Melihat Cara Kerja Mesin Motor Bensin

705

         Pada kesempatan kali ini, mari kita intip apa saja sih jenis-jenis motor dan cara kerjanya. Tapi sebelum kita membahas tentang cara kerja motor, kita akan samakan dulu nih pengertian dari motor. Motor disini bukan berarti sepeda motor, melainkan mesin yang digunakan untuk menggerakkan kendaraan. Terdapat ragam jenis kendaraan, misalnya sepeda motor, mobil, bus, truk, bahkan traktor, semua menggunakan mesin yang kita sebut saja motor. Kendaraan yang kita lihat berlalu lalang sekarang, pada dasarnya terbagi menjadi dua jenis jika dilihat dari bahan bakarnya, yaitu dengan bahan bakar bensin dan bahan bakar solar (Jurnal Karakterisasi Bahan Bakar Pada Motor). Mari kita lihat perbedaanya :

  • Motor dengan bahan bakar bensin, menggunakan sistem penyalaan busi, dimana bahan bakar dinyalakan dengan cetus api listrik.
  • Sedangkan motor dengan penyalaan kompresi, dimana udara yang dikompresikan itu menjadi demikian panasnya, sehingga dapat menyalakan bahan bakar (solar). Motor dengan penyalaan kompresi biasanya dinamakan diesel.

       Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, motor bensin menggunakan sistem pemantik api dengan busi. Sekarang kita akan melihat bagaimana cara kerja motor mesin (B.S. Anwir dalam Teknik Mobil) :

  • Langkah Isap : Pada langkah pertama, posisi torak masih berada di atas, katup masuk terbuka, lalu torak akan bergerak ke bawah sambil mengisap campuran bahan bakar (bensin) dan udara ke dalam silinder.

motor-bensin-1

Ilustrasi Langkah Isap

  • Langkah Kompresi : Bila torak telah sampai pada posisi terendah, silinder seluruhnya terisi dengan campuran bahan bakar (bensin) dan udara, serta katup masuk telah tertutup, lalu torak akan bergerak ke atas dengan mendesak pengisian dalam silinder.

motor-bensin-2

Ilustrasi Langkah Kompresi

  • Langkah Eksplosi : Sejenak sebelum torak sampai ke titik tertingi (titik mati puncak), isi silinder dinyalakan oleh cetus api dari busi sehingga menyebabkan ledakan (eksplosi). Eksplosi itu mendorong torak ke bawah dengan daya yang sangat besar.

motor-bensin-3

Ilustrasi Langkah Eksplosi

  • Langkah Buang : Sejenak sebelum torak sampai ke titik terendah (titik mati bawah) katup buang terbuka. Kemudian torak bergerak ke atas dan mendesak gas yang sudah terbakar keluar melalui katup buang.

motor-bensin-4

Ilustrasi Langkah Buang

  • Seluruh proses kemudian berulang kembali, dimulai dengan langkah isap. Karena dengan empat langkah torak terjadi satu kali langkah kerja, motor ini dinamakan: Motor Empat-Tak (Empat Langkah). Pada sistem motor empat tak, tiap satu langkah kerja memerlukan dua kali perputaran poros engkol, dimana tiap satu putaran sama dengan dua kali langkah torak.

       Berdasarkan ulasan mengenai cara kerja motor bensin tersebut, sekarang kita sedikit lebih tahu tentang sistem yang ada pada kendaraan kita. Jadi kita tidak hanya sekedar memakai kendaraan, tapi juga belajar memahami bagaimana kendaraan itu dalam menjalankan mesin motornya.