Menumbuhkan Semangat di Pagi Hari

31

      Kadangkala kita merasa malas untuk memulai kegiatan di pagi hari apalagi di waktu libur. Jangankan untuk memulai kegiatan, untuk membuka mata pun masih sulit dengan alasan masih ngantuk, dan alasan lain karena hari libur waktunya untuk bersantai. Pernahkah anda mengalami yang demikian itu? Pasti pernah bukan. Meskipun hari libur, semangat di pagi hari harus ditanamkan, karena waktu pagi adalah awal untuk memulai hari. Jika pagimu diawali dengan rasa semangat maka anda akan menjalani satu hari dengan penuh rasa semangat dan menyenangkan. Namun apabila pagimu diawali dengan rasa malas-malasan, maka anda akan menjalani aktifitasmu dengan rasa malas juga. Bagunlah mood yang bagus dipagi hari sehingga sehingga anda dapat melalui harimu sebaik mungkin dengan menyenangkan dan penuh semangat.

    Sebenarnya ada banyak cara untuk membangkitkan semangat di pagi hari. Bagaimana cara agar semangat di pagi hari? Saya akan berbagi tips agar kita bisa terus semangat dalam menghadapi aktifitas terutama di pagi hari, berikut ini adalah pembahasannya.

  1. Bangun Pagi

Hal yang pertama dilakukan di pagi hari adalah bangun tidur. Usahakan untuk bangun pagi dan segera laksanakan shalat shubuh bagi yang beragama muslim. Kebiasaan bangun pagi memiliki banyak manfaat. Baik dari segi kesehatan maupun psikologisnya. Saat bangun pagi, dianjurkan untuk minum air putih dalam keadaan perut kosong untuk menghilangkan racun dalam tubuh, meningkatkan metabolisme dan mencegah dehidrasi. Tak hanya itu, bangun pagi memberikan mood yang baik untuk memulai hari. Dengan mood yang baik kita akan melakukan aktifitas dengan baik juga.

  1. Olahraga

Cobalah untuk berolahraga di pagi hari. Pilihlah olahraga yang tidak terlalu berat, misalnya jalan santai, yoga, senam-senam kecil atau bersepeda. Anda bisa berolahraga sambil mendengarkan musik-musik favoritmu agar lebih bersemangat. Olahraga pagi mempunyai banyak sekali manfaat. Dengan berolahraga peredaran darah akan lancar. Juga dapat meningkatkan mood dan energi kita.

  1. Mandi

Mandi di pagi hari membuat diri kita menjadi bersemangat dan tubuh menjadi segar. Apalagi jika mandi dengan air dingin. Mandi dengan air dingin mempunyai dampak yang menyegarkan bagi tubuh. Suhu air dingin akan meningkatkan detak jantung sehingga memicu peredaran darah ke seluruh tubuh akan lebih cepat.

  1. Sarapan

Sarapan merupakan hal penting yang harus diperhatikan. Jangan lewatkan sarapan ketika di pagi hari, karena untuk memulai aktifitas kita perlu asupan gizi untuk menambah energi. Dengan sarapan yang cukup dan menyehatkan asupan gizi kita akan terpenuhi sehingga kita dapat menjalani hari dengan baik. Sarapan juga membuat kita fokus untuk melakukan kegiatan. Plilihlah sarapan pagi yang menyehatkan.

  1. Berfikir Positif

Cobalah untuk selalu berfikir positif dalam segala hal. Jangan awali pagimu degan mengeluh. Tanamkan rasa optimis di dalam diri sehingga apapun masalahmu dapat anda selesaikan dengan baik. Jangan terlalu berat memikirkan masalahmu, bawalah santai tapi tetap mencari solusi yang baik.

     Mulailah hari-hari kita dengan hal-hal yang positif seperti yang telah dijelaskan di atas. Dengan kebiasaan yang baik maka akan memunculkan hal positif yang berpengaruh pada hari yang kita lakukan. Rasa semangat harus ditanamkan di manapun dan kapanpun. Kita harus senantiasa siap dalam menjalani hari-hari yang padat kegiatan dengan penuh semangat dan percaya diri. Meskipun sejumlah aktivitas padat menanti, kita harus tetap memiliki semangat yang tinggi. Apabila hal di atas sudah anda lakukan, bisa dipastikan anda akan lebih bersemangat menjalani hari-harimu. Selamat mencoba.