Pernafasan Mandiri Pemulih Letih

118

     Sumber dari kehidupan yang paling utama adalah udara (oksigen) dan air. Saat kita membahas udara (oksigen) maka akan berkaitan dengan nafas yang setiap saat kita lakukan, udara yang kita hirup akan menguatkan sendi-sendi kehidupan didalam tubuh kita. Terkadang sulit membayangkan bila nafas yang kita hirup dikenai tarif seperti halnya saudara kita yang sedang diuji berada di Rumah Sakit, yang saya fikirkan adalah rasa syukur yang luar biasa terhadap Tuhan Yang Maha Esa karena memberikan anugerah yang tak terhingga terhadap hambaNya tanpa memandang kaya atau miskin, kulit hitam atau kulit putih, asia atau eropa.

Maka tugas kita sepantasnya adalah menjaga kesehatan kita dan waktu yang kita punya dengan berbuat baik dan beramal soleh.

     Disini saya akan berbagi tips tentang memaksimalkan oksigen sebagai sumber kehidupan agar lebih terserap dan masuk untuk memelihara kesehatan kita. Pertama pasti kita semua sudah tahu bahwa oksigen yang kita hirup akan masuk kedalam paru-paru dan didalam paru-paru pula lah terjadi proses alami pembersihan darah yang dipompa oleh fjantung, jadi intinya bahwa darah yang bersih adalah darah yang kaya dengan oksigen dan darah sebagai alat transportas pengantar nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita, sehingga dengan kata lain oksigen berperan paling vital terhadap kelangsungan hidup kita.

     Dan sekarang saya akan berbagi sedikit teknik pernafasan untuk menjaga kebugaran tubuh kita yang lelah dan letih setelah bekerja seharian :

  1. Cari Tempat yang Kualitas Udaranya Bagus

Anda bisa mempraktekkan didalam kamar atau diluar ruangan yang tempatnya tenang dan tidak bising agar konsentrasi tetap terjaga, bila siang hari usahakan didekat tanaman karena pada siang hari tanaman menghirup CO2 mengeluarkan oksigen. Namun bila malam hari jauhi tanaman karena mereka akan menghirup oksigen dan mengeluarkan CO2.

  1. Duduk Bersila atau Posisi Apapun yang Membuat Anda Santai

Posisi duduk terserah pilihan anda sendiri dan tidak wajib duduk bersila namun saya menganjurkan duduk bersila karena pada posisi tersebut tubuh kita lebih rileks dan tingkat konsentrasi bisa lebih tinggi.

  1. Mulai lah Fokus dan Mencoba Konsentrasi

Buang semua kesibukan kerja, mulai lah fokus dan rasakan aliran darah anda berfikir lah hal yang membuat anda nyaman dan bahagia, setelah itu coba fokuskan pada satu titik cahaya. Bayangkan didepan anda ada cahaya yang cerah dan sangat menenangkan hati.

  1. Mulai Atur Nafas

Mulai lah dengan mengatur nafas anda, tarik nafas perlahan dari hidung dan buang perlahan dari mulut, rasakan setiap udara yang anda hirup masuk ke darah dan mulai mengalir keseluruh tubuh, tarik nafas yang panjang lalu keluarkan perlahan seolah anda mengeluarkan semua kepenatan dan energi negatif yang ada dalam tubuh anda bersama hembusan nafas yang anda keluarkan, lakukan pernafasan seperti itu secara terus-menerus sampai anda merasa ngantuk dan setelah anda merasa ngantuk silahkan tidur.

  1. Siapkan Tidur yang Berkualitas

Tidurlah dengan posisi miring ke kanan agar jantung anda tidak bertambah beban kerjanya dan jangan lupa berdoa sebelum tidur, ada baiknya anda minum 2 (dua) gelas air putih sebelum tidur karena dapat mencegah serangan jantung saat kita tidur.

      Semoga tips dari saya bermanfaat ya guys, selalu bersyukur, berfikir positif dan jaga selalu kesehatan anda guys.