari kaca itu sendiri maupun benda-benda koleksi yang dipajang.