Persepsi Mengenai Diet Sehat

4

      Setiap orang memiliki program dietnya masing-masing. Jika anda adalah seorang yang sedang melakukan diet dengan hanya makan kentang keju dan burger keju setiap hari dalam seminggu, hal ini masih dianggap sebagai diet tapi tidaklah sehat. Jika anda ingin langsing dan sehat, mulailah dengan memeriksa komposisi diet anda sekarang untuk menentukan berapa kalori yang anda konsumsi per hari. Anda yang saat ini sedang melakukan diet, perlu diperhatikan juga bahwa tubuh anda harus cukup dengan nutrisi penting, air dan serat makanan.

      Apa itu diet berkualitas? Diet berkualitas adalah diet yang memberikan campuran seimbang dari makronutrien dan mikronutrien dalam jumlah yang tepat. Berikut adalah ringkasan penting yang dibutuhkan tubuh kita saat diet agar tubuh tetap sehat.

  • Makronutrien

    Adapun fungsi protein-protein dalam tubuh yaitu dapat memperbaiki dan membangun jaringan otot. Orang yang rutin melakukan diet membutuhkan protein yang cukup untuk membangun massa otot tanpa lemak. Para binaragawan laki-laki dan perempuan juga perlu mengkonsumsi makanan kaya protein untuk memastikan bahwa lemak dalam tubuh dijaga seminimal mungkin, selain memperhatikan ukuran otot dan kekuatannya tetap terjaga.

      Selain itu, diperlukan juga karbohidrat yang merupakan bahan bakar utama tubuh. Tubuh kita mengubah karbohidrat menjadi glukosa. Tubuh juga bisa menyimpan glukosa di otot. Ketika glukosa disimpan di otot, maka akan berubah menjadi zat yang disebut glikogen. Mungkin akan lebih sulit menurunkan berat badan jika anda benar-benar menghilangkan karbohidrat dari makanan anda karena tubuh membutuhkan karbohidrat sebagai sumber energi utamanya. Lemak tak selamanya jahat, hal ini karena lemak juga memperbaiki termoregulasi seseorang dan menjaga tubuh terutama saat cuaca dingin.

     Saat kita menurunkan berat badan, kita sebenarnya tidak “membakar” sel lemak. Sel lemak kita hanya menyusut karena kelebihan lemak dibakar melalui olahraga dan aktivitas fisik lainnya. Tubuh juga sangat membutuhkan air, hal ini dikarenakan air berguna untuk menjaga tubuh agar tidak mudah dehidrasi. Jika anda sering minum soda, mulailah mengurangi konsumsi soda dan menggantinya dengan air mineral. Anda akan segera merasa lebih berenergi karena tubuh anda tidak berada dalam pengaruh negatif yang ditemukan dalam soda.

   Selain itu, saat anda melakukan diet, tubuh juga memerlukan serat makanan. Serat makanan memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh terutama dalam hal pencernaan. Serat memiliki kemampuan untuk mencegah kolesterol jahat agar tidak diserap tubuh. Serat juga berfungsi sebagai mesin pembersih di dalam usus besar dan membantu membersihkan usus anda dengan mudah.

  • Mikronutrien

   Dalam proses diet yang anda lakukan, diperlukan juga vitamin yang cukup. Vitamin-vitamin digunakan oleh tubuh untuk mempertahankan pertumbuhan dan perkembangan secara normal. Vitamin juga meningkatkan fungsi penglihatan dan pertumbuhan kulit. Selain itu, adapun mineral yang berguna bagi anda yang sedang melakukan program diet. Mineral adalah zat anorganik yang berasal dari makanan yang kita makan, seperti daging, sayuran dan buah-buahan. Tubuh tidak bisa secara alami menciptakan mineral, jadi anda harus memastikan bahwa anda mendapatkan cukup mineral dari makanan yang anda konsumsi. Mineral penting meliputi kalsium, besi, potasium dan seng.

    Lalu bagaimana anda tahu apakah anda mendapatkan cukup nutrisi? Kehilangan berat badan tidak berarti anda harus mengorbankan nutrisi untuk tubuh anda. Kehilangan berat badan sebenarnya datang secara alami saat anda memodifikasi makanan anda dan menambahkan lebih banyak makanan terbaik seperti kacang polong dan sayuran berdaun hijau.