Manfaat Menetapkan Sasaran untuk Tujuan yang Berhasil

5

      Apa sih gunanya menetapkan tujuan? Seringkali kita lebih cenderung mencapai apa yang hanya diinginkan saja. Namun hal ini tidak sepenuhnya benar. Untuk itu mari kita ulas apa manfaat menetapkan sasaran untuk tujuan yang berhasil. Berikut adalah dua manfaat terbesar dalam menetapkan sasaran:

  1. Pengaturan tujuan memberi anda fokus. Anda akan memperbesar tindakan yang perlu dilakukan untuk mencapai apa pun yang anda inginkan.
  2. Anda akan berkembang dan tumbuh dengan cara yang belum pernah snda lakukan sebelumnya. Anda akan menjadi lebih berkembang, serta akan menjadi orang yang berguna dalam pencapaian tujuan anda sendiri.

          Dalam kehidupan, kita cenderung melihat jangka panjang dan jangka pendek. Dalam jangka pendek, anda bisa menghadapi beberapa rintangan dan tantangan. Dengan menetapkan tujuan, anda akan mengembangkan pandangan jangka panjang anda. Bila tujuan itu kuat, maka bisa disesuaikan dengan dampak yang anda inginkan selanjutnya, anda akan bisa melewati rintangan jangka pendek tersebut. Anda juga dapat bertindak dan memastikan bahwa tujuan anda benar-benar tercapai. Tujuan paling kuat adalah mereka yang berakar pada dampaknya, dengan kontribusi positif yang ingin anda buat. Mari kita ulas 6 elemen tujuan untuk memandu anda menuju penetapan tujuan yang benar-benar ampuh.

  • Berdampak

Apakah tujuan anda sesuai dengan visi penglihatan anda? Visi penglihatan anda adalah perbedaan yang anda inginkan di dunia serta kontribusi positif yang hanya bisa anda buat. Jalankan sasaran anda dengan beberapa pertanyaan terhadap diri anda, apakah tujuan ini adalah sesuatu yang akan membantu anda mendekatkan diri pada visi anda? Apakah anda paham dan siap mengenai dampak yang akan terjadi? Beberapa hal tersebut harus terstruktur dalam pemikiran anda.

  • Terukur

Lampirkan konsepsi angka ke hasil yang akan dicapai. Angka tersebut digunakan sebagai acuan dalam menilai tujuan anda, sehingga bisa lebih terukur. Penting untuk menentukan diri anda untuk lebih maju kedepan, jadi anda akan tahu kapan anda sampai di sana. Hal ini juga akan membantu anda mengukur kemajuan anda di sepanjang jalan, serta akan memberikan motivator penting terhadap diri anda.

  • Tercapai

Dari mana anda sekarang, apakah tujuan ini bisa diatur oleh anda? Jika itu adalah tujuan yang membuat anda begitu cemas, maka anda akan menjadi lumpuh dan ragu mengambil tindakan, itu bukan tujuan yang berarti. Jaga agar tujuan anda berada di zona ketidaknyamanan, jadi anda akan belajar dan bertumbuh. Dengan adanya tantangan tersebut, maka anda akan semakin berpengalaman untuk melakukan tujuan yang terkonsep.

  • Pengaturan waktu

Pikirkan perkiraan waktu untuk tujuan anda. Ingatlah bahwa memiliki waktu yang spesifik sangatlah penting untuk aspek rencana. Pengaturan waktu berguna untuk mengelola suatu rencana agar sesuai tujuan. Jika anda ingin mencapai tujuan anda dengan maksimal, maka anda juga harus pintar dalam mengolah waktu. Jangan membuat kerangka waktu yang begitu fleksibel sehingga anda terlena untuk menunda menyelesaikan tujuan anda. Meskipun pengaturan waktu ini memiliki unsur yang mirip dengan deskripsi tahapan tujuan yang anda buat, yang terpenting adalah bisa saling mendorong untuk lebih baik dan berfokus pada dampak hasil anda. Hal itu sangat penting, jika anda mampu memastikan bahwa sasaran anda berfokus pada dampak hasil yang anda miliki. Anda akan lebih dekat dengan dampak hasil yang anda lakukan daripada yang hanya anda impikan. Anda akan menjadi semakin berkembang karena mampu mengatasi dampak tersebut.