Manfaat Putih Telur Bagi Wanita

52

Manfaat Putih Telur Bagi Wanita

       Putih telur yang dimaksud disini adalah telur ayam kampung, bukan ayam negeri. Ternyata putih telur ini memiliki banyak manfaat bagi wanita terutama masalah kecantikan. Putih telur merupakan satu dari sekian banyak cara yang dimanfaatkan sebagai perawatan kecantikan. Jika kuning telur mengandung lemak, maka putih telur ini mengandung sumber protein tinggi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membangun otot. Selain itu juga terkandung beberapa mineral seperti Magnesium, Kaliun, Kalsium, Fosfor, Tembaga, Seng, dan zat besi.

Manfaat Putih Telur Bagi Wanita

         Penggunaan putih telur sebagai perawatan bukan tanpa alasan. Zat-zat yang terkandung dalam putih telur mampu mengatasi permasalahan pada wajah dan kulit, seperti komedo, jerawat, mengecilkan pori-pori, membuat lebih kencang, mengatasi kulit kering, kulit berminyak hingga mencerahkan wajah. Berikut ini kita ulas apa saja manfaat yang bisa didapat dari putih telur untuk perawatan:

  1. Mengurangi Iritasi Kulit

Telur mengandung zat asam amino yang bermanfaat untuk mengurangi peradangan kulit.  Kandungan ini sangat baik untuk melawan iritasi yang mungkin bisa muncul pada kulit. Untuk melawan iritasi kulit, dapat mencampurkan putih telur dengan sabun mandi dan digunakan saat kulit mengalami iritasi. Secara perlahan, kulit akan sembuh dan sehat kembali.

  1. Mencerahkan Kulit

Seperti yang kita tahu bahwa telur mengandung protein. Kandungan protein dalam putih telur dapat membantu proses regenerasi sel kulit mati. Caranya cukup mudah, gunakan putih telur sebagai masker. Gunakan secara teratur pada seluruh wajah untuk membuat rona cerah kembali bersinar.

  1. Merawat Rambut

Putih telur juga dapat dimanfaatkan sebagai masker rambut. Perawatan ini digunakan seperti hairtonic. Siapkan putih telur yang telah dicampur dengan air dan aplikasikan langsung ke rambut. Manfaat yang dapat didapat dari putih telur ini selain sehat, kulit dan rambut akan semakin cantik.

  1. Masker Wajah

Campuran putih telur telah banyak dimanfaatkan sebagai campuran dalam masker wajah. Kandungan yang ada diputih telur juga dipercaya dapat mencerahkan kulit serta mencegah penuaan dini. Pembuatan masker putih telor tidak terlalu sulit. Berikut ini dapat disimak cara membuat masker putih telur  untuk berbagai keperluan.

  • Masker Putih Telor dan Madu Untuk Kulit Normal

Campurkan putih telur dengan madu, lalu oleskan pada wajah secara merata dan biarkan beberapa saat dan bilas dengan air hingga bersih.

  • Masker Putih Telor dan Lemon Untuk Kulit Berminyak

Campurkan putih telur dan air perasan lemon, aduk rata lalu oleskan di wajah. Diamkan selama beberapa menit kemudian bilas.

  • Masker Putih Telur dan Alpukat Untuk Kulit Kering

Ambil daging buah alpukat yang sudah matang secukupnya. Kemudian dicampurkan dengan putih telur. Kocok hingga rata sehingga alpukat hancur dan menyatu dengan putih telur. Selanjutnya gunakan sebagai masker seperti biasa. Tunggu beberapa saat sebelum dibilas.

  • Masker Putih Telur dan Mentimun Untuk Wajah Berjerawat

Ambil mentimun ukuran sedang, cuci bersih lalu parut. Campurkan parutan mentimun dengan putih telur hingga rata. Oleskan ramuan tersebut pada wajah sebagai masker. Diamkan selama beberapa menit, lalu bilas hingga bersih dengan air.

      Selain putih telur bermanfaat untuk perawatan  kecantikan, putih telur juga sangat baik dikonsumsi yang bermanfaat bagi kesehatan. Dalam sebuah studi putih telur diketahui bermanfaat menurunkan tekanan darah. Bahkan khasiatnya dikatakan sama dengan kaptopril yang memang selama ini dikenal sebagai obat penurun tekanan darah. Berikut beberapa manfaat putih telur yang sudah diketahui khasiatnya:

  1. Putih telur sangat kaya protein, bebas lemak dan kolesterol (berbeda dengan kuning telur). Kandungan protein ini sangat bermanfaat sebagai zat pembangun didalam tubuh. Tak heran, banyak olahragawan yang memanfaatkan putih telur ini sebagai makanan wajib.
  2. Protein yang terdapat di dalam putih telur sangat mudah diserap oleh tubuh.
  3. Putih telur juga sangat bermanfaat untuk mengurangi nafsu makan sehingga dapat membantuk proyek diet Anda untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal.
  4. Putih telur juga mengandung sejumlah senyawa seperti kalium dan fosfor yang sangat bermanfaat bagi tubuh.
  5. Konsumsi putih telur di pagi hari sangat membantu untuk menambah energi.

       Karena berbagai kandungan manfaatnya, baik untuk kesehatan maupun untuk kecantikan, maka tak ada salahnya kalau mulai sekarang kita biasakan mengonsumsi putih telur. Cukup 2 butir per hari dan rasakan manfaat yang akan didapatkan. Putih telur merupakan sumber protein alami yang banyak kandungan manfaatnya bagi tubuh sehingga mengonsumsinya memungkinkan kita mendapatkan kesehatan luar dan dalam.