Pencak Silat Bukanlah Bela Diri Kampungan

334

Di Seluruh penjuru dunia terdapat berbagai macam aliran bela diri dan pada umumnya di setiap negara memiliki bermacam-macam cabang bela diri seperti Korea Selatan memiliki Tae Kwon Do, Jepang ada Karate, Thailand ada Muaythai, China dengan Kungfunya yang melegenda dan Indonesia pun memiliki Pencak Silat yang masuk dalam kategori 5 bela diri paling mematikan di dunia. Disini saya akan lebih spesifik membahas tentang Pencak Silat yang merupakan bela diri asli dari Indonesia.

Indonesia adalah negara besar yang memiliki luas wilayah yang terdiri dari gugusan ribuan pulau, secara otomatis adat, bahasa dan tradisi di masing-masing wilayah akan berbeda sehingga itu juga berpengaruh terhadap aliran Pencak Silat yang ada di Indonesia. Di masing-masing daerah akan memiliki aliran sendiri karena secara otomatis akan memiliki ciri khas di setiap gerakannya. Di Indonesia ada ratusan perguruan silat, lalu ke semua perguruan ini dihimpun dalam satu wadah yaitu IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia).

IPSI didirikan oleh 10 perguruan yang melegenda dan disebut “10 perguruan historis IPSI”, IPSI adalah tempat seluruh perguruan di Indonesia bernaung dan IPSI telah mampu membuat pencak silat tetap eksis walau sebagian orang beranggapan bahwa pencak silat adalah beladiri kampungan. Setiap tahun IPSI mengadakan kejuaraan dan pertandingan resmi berskala nasional dan di setiap perguruan pun memiliki program tersendiri agar perguruan mereka selalu eksis dan semakin maju. Misalnya di area Jawa Timur ada PSHT (Persaudaraan Setia Hati Terate) dari Madiun yang tiap Tahun mengadakan Turnamen sendiri, kemuadian di Yogyakarta ada perguruan tapak suci yang selalu eksis tiap tahun dengan basis sekolah-sekolah muhammadiyah pasti wajib ada tapak suci putra muhammadiyah disitu, ada pula dari daerah Bandung bernama PSTD (Pencak Silat Tenaga Dasar) dengan aliran Kateda mereka pun sama setiap tahun mengadakan kejuaraan agar semakin eksis apalagi mereka memiliki maskot dari dunia entertainment yaitu Yayan Ruhian artis film laga tanah air yang sudah go internasional, sedangkan dari Garut memiliki silat panglipur yang tehniknya sangat indah namun mematikan, panglipur pun juga memiliki maskot yaitu Kang Cecep Arif Rahman seorang aktor film laga yang juga sangat terkenal di perfilman tanah air.

Di Jawa Barat sangat banyak sekali aliran silat dan salah satu yang sangat melegenda adalah Pencak Silat aliran Cimande yang konon katanya adalah cikal bakal seluruh aliran Pencak Silat yang ada di tanah Jawa karena namanya yang sangat tersohor dan menjadi aliran silat yang sudah ada sejak jaman kerajaan padjadjaran. Dari dataran minang ada silat dengan aliran harimau bernama silek harimau Minangkabau menjadi salah satu aliran silat tertua di tanah air yang sempat menjadi tema silat dalam film merantau dan menjadi awal kebangkitan film laga tanah air.

Sekitar Bulan September 2017 lalu pun ada seleksi Pencak Silat tarung bebas di paedepokan Pencak Silat TMII. Hal ini menunjukkan bahwa Pencak Silat adalah bela diri yang fleksibel, terlihat indah dalam gerakan namun Pencak Silat juga tak kalah dengan bela diri dari luar negeri yang bertarung di MMA. Seperti perguruan PSTD dengan PSTD Combat adalah program dari perguruan PSTD untuk menyesuaikan dengan jaman sekarang yang trend terhadap MMA. Hal ini membuktikan bahwa Pencak Silat adalah bela diri yang sangat luar biasa.

Mari Kita semua menjaga warisan leluhur, salah satu kebudayaan yang kita punya adalah Pencak Silat. Hal ini berfungsi agar Pencak Silat tetap lestari dengan cara mencintainya, jangan sampai membuat citra Pencak Silat menjadi miring hanya karena ulah oknum yang tak bertanggung jawab.