Mengambil Hati Calon Mertua

35

Mengambil Hati Calon Mertua

       Menjalin suatu hubungan dengan pasangan tentu tidak semata mata hanya menciptakan kedekatan dengan pasangan saja, namun juga membina keakraban dengan keluarga pasangan yang tak lai adalah orang tuanya. Terkadang menciptakan keakraban dengan keluarga pasangan bukan perkara mudah untuk dilakukan. Rasa canggung dan khawatir jelas akan menjadi beban pikiran kita.

       Meskipun demikian, jika kita mencintai pasangan kita harus dapat merebut hati keluarganya pula. Hal tersebut perlu dilakukan untuk dapat sukses melanjutkan hubungan karena kita memang memerlukan restu dari mereka. Lalu, bagaimana cara membangun hubungan yang harmonis dengan keluarga pasangan terlebih orang tuanya yang nantinya akan menjadi calon mertua kita?

Mari kita simak strategi berikut ini:

  1. Sopan Santun

Sopan santun atau etika merupakan hal yang paling penting. Kenali benar budaya keluarga dari pasangan. Berpakaian sopanlah ketika pertama kali bertemu, usahakan rapi dan elegan. Pakaian sopan tidak selalu harus mahal. Kamu tentu tidak ingin dinilai buruk hanya karena penampilan yang kurang baik di matanya. Bersikap ramahlah, dan jangan terlalu tegang karena akan menunjukkan keanehan. Ucapkan “Tolong” dan “Terima kasih” pada saat yang tepat dan diperlukan.

  1. Bertanya

Bertanya merupakan tanda perhatian, peduli, dan ingin mengenal lebih jauh mengenai keluarga pasangan. Tidak ada salahnya mengajukan pertanyaan ringan seputar kegiatan pasangan ketika berada di rumah. Akan tetapi perlu diingat, jangan terlalu mendalam karena akan terlihat tidak sopan.

  1. Membantu

Tunjukkan bahwa kamu merupakan orang yang suka membantu. Ikutlah membereskan meja makan, menyajikan makanan serta minuman. Hal tersebut akan membuat kesan tersendiri bagi calon mertua. Dan jika kebetulan sedang ada acara keluarga, cobalah untuk bertanya apa yang dapat kamu lakukan untuk membantu. Tentu acara keluarga butuh banyak persiapan. Dengan ini, calon mertua akan menilai kamu sebagai seseorang yang bisa diandalkan.

  1. Tersenyum

Jangan sungkan menunjukkan keramahan kamu untuk tersenyum. Tunjukkan bahwa kamu menikmati kebersamaan bersama keluarga pasangan.

  1. Memuji

Pujian yang tulus dapat menghangatkan suasana. Seperti memuji makanan yang disajikan, penampilan ibunya, talenta adik/ kakaknya, dll. Namun jangan memuji dengan berlebihan karna akan terkesan aneh dan kurang tulus.

  1. Bekerja Sama

Untuk kamu yang wanita, jika kamu tidak pandai memasak dekati calon mertua untuk mendapatkan resep terbaiknya. Atau bisa juga bawakan makanan hasil olahan sendiri, tapi kamu perlu memastikan rasa dan bentuknya tidak mengecewakan. Sedangkan untuk para pria, cobalah dekati calon mertuamu dengan hobi otomotif. Walau kamu tidak begitu paham, jujur saja bahwa kamu ingin mempelajarinya lebih dalam lagi. calon mertuamu pasti akan senang melihat sikap seperti itu. Jangan pura-pura pintar tapi malah tidak mengerti sama sekali.

  1. Show Up

Tunjukkan bahwa kamu memang mencintai pasangan kamu. Namun jangan berlebihan seperti menunjukkan bebas berpelukan dan bermesraan didepan calon mertuamu. Ungkapkan dengan berbagai cara, seperti memberi perhatian dan perlakuan yang baik kamu untuknya. Kurangi pertengkaran di depan calon mertua karena akan terlihat kurang baiknya hubungan kalian. Buatlah sebisa mungkin calon mertua merasa nyaman dengan hubungan antara kamu dan pasangan.

  1. Jangan Terpaksa

Tunjukkan bahwa kamu memang tulus untuk mendekatkan diri kepada keluarga pasangan. Anggaplah sebagai rasa hormat dan rasa terima kasih karena sikap baiknya selama ini. Orang tuanya telah melahirkan seseorang yang begitu membuatmu jatuh cinta. Jangan menunjukkan rasa ogah-ogahan untuk ketemu calon mertua. Karena sikap negatifmu akan membuat calon mertua tau dan sadar dengan sikap yang seakan-akan terpaksa pada saat itu.

  1. Jadilah Diri Sendiri

Bagaimanapun sempurnanya mertua kamu, tetaplah menjadi diri sendiri. Janganlah mengubah seluruh hidupmu karena ingin terlihat baik di mata calon mertua. Berusahalah mendekatkan diri dengan keluarga pasangan dengan hal-hal positif. Niscaya, keluarga pasangan akan menghargai usaha kita.

  1. Berpikirlah Positif

Jika calon mertuamu merupakan orang yang sulit untuk didekati, jangan marah ataupun jengkel untuk menghadapinya. Cobalah memikirkan hal-hal positif bersama mereka. Ingatlah bahwa calon mertuamu telah menghadirkan pasanganmu dan betapa sayangnya pasanganmu terhadap orang tuanya. Hal positif tersebut akan membantu perasaan kesal dan dapat meringankan beban kamu, sehingga kamu bisa lebih baik saat berusaha membangun hubungan harmonis dengan calon mertua.

TINGGALKAN KOMENTAR