Panduan Belajar Notasi Not Balok Pada Gitar Klasik

598

Panduan Belajar Notasi Not Balok Pada Gitar Klasik

Seperti yang telah diketahui, gitar klasik mempunyai tingkat kesulitan yang amat tinggi, jadi membutuhkan konsentrasi yang tinggi dan tetap fokus dalam membaca setiap not baloknya. Tidak seperti pelajaran gitar lain yang based on chord, pada gitar klasik kita benar-benar membaca not balok untuk setiap nadanya, chord C, G, D dll hanya untuk nada dasarnya saja. Kita coba pelan-pelan perdawai. Pastikan telah mempelajari pada lesson sebelumnya tentang fingering pada jari kiri dan fingerpicking pada jari kanan, sehingga akan mempermudah dalam belajar gitar ini.

Dawai pertama

gambar-1                     gambar-2

Not yang terletak di atas garis pertama (paling atas) adalah bertempat di dawai pertama, fret ke 3. Nama not tersebut adalah Sol/ G. Urutan senar gitar dari atas ke bawah 1-2-3-4-5-6, selanjutnya tidak akan ditulis nama nada pada masing-masing senar.

gambar-3                           gambar-4

Not yang terletak pada garis pertama adalah bertempat di dawai pertama, fret ke 1. Nama not tersebut adalah Fa/ F.

gambar-5                         gambar-6

Not yang terletak di antara garis pertama dan garis kedua adalah bertempat di dawai pertama, fret ke 0, dengan kata lain dawai tidak di tekan/ jari kiri lepas. Nama not tersebut adalah Mi/ E. Pelajari dan hafalkan ketiga not di atas sebaik mungkin.

Dawai kedua

gambar-7                           gambar-8

Not yang terletak pada garis kedua bertempat pada dawai kedua fret ke 3. Nama not tersebut adalah Re/ D.

gambar-9                            gambar-10

Not yang terletak di antara garis kedua dan garis ketiga bertempat pada dawai kedua fret ke 1. Nama not tersebut adalah Do/ C.

gambar-11                        gambar-12

Not yang terletak pada garis ketiga bertempat pada dawai kedua fret 0, posisi tidak ditekan. Nama not tersebut adalah Si/ B. Pelajari dan hafalkan ketiga not di atas sebaik mungkin.

Dawai ketiga

gambar-13                            gambar-14

Not yang terletak di antara garis kedua dan ketiga bertempat pada dawai ketiga fret ke 2. Nama not tersebut adalah La/ A.

gambar-15                          gambar-16

Not yang terletak pada garis keempat bertempat pada di dawai ketiga fret ke 0. Nama not tersebut adalah Sol/ G. Pelajari dan hafalkan kedua not tersebut sebaik mungkin.

Dawai keempat

gambar-17                              gambar-18
Not yang terletak di antara garis keempat dan kelima bertempat pada dawai keempat fret ke 3. Nama not tersebut adalah Fa/ F.

gambar-19                              gambar-20

Not yang terletak di garis kelima (paling bawah) bertempat pada dawai keempat fret ke 2. Nama not tersebut adalah Mi/ E.

gambar-21                           gambar-22

Not yang terletak di bawah garis kelima, bertempat pada dawai keempat fret ke 0/ tanpa ditekan. Nama not tersebut adalah Re/ D. Pelajari dan hafalkan ketiga not tersebut sebaik mungkin.

Dawai kelima

gambar-23                              gambar-24

Not yang terletak pada garis bantu bawah pertama bertempat pada dawai kelima fret ke 3. Nama not tersebut adalah Do/ C.

gambar-25                              gambar-26

Not yang terletak di bawah garis bantu bawah pertama bertempat pada dawai kelima fret ke 2. Nama not tersebut adalah Si/ B.

gambar-27                          gambar-28

Not yang terletak pada garis bantu bawah kedua bertempat pada dawai kelima fret ke 0/ tanpa ditekan. Nama not tersebut adalah La/ A.

DAWAI KEENAM

gambar-29                             gambar-30

Not yang terletak di bawah garis bantu bawah kedua bertempat pada dawai keenam fret ke 3. Nama not tersebut adalah Sol/ G.

gambar-31                            gambar-32

Not yang terletak pada garis bantu bawah ketiga bertempat pada dawai keenam fret ke 1. Nama not tersebut adalah Fa/ F.

gambar-33                        gambar-34

Not yang terletak di bawah garis bantu bawah ketiga, bertempat pada dawai keenam fret 0, tanpa ditekan. Nama not tersebut adalah Mi/ E.

Pelajari dan hafalkan baik-baik semua not-not di atas, dari dawai 1 hingga dawai 6. Lakukan hingga anda mahir memainkannya.

Not, Tanda Diam, dan Nilainya

Dalam musik, tempo adalah salah satu bagian penting yang sekaligus sulit. Karenanya, dalam mempelajari tempo, anda harus berlatih dengan tekun, hati-hati dan perlahan-lahan. Perhatikan tanda diam di bawah, not-not balok, dan nilai ketukannya.

gambar-35

Kres dan Mol

Tanda # biasa disebut kres, jika ditambahkan di depan not balok, maka membuat not tersebut bernilai + ½. Sedangkan tanda ь biasa disebut mol, jika ditambahkan di depan not balok, makan membuat not balok tersebut berniai – ½. Perhatikan contoh di bawah.

gambar-36                          gambar-37

Pada not Fa di atas, setelah ditambahkan #, maka not tersebut bernilai + ½  sehingga nampak pada dawai keempat fret ke 4, nama not tersebut menjadi Fis/ F#. Selanjutnya perhatikan gambar di bawah.

gambar-38                           gambar-39

Pada not Fis di atas, ditambahkan tanda mol, sehingga menyebabkan not tersebut bernilai -½ sehingga nampak pada dawai keempat pada fret ke 3. Not tersebut kembali menjadi not Fa/ F.

Itulah pelajaran-pelajaran dasar yang wajib diketahui untuk memulai belajar gitar klasik. Mulailah mencari musik-musik klasik dengan not balok, lalu mainkanlah dengan gitar Anda. Lakukan secara perlahan, perhatikan benar tempo/ ketukannya, tanda diamnya, tanda kres mol nya. Mulailah dari musik-musik yang bertempo santai/ pelan. Selamat mencoba !