Mulailah Segala Aktivitas dengan Doa

16

      Di dalam waktu 24 jam (satu hari) pastinya kita melakukan banyak aktivitas. Mulai dari bangun tidur hingga kita tidur lagi, banyak sekali aktivitas yang kita lakukan. Lalu bagaimana sih agar aktivitas yang kita lakukan itu tidak sia-sia?. Apakah yang kita lakukan dapat bernilai ibadah atau hanya sekedar pengisi waktu luang saja?.

       Nah agar aktivitas kita dapat bernilai ibadah, kita harus memulai dan mengakhiri aktivitas kita dengan doa. Doa akan membuat hidup kita semakin tenang dan mantap dalam melakukan segala aktivitas. Doa bukanlah kepentingan Allah SWT, namun merupakan kepentingan dan kebutuhan kita sendiri sebagai hamba Allah SWT agar apa yang kita lakukan membawa manfaat. Hal ini tentunya bukan hanya manfaat di dunia namun juga bermanfaat di akherat kelak.

       Doa merupakan senjata kita sebagai hamba Allah SWT. Doa juga merupakan salah satu interaksi kita kepada Allah SWT. Tanpa adanya doa yang kita panjatkan kepada Allah SWT dalam setiap aktivitas kita, maka apa yang kita lakukan hanya akan sia-sia. Seseorang yang tidak pernah berdoa kepada Allah SWT adalah orang yang sombong. Ia menganggap dirinya mampu melakukan apapun tanpa campur tangan Allah SWT. Perbuatan yang seperti itu hanya akan mendatangkan murka dari Allah SWT. Untuk itu setiap kita melakukan berbagai aktivitas hendaknya diawali dengan doa kemudian akhiri aktivitas tersebut dengan doa juga.

        Sebuah doa memiliki kekuatan yang luar biasa. Semua hal yang dirasa tidak mungkin apabila kita berdoa dengan sungguh-sungguh semua itu akan menjadi mungkin atas kehendak Allah SWT. Ketika kita takut terhadap segala hal atau hal-hal yang mungkin menakutkan maka berdoalah. Melalui doa hati kita akan semakin berani dan yakinlah bahwa Allah SWT akan memberi pertolongan. Dengan kita rajin berdoa maka Allah SWT juga akan memberikan rahmat dan hidayahnya. Hal ini juga tak terlepas dari hal-hal yang kecil juga, untuk itu mulailah semua dengan doa. Misalnya saat kita akan tidur, bangun tidur, akan makan ataupun minum dan segala aktivitas yang lain.

        Dengan berdoa kita akan menjadi lebih percaya diri dan harapannya hal yang kita lakukan juga akan bermanfaat. Doa juga akan menentramkan hati kita, sebab amalan yang paling suci adalah berdoa. Doa juga dapat mengurangi rasa ego ataupun rasa sombong kita terhadap diri kita sendiri. Saat berdoa kita akan menanggalkan hal itu semua dan kita akan mengakui betapa butuhya kita dan betapa hinanya kita sebagai manusia yang kadang lalai terhadap Allah SWT. Doa akan memberikan manfaat terhadap pengampunan atas dosa-dosa yang kita perbuat selama ini.

         Sebagaimana manusia biasa pasti pernah melakukan hal-hal yang sekiranya berdosa. Namun setelah kita sadar hendaknya dosa itu jangan dibiarkan berlarut-larut, segerakan bertaubat dan berdoa memohon ampun kepada Allah SWT. Semakin kita banyak berdoa dan mengadu kepada Allah SWT dalam keadaan senang maka Allah SWT juga akan mengabulkan doa kita saat dalam keadaan sulit. Hendaknya kita jangan hanya berdoa saat kita sedih ataupun saat kita terkena musibah saja.

     Berdoalah ketika kita juga mendapatkan nikmat ataupun ketika kita sedang bahagia. Jangan sampai saat kita bahagia malah kita melupakan Allah SWT. Berdoa disaat kita dalam kondisi senang adalah salah satu bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT atas usaha yang kita lakukan. Allah SWT juga akan senantiasa mencintai hambaNya yang tekun berdoa kepadaNya. Untuk itu janganlah pernah malas berdoa, karena akan ada banyak manfaat yang dapat kita terima. Selain itu agar apapun yang kita lakukan dapat bermanfaat bagi diri kita sendiri ataupun orang lain.