Mengenal Dasar-Dasar Komponen Pembangun Mobil

374

          Mobil merupakan kendaraan roda empat atau lebih yang kini sudah banyak digunakan sebagai transportasi darat baik untuk umum maupun pribadi. Secara kegunaannya, mobil dibagi dalam beberapa jenis, yaitu :

  • Mobil penumpang : yang biasa digunakan sebagai kendaraan pribadi/umum sehari-hari
  • Mobil antar barang : yang digunakan untuk mengangkut barang dalam ukuran kecil
  • Mobil truk besar : yang digunakan untuk mengangkut barang ukuran besar/banyak
  • Mobil bus : yang digunakan untuk penumpang dalam ukuran banyak
  • Mobil traktor : yang digunakan sebagai mesin/alat, contoh : traktor, buldozer, dll

          Cara mengenal dasar-dasar komponen pembangun mobil didasarkan pada 2 aspek penting yaitu Komponen dasar pada mobil dan Letak mesin motor serta penggerak roda (B.S. Anwir dalam Teknik Mobil).

  1. Dua Komponen Dasar pada Mobil

Pada dasarnya, mobil terdiri dari 2 bagian besar, yaitu : body dan chassis. Biasanya body bisa diangkat (dilepas) dari chassis.

mobil-1

Ilustrasi Pemisahan Body dari Chassis

Setelah dilepas, bagian yang tertinggal hanyalah rangka-chassis, tempat motor dipasang dan dimana terdapat pula poros roda, alat transmisi, perlengkapan kemudi dan sistim pengereman.

mobil-2

       Ilustrasi Chassis pada Mobil

Namun pada beberapa jenis mobil, ada mobil tanpa menggunakan chassis, sehingga bagian-bagian yang disebut di atas terpasang pada body. Dalam hal ini body dinamakan tanpa chassis.

mobil-3

Ilustrasi Body Tanpa Chassis

  1. Letak Mesin Motor dan Penggerak Roda

Motor adalah mesin penggerak pada mobil. Bagi yang mempunyai mobil atau yang berencana membeli mobil, baiknya mengenal jenis-jenis kendaraan berdasarkan letak mesinnya. Untuk pemindahan tenaga dari motor ke roda mobil, dikenal dengan empat macam sistem transmisi, yaitu :

  • Penggerak roda belakang (motor di depan) : motor berada di depan, roda belakang yang digerakkan. Sistem transmisi seperti ini dikenal sebagai Front Engine Rear Wheel Drive. Contoh mobil yang menggunakan sistem transmisi seperti ini adalah : Avanza, Innova, Kijang, dll.

mobil-4

Ilustrasi Front Engine Rear Wheel Drive

  • Penggerak roda depan (motor di depan) : motor berada di depan, roda depan yang digerakkan. Sistem transmisi seperti ini dikenal sebagai Front Engine Front Wheel Drive. Contoh mobil yang menggunakan sistem transmisi ini adalah : Jazz, Livina, Corolla, dll.

mobil-5

Ilustrasi Front Engine Front Wheel Drive

  • Penggerakan roda belakang (motor di belakang) : motor berada di belakang; roda belakang yang digerakkan. Sistem transmisi seperti ini dikenal sebagai Rear Engine Rear Wheel Drive. Contoh mobil yang menggunakan sistem transmisi seperti ini adalah : VW Bug/Beetle, Porsche 911, dll.

mobil-6

Ilustrasi Rear Engine Rear Wheel Drive

  • 4WD (4 Wheel Drive) : pada sistem transmisi ini, semua roda baik depan maupun belakang, digerakkan oleh motor, mesin dihubungkan dengan differential tengah (transfer case) yang membagi tenaga ke roda depan dan roda belakang. Contoh mobil yang menggunakan sistem transmisi ini adalah : Fortuner, Subaru Impresa, Nissan GTR dll.

mobil-7

Ilustrasi Rear 4 Wheel Drive