Pilihan Dalam Mengoptimalkan Gaya Hidup Sehat

46

     Tubuh manusia adalah mesin biologis yang sangat berguna. Gaya hidup memiliki peran besar dalam mengoptimalkan kesehatan tubuh kita. Demi kepentingan terbaik kita, maka kita perlu memilih untuk mengoptimalkan gaya hidup sehat. Saya tahu tidak mudah untuk mengembangkannya, tapi dengan rutin melakukannya pasti bisa memberikan keuntungan bagi tubuh kita untuk jangka panjang. Bukankah menyenangkan bisa berjalan, berenang, berlari dan bersepeda, bahkan di umur kita yang sudah tua? Pertimbangkan bagaimana kita berpikir, makan, melatih badan, memulihkan diri, merencanakan, fokus dan banyak lagi. Dalam kehidupan ini, pola hidup yang sehat merupakan inti penting dari gaya hidup agar kita senantiasa mampu melakukan segala aktivitas dalam setiap kehidupan kita sebagai pribadi, orang tua, profesional yang mungkin juga terlibat dalam kegiatan militer, ataupun olahraga.

     Dalam kehidupan kita, mengetahui bahwa energi adalah segalanya dan segalanya bergantung pada energi vital, maka hal ini sangatlah penting. Masalahnya, energi yang kita butuhkan kebanyakan dari kita sering mengabaikannya. Meskipun demikian, sumber utama kekuatan kita adalah energi. Energi diperlukan dalam tubuh kita setiap menit dan setiap hari. Saat kita melakukan banyak aktivitas, tubuh kita juga akan kehabisan energi, jika tidak ada asupan makanan. Tubuh kita ini seperti daya baterai, maka ketika energi sudah habis, wajib bagi kita untuk menambah energi dalam tubuh. Kita hidup dengan membutuhkan energi yang mendasar, oleh sebab itu kita harus memperkuat gaya hidup sehat.

     Energi tidak hanya berasal makan atau minuman yang kita konsumsi, tapi juga berasal dari pola tidur yang cukup. Banyak orang yang melalaikan waktu tidur mereka, sehingga waktu tidur yang mereka dapat kurang dari cukup. Kurangnya waktu tidur memungkinkan kita untuk hidup dalam keadaan kronis defisit energi karena kita tidak cukup memahami dampak dari pola tidur yang buruk. Selain itu, makanan yang kita konsumsi dapat menyembuhkan ataupun menyakiti. Kita harus pintar dalam membuat pilihan makanan yang masuk ke mulut kita. Kita harus berhati-hati dengan semua yang kita lakukan, terutama dalam segala hal yang kita makan, karena pilihan makanan kita tergantung pada kebiasaan kita. Sebagian besar makanan yang dikonsumsi manusia adalah karbohidrat. Sebenarnya, makanan nabati sebagian besar terdiri dari karbohidrat, yang terkandung dalam sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian dan rempah-rempah. Makanan ini mengandung sumber gula yang perlahan dilepaskan dan mencegah peningkatan gula darah dan insulin.

  Terlalu banyak insulin menyebabkan penyakit jantung, diabetes, kanker dan depresi. Karbohidrat mengandung hampir semua vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh kita untuk beroperasi secara normal dan optimal. Mereka juga mengandung serat, yang membantu menormalkan fungsi pencernaan kita dan memperlambat penyerapan gula dan lemak ke dalam tubuh, sehingga membuat tubuh kita menjadi seimbang. Keuntungan pada makanan nabati adalah fitonutrien, yaitu senyawa penyembuhan yang berasal dari tumbuhan untuk melindungi kita dari penuaan, obesitas, kerusakan otak, dan banyak lagi.

       Optimalnya gaya hidup sehat akan melahirkan kesuksesan bagi diri kita sendiri. Hal ini benar jika kita mampu mengoptimalkan pola hidup kita dengan menjaga pola dan jenis makanan kita. Dengan adanya kebiasaan tersebut, maka asupan energi dalam tubuh kita juga akan terpenuhi dengan seimbang. Sehingga kita tidak lagi merasakan tubuh yang kurang fres dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Optimalisasi gaya hidup bukanlah masalah kedisiplinan, namun hal ini sudah harus menjadi pilihan dalam hidup kita.