Sarapan Sehat Ala Anak Kos

138

       Anak kos biasanya dikenal dengan seseorang yang sedang merantau.Baik sedang bekerja maupun sekolah melanjutkan pendidikannya. Anak kos pun tak bisa dipungkiri sangat identik dengan pola makan yang kurang teratur bahkan pola makan yang seadanya, sehingga  seringkali sarapan pun sering terlewatkan. Namun taukah kamu bahwa sebenarnya sarapan itu sangat penting karena merupakan pangkal nutrisi tubuh manusia? Aktivitas di pagi hari merupakan permulaan aktivitas kamu dalam sehari, sehingga sangat perlu ditopang dengan energi yang didapat dari sarapan pagi. Aktivitas yang ditunjang oleh nutrisi sarapan pagi, akan membuat kegiatan dan aktivitasmu berjalan dengan baik dan penuh semangat. Banyak manfaat yang dapat diperoleh dari sarapan dipagi hari antara lain sebagai sumber energi, mengontrol berat badan, dan mengembalikan metabolisme tubuh.

        Tak perlu bingung-bingung untuk mendapatkan asupan nutrisi di pagi hari sebagai anak rantau, yang mungkin kamu enggan untuk ribet menyiapkan sarapan kamu. Berikut ini ada beberapa alternatif untuk memenuhi asupan nutrisi kamu, namun simple dan tentunya tidak menguras kantong.

  1. Kombinasi buah segar dengan Yoghurt

Sarapan dengan buah segar ditambah yogurt ini bisa kamu jadikan smoothies. Alat yang kamu butuhkan cuma blander. Jangan takut untuk memadupadankan menu buah dengan yogurt. Membuat smooties ini cukup sederhana, tinggal potong-potong buah, masukkan blander, tuang yogurt dalam blander, masukkan es batu (bila ada), lalu blandder semua jadi satu. Smooties bikinan kamu dalam 5 menit sudah siap untuk dijadikan sarapan sehat.

Sarapan Sehat Ala Anak Kos_1

        smooties         

Alternatif lain bila di kos kamu gak ada blander, sarapan dengan potongan buah dan segelas susu atau yogurt tanpa di blander juga bisa kok. Sekarang tak ada alasan lagi sarapan kamu terlewatkan karena banyak alternatif sarapan simple namun tetap bernutrisi sehat.

  1. Omelet

Sarapan Sehat Ala Anak Kos_2

Siapa yang tak suka telor. Nutrisi dalam kandungan satu butir telor tak perlu diragukan untuk menu sarapan kamu. Omelet bisa jadi salah satu pilihan sarapan simple namun memenuhi nutrisi di pagi hari mu. Caranya mudah, kocok telur sebelum di goreng dan tambahkan bahan yang kamu punya misalnya sosis/bakso yang di potong-potong serta beri taburan daun bawang. Jangan lupa sedikit garam juga. Aduk rata semua bahan, lalu goreng dalam minyak panas dan tiriskan. Sarapan omelet ditemani susu atau teh manis panas, nikmat!

  1. Roti Bakar

Sarapan Sehat Ala Anak Kos_3

Sarapan dengan roti dengan selai sudah biasa. Nah, coba buat roti bakar dengan isian sesuai selera kamu (bisa madu, coklat, selai buah, keju, dsb). Bila tidak ada alat pemanggang roti pun, bisa menggunakan teflon. Oleskan sedikit mentega di kedua sisi roti sebelum dipanggang. Dalam sekejap, roti bakar kamu buat sarapan pun siap disantap.

  1. Oatmeal

Sarapan Sehat Ala Anak Kos_4

Rasa oatmeal yang cenderung hambar, mungkin terasa kurang pas di lidah. Namun, kamu bisa mengakalinya dengan menambahkan topping seperti strawberry, pisang, mangga, bluebarry, madu, ataupun susu. Outmeal ternyata dapat menahan rasa lapar lebih lama. Walaupun simple, namun kamu tetap mendapatkan sarapan yang sehat.

  1. Sandwich Ala Anak Kos

Sarapan Sehat Ala Anak Kos_5

Kalau kalian masih malas juga dengan alternatif sarapan di atas, dengan sandwich ini gak ada alasan lagi untuk bermalasan lagi, karena caranya yang sangat sangat simple. Tinggal ambil satu lembar roti tawar atau roti gandum kamu, isi dengan keju instan dan smoked beef yang bisa dibeli di supermarket, tumpuk lagi dengan roti tawar atau roti gandum lagi.  Tinggal melahap sandwich ala-ala kamu, dan semakin syahdu dengan segelas susu atau teh manis panas.